Renungan Minggu Ini

SERI INJIL YOHANES
[Pasal 17-21]

Senin 20 April 2020
Nats: Yohanes 17:1-26 – Doa Yesus bagi Murid-muridNya
(1) Ketika hari kematian mendekat, manusia menyadari apa yang terpenting dalam hidup dan siapa yang sungguh memperhatikan dirinya. Inilah doa Yesus bagi diri-Nya, murid-murid, dan juga bagi kita semua.
(2) Apakah permintaan doa Yesus bagi hidup-Nya (ayat 1-5)? Bagaimanakah dalam mati-Nya, Yesus tetap memuliakan Bapa?
(3) Renungkanlah konsep memuliakan Tuhan ini di dalam hidup sehari-harimu!
(4) Apakah isi doa Yesus bagi murid-murid-Nya? Di tengah menuju penderitaan, bagaimana doa ini juga memberi kekuatan kepadamu?
(5) Yesus berdoa untuk anda. Bagaimana renungan doa Yesus ini memberi jaminan yang pasti bagimu? Ambil waktu untuk memuji keindahan pelayanan Yesus bagimu!

Selasa 21 April 2020
Nats: Yohanes 18:1-27 – Yesus Ditangkap!
(1) Menurutmu, mengapa Yesus pergi ke tempat, dimana Yudas juga tahu tempat tersebut? (ay 1-3) (2) Ketika Yesus menjawab “Akulah Dia” bagaimana kamu menjelaskan reaksi para pengawal (ay 6)? (3) Pencerahan apa yang anda dapatkan melalui tindakan Petrus dan teguran Yesus (ay 11) mengenai tindakan kita yang kita pikir “menolong Tuhan” dengan kekuatan dan kepintaran kita?
(4) Adakah kita juga berbuat dosa seperti Petrus menyangkal Yesus? Coba pikirkan dosa yang terdalam seperti apakah yang pernah kita lakukan?
(5) Di dalam penangkapan-Nya, justru Yesus tunjukkan keberanian, kuasa, dan ketaatan-Nya kepada Bapa. Apa yang anda pelajari di sini dari Yesus dan bandingkanlah kegagalan Petrus yang berjanji berdiri melawan dunia bagi Tuhan?
(6) Berdoalah kepada Tuhan bagaimana anda bersiap menghadapi kesulitan hidupmu dengan anugerah dari Tuhan!

Rabu 22 April 2020
Nats: Yohanes 18:28 – 19:16 – Pilate on Trial
(1) Yesus diadili oleh hukum Romawi. Dan Romawi bangga dengan sistem hukum dan pengadilan mereka yang dipandang superior dan fair. Ada 4 elemen dari system pengadilan mereka: dakwaan (ayat 29-31); interogasi dan silang bukti (ayat 32-35); pembelaan (ayat 36-37); keputusan (ayat 38). Dari pengadilan Yesus ini, apa yang anda amati?
(2) Pilatus nampaknya ingin melepaskan Yesus. Mengapa? Dan apa usaha-usahanya (lihat 18:39; 19:4, 6, 10, 12, 15) .
(3) Dakwaan kepada Yesus di ayat 7, “Dia mengaku sebagai Anak Allah.” Dan mengapa Pilatus bereaksi atas dakwaan ini (ayat 8-9)?
(4) Mengapakah Yesus tidak membela diri lebih lanjut?
(5) Bagaimana bagian ini membantu anda meresponi situasi unfairness yang anda alami dalam hidup? Bagaimana belas kasih Yesus di sini menolong anda juga memiliki belas kasih yang melimpah?

Kamis 23 April 2020
Nats: Yohanes 19:17-42 – Taat sampai Mati
(1) Ada 3 kelompok yang terlibat dalam kematian Yesus: para tentara, pemimpin Yahudi, dan Pilatus. Bagaimanakah anda melihat sikap dan prilaku masing-masing kelompok ini? Adakah sikap dan prilaku mereka memiliki kesejajaran dengan prilaku dan sikap manusia dewasa ini?
(2) Bagaimanakah perhatian Yesus kepada ibu-Nya?
(3) Yohanes mencatat teriakan Yesus yang penting ini “Sudah selesai!” Apa arti dari deklarasi Yesus ini?
(4) Membaca peristiwa kematian Yesus dalam catatan injil Yohanes ini, apa kesan yang sangat mendalam bagimu mengenai kematian Yesus?
(5) Ketika anda memikirkan tentang kematian, apa pikiran dan perasaan yang terlintas di benakmu? Bersyukurlah kepada Tuhan bahwa melalui kematian Yesus ada keselamatan bagi kita dan kematian bukanlah akhir segala-galanya.

Jumat 24 April 2020
Nats: Yohanes 20 – Yesus Bangkit!
(1) Injil Yohanes menyebutkan 3 saksi mata bagi penguburan Yesus: Maria Magdalena, Petrus dan murid yang lain (Yohanes sendiri). Dan bagaimana pentingnya pencatatan tentang saksi mata ini?
(2) Yohanes juga mencatat penampakan kebangkitan Yesus kepada Maria dan Tomas. Mengapa Maria tidak bisa langsung mengenali Yesus? (ayat 10-15).
(3) Mengapa kisah skeptic Tomas dan perjumpaan dengan Yesus merupakan peristiwa penting yang disaksikan Yohanes?
(4) Jika ada orang yang ragu tentang kebangkitan bertanya kepada anda, apakah bukti-bukti Yesus bangkit dari kematian? Poin-poin referensi apa saja yang anda jawab?
(5) Ayat 30-31 menyatakan kesaksian Injil Yohanes mengenai penulisan Injilnya ini. Pujilah Tuhan atas apa yang Dia kerjakan dalam hidupmu!

Sabtu 25 April 2020
Nats: Yohanes 21 – A Walk with a Resurrected Man
(1) Kebanyakan kita lebih mudah mengampuni ketimbang melupakan. Kita bisa bersedia mengampuni kesalahan orang tetapi agak sukar untuk mempercayai dan memberi kesempatan lagi kepada orang itu. Petrus telah gagal menjalani janjinya, dan dia menjadi seorang teman yang tidak bisa disandari. Tetapi adakah Yesus masih mempercayai dia sekalipun dia pernah lalai?
(2) Ketika Petrus tahu bahwa Dia adalah Tuhan, maka dia lompat ke air mendekat ke Yesus. Bagaimana kejadian ini melukiskan hubungan Petrus, yang sudah menyangkal-Nya, dengan Yesus?
(3) Jika anda pernah berbuat salah atau mengecewakan seseorang, anda cenderung mengambil sikap bagaimana kepada orang yang anda pernah lukai dan kecewakan?
(4) Bagaimanakah Yesus memulihkan relasiNya dengan Petrus dan memulihkan relasi Petrus dengan kegagalannya?
(5) Pelajaran apa yang anda dapatkan dari teguran Yesus untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain? (ayat 22)
(6) Bagaimana kisah ini mendorong anda melakukan restorasi kepada orang Kristen yang berbuat dosa dan salah?