Renungan Minggu Ini

SERI INJIL YOHANES
[pasal 4 – 8]

Senin 30 March 2020
Nats: Yohanes 4:1-42 – Perjumpaan Yesus dengan Wanita Samaria
(1) Injil Yohanes lebih banyak mencatat pelayanan Yesus kepada individu. Dari beragam individu, yang dihormati seperti rabi Nikomedus, sampai individu yang dihina masyarakat: wanita Samaria yang amoral. Renungkan sejenak: di era sekarang, siapakah mereka yang bisa dikategorikan “wanita Samaria”? Dan siapakah mereka yang melayani seperti Yesus melayani wanita Samaria?
(2) Apakah pertobatan wanita Samaria ini sungguh-sungguh? Apa buktinya? Apa yang membuat wanita ini berubah karena perjumpaan dan percakapan dengan Yesus?
(3) Kepada murid-murid yang terkejut atas pelayanan ini, pelajaran khusus apa yang Yesus ajarkan kepada mereka?
(4) Tantangan dan prasangka apa saja yang harus dihadapi ketika pelayanan kepada kelompok “wanita Samaria” dilakukan? Bagaimana anda peka melihat siapakah mereka di sekitarmu yang disebut sebagai “wanita Samaria”?
(5) Bagaimana sikapmu setelah melihat sikap pelayanan Yesus kepada mereka yang disebut “wanita Samaria”?

Selasa 31 March 2020
Nats: Yohanes 5:1-47 – Penyembuhan di tepi Kolam Betesda
(1) Berdasarkan keadaan dan percakapan di tepi kolam ini, perasaan dan sikap apa yang bisa kita tangkap dari orang lumpuh ini? (ayat 1-15)
(2) Mengapa Yesus hanya menyembuhkan orang lumpuh ini dan tidak kepada semua orang yang ada di situ?
(3) Reaksi apa yang dinyatakan orang-orang Yahudi di sini? Mengapa? (ayat 18). Catat semua apa yang menjadi otoritas yang diberikan Bapa kepada Anak-Nya (Yesus Kristus)? (ayat 19-23)
(4) Apa definisi hidup kekal (Yoh. 17:3)? Bagaimana memperolehnya? (ayat 40). Apa kepastian yang kita peroleh dalam iman kepada-Nya?

Rabu 01 April 2020
Nats: Yohanes 6:1-15; 25-71 – Yesus memberi Makan kepada 5000 orang
(1) Dari peristiwa mujizat ini kita bisa melihat dua kontras yang diperlihatkan Yesus: ada orang yang hanya nafsu kepada roti (yang mewakili hal-hal materi belaka), ada orang yang rindu kepada Roti Hidup yang kekal itu.
(2) Yesus berkata, “Akulah Roti Hidup itu.” Bagaimana memperoleh Roti Hidup ini dan apa janji rohani yang penting?
(3) Mengapa Yesus menolak diangkat menjadi raja?
(4) Apa yang memungkinkan manusia berdosa bisa berespon dengan percaya kepada Yesus?

Kamis 02 April 2020
Nats: Yohanes 6:16-24 – Yesus berjalan di atas Air
(1) Apa tujuan Yesus menunjukkan mujizat ini kepada murid-murid? Jika anda hadir waktu itu, di tengah perlawanan pemimpin agama dan orang-orang banyak meninggalkan pelayanan Yesus, bagamana perasaanmu?
(2) Baca: Matius 14:22-33, mengapa hanya Petrus yang keluar? Mengapa kita sering ragu kepada Tuhan?
(3) Baca: Markus 6:45-51, apa yang anda pelajari dengan sikap Yesus yang mempercayakan pelayanan-Nya hanya kepada 12 orang ini? Bagaimana ucapan Yesus “Tenanglah, Aku ini, jangan takut” memberikan kekuatan kepada anda?

Jumat 03 April 2020
Nats: Yohanes 7 – Konfrontasi Terbuka dengan Musuh-musuh Yesus
(1) Bagaimana respon manusia ketika kebenaran Injil menusuk hati mereka? Pasal 6 menceritakan banyak orang yang berbondong-bondong ikut rombongan Yesus demi pemenuhan kepentingan diri. Ketika motivasi mereka ditegur Yesus, ramai-ramai mereka meninggalkan Yesus.
(2) Pasal 7 adalah perang terbuka dengan musuh-musuh Yesus yang tertusuk dan marah dengan teguran firman Yesus.
(3) Sikap keluarga Yesus yang juga takut dengan tekanan dan serangan tokoh-tokoh agama dan masyarakat. Ketika orang-orang menantang otoritas ajaran Yesus, bagaimana Yesus membuktikan otoritas ajaran-Nya (ayat 16-18)?
(4) Apa pertanyaan lain yang diajukan orang-orang kepada diri Yesus di ayat 20-36? Bagaimanakah Yesus memberi respon akan hal ini?
(5) Ada tantangan keluarga dan tekanan masyarakat kepada mereka yang ambil sikap meresponi Injil Yesus di sekitar anda. Bagaimana nasehat yang anda beri kepada mereka yang mengalami akan hal ini?

Sabtu 04 April 2020
Nats: Yohanes 8:1-11 – A Throwaway Woman: Redeemed by Christ
(1) Adakah pengalaman anda merasa diri dan diperlakukan seperti sampah? Bagaimana efek pengalaman ini bagimu?
(2) Baca Imamat 21:10. Menurutmu mengapa mereka hanya membawa wanita ini, tetapi tidak menyeret prianya juga?
(3) Apa motivasi pemimpin agama memperalat kasus wanita ini? Bagaimana cara kita menilai orang yang dengan sendirinya mempengaruhi perlakuan kita kepadanya? Apa yang anda pelajari dari Yesus dalam hal ini?