Renungan Minggu Ini

TO LIVE EVERYDAY LIFE AS A WORSHIP TO GOD
[Roma 11 – 13]

Senin 24 August 2020
Nats: Roma 11:25-36 – The Mystery of God’s Wisdom
(1) Pada masa rasul Paulus, justru lebih banyak orang bukan Yahudi yang percaya Yesus sebagai Mesias, Juruselamat daripada orang Yahudi sendiri. Ironi sekali, sebab Mesias adalah Juruselamat yang dinanti-nantikan orang-orang Yahudi. Lantas apakah pilihan Tuhan atas Israel gagal?
(2) Ayat 30-31 adalah kunci bahwa Yesus Kristus menjadi jalan keselamatan baik bagi bangsa Israel maupun bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi.
(3) Bagaimana perikop ini menolong anda berharap di masa depan yang belum kelihatan dan memuliakan misteri bijaksana Allah? Bagaimana ayat 33-36 menginspirasikan daily worship anda?

Selasa 25 August 2020
Nats: Roma 12:1-2 – Ibadah yang Sejati
(1) Mari kita renungkan 2 ayat ini secara mendalam. Roma 11:33-36 dari theology menjadi doxology, bagaimana apa ajaran yang kita tahu menjadi pengalaman hidup nyata. Alasan kita bisa mempersembahkan hidup, sebab “kemurahan Allah.”
(2) Kilas balik pasal 1-11, maka apa itu kemurahan Allah? Bagaimana anda telah alami kemurahan Allah yang besar ini?
(3) Lantas, bagaimana responmu atas kemurahan ini? Persembahkan: tubuh, pikiran, hidup, kudus, berkenan kepada Allah. Renungkan artinya satu persatu dan terapkan persembahan sejati ini!

Rabu 26 August 2020
Nats: Roma 12:3-8 – We, though Many, are One Body in Christ
(1) Sesudah memiliki ‘right relationship’ pribadi dengan Allah, sekarang bagaimana menerapkan dalam komunitas gereja Allah.
(2) Apa prinsip-prinsip Paulus berikan di sini: bagaimana anggota yang banyak dan berbeda ini bisa bersatu?
(3) Apa keunikan karunia rohanimu? Dan sudahkah anda pakai bagi kepentingan bersama? Lihatlah prinsip firman Allah ini bagaimana anda cara memakai karuniamu? Adakah anda juga mendorong orang lain melakukan karunianya?

Kamis 27 August 2020
Nats: Roma 12:9-13 – Love in Action
(1) Apa sikap negatif yang dapat merusak unity in Christ yang diingatkan oleh firman Tuhan di perikop ini? Mengapa sikap munafik (ayat 9) dan kemalasan (ayat 11) ditekankan di sini?
(2) Sikap positif apa yang harus dilakukan agar sehatlah “the unity in Christ” itu?
(3) Mulailah dari diri anda, bagaimana step by step dari perikop singkat ini menolong anda menjadi “blessings bagi orang lain?” Usahakanlah dirimu untuk selalu memberi “tumpangan” memiliki jiwa “hospitality” yang luar biasa?

Jumat 28 August 2020
Nats: Roma 12:14-21 – Prinsip Pengampunan
(1) Setiap relasi bisa dirusakkan oleh perbuatan salah atau anda dianiaya walau tidak bersalah. Di dalam kontrolmu, bagaimana anda bersikap dan tindakan yang perlu anda lakukan? Bagaimana ayat 14 menuntun hatimu?
(2) Ini yang di luar kontrol anda: tidak bisa merubah hati orang dan mengatur peristiwa yang terjadi.
(3) Kita jangan balas dendam atas perbuatan jahat orang. Lantas bagaimana kita dipanggil untuk bersikap di sini? (ayat 17-20)

Sabtu 29 August 2020
Nats: Roma 13:1-7 – Allah Menetapkan Pemerintahan Manusia
(1) Kita dipanggil untuk hidup tidak serupa jalan dunia ini (Roma 12:-2), dan bagaimana kita menerapkan itu hidup dalam jalan pemerintahan yang menentang jalan Tuhan.
(2) Apakah fungsi pemerintahan yang dimandatkan Tuhan?
(3) Bagaimana orang Kristen melihat ketaatan kepada pemerintahan sebagai bentuk pelayanan kepada Tuhan? Jika anda duduk dalam pemerintahan, bagaimana perikop ini menuntun anda memahami arti social justice dan melayani bagi kesejahteraan orang banyak?