Renungan Minggu Ini

HIDUP YANG DIUBAHKAN [1]

Senin 08 June 2020
Nats: 1 Petrus 1:1-11 – The Gospel Gap
(1) Perhatikan ayat 3-4: apa yang Tuhan sudah berikan yang menjadi kuasa memampukan kita hidup saleh?
(2) Perhatikan ayat 9: Kualitas rohani ini bisa kurang. Berarti ada gap dari yang sudah Tuhan beri dan realita yang ada di dalam ketidak-sehatan rohani. Apa ciri dan gejala dari gap ini kata rasul Petrus?
(3) Apa langkah-langkah panggilan firman Tuhan ini agar kita menyatakan pertumbuhan rohani kita? Mengapa kita harus punya kesungguhan dan kerinduan untuk konsisten melakukannya?

Selasa 09 June 2020
Nats: Kolose 2:6-23 – Counterfeit Hopes
(1) Paulus memberi warning di ayat 8. Diculik oleh ajaran “hollow”: artinya tidak ada intinya, tetapi bungkus luarnya menarik. Mengapa orang lebih tertarik dengan hal-hal eksternal rohani atau yang kelihatan entertaining di luarnya saja?
(2) Apa pusat nutrisi dan pertumbuhan rohani kita? (ayat 6-7). Mengapa hanya Yesus itu sudah cukup?
(3) Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan untuk bertumbuh di atas dasar Kristus?

Rabu 10 June 2020
Nats: Kolose 1:15-23 – Married to Christ
(1) Catatlah bagaimana Paulus melukiskan segala keagungan Yesus?
(2) Apa berkat yang kita dapatkan ketika kita dipersatukan dengan Kristus?
(3) Hal berharga apa yang kita bawa dalam pernikahan kita dengan Kristus? Tidak ada! Justru sebaliknya, catatlah apa-apa saja yang kita bawa kepada-Nya yang begitu hina? Apa respon Paulus
dalam meresponi anugerah Tuhan? Bagaimana sikapmu?

Kamis 11 June 2020
Nats: Efesus 2:11-22 – Change is a Community Project
(1) Hidup rohani bukanlah hanya antara “just me and God,” tetapi Tuhan panggil anda bertumbuh dalam komunitas bersama orang percaya yakni gereja.
(2) Bagaimana ayat-ayat ini melukiskan keindahan gereja sebagai tubuh?
(3) Apa panggilan dan tugas kita bagi pertumbuhan rohani di dalam komunitas orang percaya?
Bagaimana sikap anda bergereja: individualistic? me-isme kah? atau anda concern atas whole members of God’s household?

Jumat 12 June 2020
Nats: 2 Korintus 1:1-14 – The Big Picture
(1) Inilah 4 formula bagi perubahan: Heat: Inilah situasi hidup anda sehari-hari. Bagaimana situasi hidup yang dialami rasul Paulus? (ayat 8)
(2) Thorns: This is the person’s ungodly response to the situation. Bagaimana anda respon atas situasi susah dan menyakitkan? (ayat 3-4, 11)
(3) Cross: Focus on the redemptive glory and love of Jesus in your situation. Bagaimana Paulus melihat Kristus dalam situasinya? (ayat 5, 9-10)
(4) Fruit: This is the person’s new godly response to the situation from God’s power at work in the heart. Apa yang anda pelajari dari sikap Paulus di sini? (ayat 11-14)

Sabtu 13 June 2020
Nats: Mazmur 88:1-19; Yakobus 1:1-15 – God’s View of My World
(1) Apa perasaanmu ketika membaca mazmur ini? Adakah anda bertanya-tanya mengapa mazmur ini tidak berakhir dengan satu nada positif dan kemenangan?
(2) Mazmur ini diizinkan Tuhan ada berarti Ia tahu dan empati segala pengalaman sedih umat-Nya. (3) Menurut Yakobus, bagaimana perspektif kita yang benar akan Allah dan respon positif dari kita ketika menghadapi prahara kesulitan hidup?