Renungan Minggu Ini

LOVE HIS CHURCH [4]
TO SERVE IS A PRIVILEGE

Senin 18 May 2020
Nats: Matius 20:1-28 – To Serve is a Privilege
(1) Apa yang salah dari pertanyaan Petrus (Matius 19:27) dan permintaan ibu anak Zebedeus (Matius 20:21)? Mengapa murid-murid tidak sensitif arti pelayanan Yesus walau ini adalah kali yang ke-3 Yesus mengingatkan akan penderitaan dan kematianNya yang sudah mendekat?
(2) Apa prinsip pelayanan yang anda dapatkan dari perumpamaan Yesus? Apa sebab para pekerja ini bisa bekerja? Dan mengapa yang awal akhirnya menggerutu?
(3) Yesus memberi prinsip pelayanan di ayat 25-28. Kebenaran apa yang anda dapatkan di sini bagi pelayananmu?

Selasa 19 May 2020
Nats: 2 Korintus 4:1-18; Yosua 1 – Melayani Dengan Berani
(1) Tiga kali Allah meminta Yosua, “Be strong and courageous.” Paulus di ayat 1 berkata dia terima pelayanan dengan berani. Pelayanan bukan saja anugerah yang diberi, tetapi usaha yang diraih dengan berani.
(2) Mengapa harus berani dan hati tidak boleh tawar hati dalam menerima pelayanan?
(3) Paulus sebutkan tantangan pelayanan yang dialaminya. Apa-apa saja yang bisa terjadi? Bagaimana Paulus berespon? Bagaimana dia kuat menghadapi semua ini?

Rabu 20 May 2020
Nats: Filipi 3:1-21 – Pressing on toward the Goal
(1) Mengapa Paulus meminta kita melupakan kesuksesan masa lalu? Apa bahayanya terus mengingat kejayaan lalu?
(2) Paulus bicara soal hidup orang Kristen yang harus dewasa. Apa cirinya kita menuju kedewasaan di sini?
(3) Mengapa dalam melayani, kita harus maju terus? Apa yang memotivasi Paulus maju terus di sini? Adakah pelayanan anda terus bertumbuh dan maju dalam segala aspek kerohanianmu?

Kamis 21 May 2020
Nats: Galatia 4:8-20, 6:1-10 – Layani Sampai Jadi
(1) Memulai sesuatu mudah, tetap mempertahankan hidup sampai akhir, tidaklah mudah. Baca: Galatia 4:19, apa tujuan utama pelayanan Paulus?
(2) Itu sebab, Paulus juga meminta jemaat untuk tidak putus di tengah jalan (Galatia 6:9). Mengapa mudah orang berhenti di tengah jalan dalam melakukan sesuatu?
(3) Prinsip pelayanan apa yang anda dapatkan dari Galatia 6:7-10: apa yang ditanam, itu yang dituai; apa yang dilayani, itu juga hasilnya? Apa hasil yang anda inginkan dalam pelayananmu?

Jumat 22 May 2020
Nats: Kisah Rasul 20:35; 2 Korintus 8:1-15 – Bahagia Memberi daripada Menerima
(1) Jemaat Makedonia miskin tetapi memberi. Berarti: sebab utama memberi bukan karena berkelebihan, tetapi ada faktor-faktor lain. Temukan prinsip-prinsip ini dalam diri jemaat ini.
(2) Apa harga yang harus dibayar dalam memberi? Mengapa orang tidak mudah memberi secara konsisten? Apa sebabnya?
(3) Renungkan lebih dalam: dimana letak bahagia memberi daripada menerima?

Sabtu 23 May 2020
Nats: 2 Korintus 11:1-35 – Konsekuensi Melayani
(1) Tuduhan dan perlakuan apa yang diterima Paulus dari rumor yang beredar dalam jemaat Korintus? Mengapa hal ini bisa terjadi?
(2) Dalam 2 Korintus 11:22ff adalah daftar akibat yang diderita Paulus demi Injil. Mengapa Paulus harus menyatakan semua ini kepada jemaat?
(3) Bagaimana Paulus berespon atas semua konsekuensi pelayanan yang diterima? Kalau dia difitnah? Kalau dia mengalami derita fisik dan non-fisik?

“There is a difference between knowing God and knowing about God. When you truly know God, you have energy to serve Him, boldness to share Him, and contentment in Him” – J.I. Packer