Renungan Minggu Ini

Penderitaan dalam Hidup Orang Kristen

Senin 9 Agustus 2021
Nats: Ratapan 3:1- 66 Penderitaan Itu Karena Dosaku
(1) Beranikah anda mengaku jujur bahwa penderitaanmu sekarang karena kesalahan dan dosamu? Bagaimana penulis Ratapan ini mengetahui bahwa penderitaannya adalah cambuk Allah?
(2) Renungkan ayat 20-38, mengapa adalah baik Tuhan menghajar dengan penderitaan dan kesulitan? (3) Ayat 39-66, daftarkanlah sikap-sikap apa saja yang harus kita miliki ketika menjalani penderitaan hidup yang tak kunjung selesai?

Selasa 10 Agustus 2021
Nats: Ratapan 5:1-22 Doa Mohon Pemulihan
(1) Kita semua sebagai anak Tuhan juga tidak akan luput dari penderitaan, ketidak-adilan, dan sengsara yang berat. Semua ini adalah hal ini real. Lihatlah penderitaan apa saja yang dialami di sini?
(2) Lihat ayat 17, apa sakit secara batin yang anda alami akibat penderitaan fisik?
(3) Apa yang anda pelajari dari doa mohon pemulihan di sini? Bagaimana pentingnya mengeluarkan derita hati dalam doa kepada Allah?

Rabu 11 Agustus 2021
Nats: Ayub 19:1-29 Allah Berada di Pihak yang Benar
(1) Manusia sering tanpa sadar menambah penderitaan fisik yang dialami seseorang dengan ucapan yang tidak membangun sehingga melukai batin. Apa yang anda pelajari dari ayat 1-6 di sini?
(2) Bagaimana perasaan dan sikapmu ketika tidak ada tangan orang bahkan temanmu memberi pertolongan atas kesulitan dan derita yang anda alami? Apa yang Ayub katakan di sini?
(3) Namun pengharapan apa yang menghibur Ayub dalam kondisi hidupnya yang tanpa pertolongan?

Kamis 12 Agustus 2021
Nats: Mazmur 73:1-28 Mengapa Orang Jahat Hidupnya Mujur?
(1) Iman kepercayaan pemazmur: Allah itu baik kepada orang saleh, berbenturan dengan realita kehidupan yang dilihatnya: justru hidup orang jahat yang lancar dan baik.
(2) Apa krisis iman yang akhirnya terjadi kepada pemazmur di ayat 13-16? Adakah anda juga pernah mengalaminya?
(3) Fokus pemahaman iman apa yang anda pelajari di sini yang menolong pemazmur keluar dari kepahitan imannya? Renungkan ayat 17, 23-28

Jumat 13 Agustus 2021
Nats: Mazmur 77:1-21 Tidak untuk Seterusnya Penderitaan Itu Terjadi
(1) Bagaimana anda meresapi doa ratapan pemazmur di ayat 1-7? Adakah kesulitan hidupmu makin memperkuat doa ratapanmu atau justru anda malas bergumul dalam doa?
(2) Mengapa pemazmur terus bergumul? Mengapa tidak boleh putus asa? Apa jawab yang diberi pemazmur di sini? Renungkan ayat 12-16.
(3) Bagaimana jejak tangan Tuhan dalam masa lampau hidupmu memberi kekuatan dalam menghadapi penderitaan sekarang?

Sabtu 14 Agustus 2021
Nats: Habakuk 2:6 – 3:19 Pastilah Celaka Semua Pelaku Kejahatan atas Orang Lain
(1) Banyak kejahatan terselubung yang seolah-olah terluput balasannya sampai akhir. Namun perhatikanlah kutukan Allah atas mereka yang seperti itu. Bagaimana anda menjaga hidup setelah mendengar firman kutukan ini?
(2) Walau Habakuk masih menderita, tetapi memori mengenal Allah seperti apa yang menghiburnya?
(3) Dan bagaimana respon Habakuk walau masih terus mengalami penderitaan dan melihat orang pelaku kejahatan belum dihukum? Bagaimana juga responmu atas firman ini?