Renungan Minggu Ini

MAZMUR PENUNTUN DOA
[Mazmur 1 -6]

Senin 07 September 2020
Nats: Mazmur 1 – Praying Our Inattention
(1) Kontras apa yang anda temukan di Mazmur ini antara orang benar dan orang fasik?
(2) Signifikansi apa yang pemazmur ingin tekankan dari kata “berjalan” lalu “berdiri” lalu “duduk” di ayat 1?
(3) Cari kontras antara “the law of the Lord” (ayat 2) dengan “nasehat orang fasik” dan “jalan orang berdosa” di sini.
(4) “Pohon” merupakan metafora Mazmur 1 tentang hidup orang benar. Catatkan apa saja gambaran yang diberikan di sini. Kontras dengan gambaran hidup orang fasik (ayat 4-6).
(5) “Merenungkan siang dan malam” (ayat 2) menjadi kuncinya. Bagaimana atensi, fokus dan perenungan kepada firman Tuhan memimpin hidup kita setiap hari?

Selasa 08 September 2020
Nats: Mazmur 2 – Praying Our Intimidation
(1) Bandingkan kata pembukaan di ayat 1-3 dengan berita [news] yang anda dengar tiap pagi: a world noisy with boasting, violent with guns, arrogant with money yang mengintimidasi hidup kita.
(2) Arogansi itu juga ditujukan kepada TUHAN dan “Yang Diurapi-Nya” [Mesias, Yesus Kristus]. Bagaimana pemazmur membawa kita kepada tahta Allah di surga melihat semua ini? (ayat 4-6).
(3) Akan ada waktunya penghakiman Allah turun kepada raja-raja, penguasa dan pemimpin bangsa-bangsa. Apa peringatan yang diberikan kepada mereka di ayat 10-12?
(4) Yesus Kristus, Tuhan kita adalah perlindungan kita (ayat 12). Berbahagia kita yang ada di dalam Dia!
(5) Pakai waktu khusus untuk berdoa bagi para pemimpin negara supaya mereka mempunyai hati yang takut akan Tuhan dan mengusahakan kesejahteraan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang lemah.

Rabu 09 September 2020
Nats: Mazmur 3 – Praying Our Trouble
(1) Kata kunci dari Mazmur 3 ini adalah: deliver/deliverance. Lihat dan renungkan kata-kata yang dipakai pemazmur di sini: pertolongan, perlindungan, jawaban, menopang.
(2) Mazmur 3 ini dibagi 4 bagian: ayat 2-3, 4-5, 6-7, 8-9. Lihat progress yang digambarkan di sini.
(3) Daud menggambarkan musuh-musuhnya di ayat 1-2. Pernahkah anda mengalami begitu overwhelmed di tengah situasi, kesulitan dan orang-orang yang begitu menghimpitmu?
(4) Apa persoalan yang sedang engkau hadapi hari ini? Bagaimana mazmur ini menolongmu untuk berdoa bagi hal itu? Baca dan renungkan ayat 9 “Dari TUHAN datang pertolongan dan berkat.”

Kamis 10 September 2020
Nats: Mazmur 4 – Dealing with Anger
(1) Dalam Mazmur 4 ini bagaimana pemazmur memperlihatkan emosi-emosi yang ada di sini?
(2) “Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa” (ayat 5a), bagaimana secara praktis hal ini memimpin hati kita?
(3) “Berkata-katalah dalam hatimu, tetapi tetaplah diam” (ayat 5b) search your heart and be silent. Ini adalah cara yang sehat dealing with anger.
(4) Bagaimana mengerti “the joy of the Lord” (ayat 7b-8) memimpin hati kita di tengah kemarahan yang membakar hati?
(5) Dalam doamu, nyatakan dengan terbuka kepada Tuhan, segala kemarahan dan emosi negatif yang menguasai hatimu. Minta “the joy of the Lord” itu memadamkan kemarahanmu dan menyegarkan jiwamu.

Jumat 11 September 2020
Nats: Mazmur 5 – Relying on God
(1) Daftarkan karakteristik dan kontras dua orang yang digambarkan pemazmur di sini. Bagaimana mazmur ini memberikan tuntunan kepada orang-orang yang mengalami opresi dan oposisi membawa doa kepada Tuhan?
(2) Apa saja yang menjadi tindakan pemazmur dan progres yang terjadi di hatinya di dalam proses ini (progres dari ayat 2-4, ke ayat 8-9, lalu ke ayat 12-13). Apa yang anda pelajari di sini?
(3) Mazmur ini memperlihatkan Allah tidak tinggal diam kepada orang-orang yang berseru meminta pertolongan kepadaNya. Baca dan renungkan dalam-dalam ayat 12-13 menjadi bagian hidupmu.

Sabtu 12 September 2020
Nats: Mazmur 6 – Praying Our Tears
(1) Ini adalah salah satu “mazmur air mata” yang ada di dalam kitab Mazmur. Bagaimana pemazmur menyatakan ekspresi kesedihan di hadapan Allah dengan jujur dan terbuka. Di ayat 7-8 jelas pergolakan emosi dan kepedihan yang dialami oleh dia.
(2) Di ayat 9b-10 ada tiga frasa paralel dipakai (weeping, cry for mercy, prayer). Bagaimana ekspresi ini juga memimpin hati kita datang kepada Tuhan di tengah kesedihan?
(3) Air mata adalah cara kita menyatakan pergolakan emosi dan spiritual yang ada di dalam hati: depresi, kesedihan, frustrasi, grief.
(4) Pakai Mazmur ini membimbingmu mengekspresikan kesedihan dan air mata di dalam doa dan permohonan kepada Tuhan dan alami pertolongan dan “peace beyond understanding” yang diberikan Roh Kudus menolongmu melewatinya.