Renungan Minggu Ini

HIDUP YANG DIUBAHKAN [2]

Senin 15 June 2020
Nats: Roma 8:19-39 – You in the Real World
(1) Apa akibat yang diberikan dosa kepada seluruh alam semesta?
(2) Sebagai anak-anak Allah, kita juga tidak luput dari derita yang dialami dunia ini. Namun kita memiliki kelebihan dan keunggulan. Apakah itu?
(3) Bagaimana anda bereaksi atas segala kesusahan yang anda alami sekarang? Paulus berkata kita bisa jadi pemenang atasnya. Prinsip hidup apakah yang anda harus pegang baik-baik?

Selasa 16 June 2020
Nats: Efesus 4:17-32 – Thorns: What Entangles You?
(1) Daftarkan segala cara hidup lama yang Paulus sebutkan di sini? Apakah akibat yang dihasilkannya kepada cara berpikir, emosi, dan kehendak kita?
(2) Firman Tuhan secara khusus bicara soal hal-hal yang berkaitan dengan mulut kita. Apa prinsip firman Tuhan bicara soal bohong dan marah di sini?
(3) Jika kita mudah marah, bagaimana firman Tuhan mengajar dan merubah kita untuk bisa mengatasinya? Bagaimana responmu atas firman Tuhan hari ini?

Rabu 17 June 2020
Nats: Galatia 2:15 – 3:29 – New Identity and New Potential
(1) Apa sebabnya orang yang bersandar kepada hukum Taurat pasti di bawah satu kutuk? Lalu bagaimana manusia bisa bebas dari kutuk ini?
(2) Coba catat step by step argumen Paulus mengapa kita dibenarkan melalui iman saja?
(3) Baca Galatia 2:20. Bagaimana kita menjalani identitas ini sehari-hari dalam hidup kita? Adakah dosa yang harus kita akui sebab kita lebih pikir diri dan bukan Tuhan?

Kamis 18 June 2020
Nats: 1 Korintus 1:18 – 2:16 – The Cross and Daily Living
(1) Menurutmu mengapa dunia menganggap berita salib itu adalah satu kebodohan?
(2) Identitas baru kita membuat kita boleh bangga. Coba sebutkan bangga apa yang salah dan bangga apa yang benar dikatakan oleh Paulus di sini?
(3) Bagaimana kita memahami pekerjaan Roh Kudus meneliti dan mengoreksi setiap pikiran kita? Apa yang menjadikan kita sebagai manusia rohani, kata rasul Paulus? Bagaimana anda bisa memiliki “the mind of Christ”?

Jumat 19 June 2020
Nats: 1 Samuel 16:1-13 – Real Heart Change
(1) Baca juga Mazmur 139: 23-24. Ketika anda mengevaluasi hidup, seberapa besar anda memberi penekanan meneliti hati anda?
(2) Baca Efesus 1:15-19. Paulus berdoa agar hati kita dicerahkan oleh Tuhan. Situasi hidup kita yang eksternal dikontrol oleh hal-hal yang tersembunyi oleh hati kita. Mengapa Paulus berdoa agar hati kita dicerahkan Tuhan?
(3) Baca Markus 12:28-31, apa ciri hati yang taat kepada-Nya?

Sabtu 20 June 2020
Nats: Galatia 5:16 – 6:10 – New and Surprising Fruit
(1) Apa kekuatan yang memampukan kita berkata tidak kepada nafsu dosa? Jika kita hidup oleh Roh Kudus, maka akan ada buah yang dihasilkan. Sebutkan dan renungkan dalam-dalam!
(2) Kita dipanggil untuk menolong orang lain yang bergumul dalam proses pengudusannya. Bagaimana prinsip dan konsisten apa dalam membantu orang lain? Apa halangan dan kebahayaan yang timbul sebagai efek samping dalam membantu orang, yang harus kita hindari? (Galatia 6:1)
(3) Ayat 9, mengapa kita kadang jemu dalam hidup rohani? Kekuatan apa yang anda perlukan untuk menang atasnya?