Renungan Minggu Ini

PERUMPAMAAN YESUS TENTANG
KERAJAAN ALLAH [1]

Senin 06 January 2020
Nats: Matius 20:1-16 – Workers in the Vineyard
(1) Ini adalah perumpamaan tentang masuk kerajaan Allah. Dari perumpamaan ini, apa syarat-syarat untuk bisa masuk kerajaan Allah?
(2) Bagaimana respon yang seharusnya dari setiap mereka yang bekerja di ladang? Kenapa pekerja yang awal berespon dengan gerutu? Pikiran apa yang ada dibalik gerutu itu?
(3) Siapa mereka yang digolongkan “yang awal”dan “yang akhir?”

Selasa 07 January 2020
Nats: Lukas 14:16-24 – The Great Banquet
(1) Masuk kerajaan Allah seumpama hadir dalam pesta raya. Coba anda bayangkan situasinya, apa perasaan anda? Betapa sukacita bisa duduk di meja perjamuan sebagai anak Allah dan menikmati perjamuan surgawi yang sidah dipersiapkan bagi kita!
(2) Mengapa mereka tidak mengindahkan undangan ini? Apa halangan manusia menerima undangan keselamatan ketika manusia menempatkan urusan dunia menjadi lebih penting daripada Allah?
(3) Prinsip rohani apa yang sdr dapatkan dari reaksi tuan yang membuka rumahnya bagi kelompok orang yang tidak selayaknya menikmati pesta itu sebagai extended grace dari Tuhan kepada kita?

Rabu 08 January 2020
Nats: Matius 13:24-30, 36-43 – Gandum dan Ilalang
(1) Apa berita utama perumpamaan ini tentang kehadiran kerajaan Allah di dunia ini?
(2) Bagaimana memisahkan antara “gandum”dan ïlalang”? Prinsip rohani apa yang saudara dapatkan?
(3) Apa artinya “biarkan keduanya tumbuh bersama?” Kenapa? Bagaimana penerapan praktisnya?

Kamis 09 January 2020
Nats: Markus 4: 26-34 – Seed growing Secretly
(1) Apa arti pertumbuhan kerajaan Allah di bumi ini bagaikan benih yang tumbuh secara diam-diam?
(2) Manifestasi dari kerajaan Allah senantiasa disertai dengan penyampaian firman Allah seperti penabur yang menabur benihnya. Yang dituntut darinya adalah kesetiaan mengerjakannya.
(3) Penekanan dari perumpamaan ini adalah peranan Allah yang sepenuhnya in control atas pertumbuhan itu. Sekalipun tidak segera kelihatan hasilnya, jangan menjadi kecewa dan lelah melakukannya. Akan ada waktunya kita akan menuai hasilnya.

Jumat 10 January 2020
Nats: Matius 25:14-30 – Perumpamaan mengenai Talenta
(1) Perumpamaan ini mengajarkan apa saja berkaitan dengan kedatangan Yesus yang kedua kali? Sebagai pengikut Kristus kita bertanggung jawab berkarya dengan rajin di tengah penantian kita akan kedatanganNya kembali.
(2) Apa yang kita pelajari dari sikap hamba yang pertama dan yang kedua, bandingkan dengan sikap hamba yang ketiga? Kita dipercayakan harta yang berharga, bukan untuk disimpan di dalam tanah, tetapi untuk kita kembangkan dengan kesungguhan dan kesetiaan.
(3) Tidak ada satu orangpun yang pakai alasan “tidak ada talenta” karena Allah memberikan kepada setiap orang “masing-masing menurut kesanggupannya.” Yesus tahu kapasitas kita, dan Yesus menuntut apa yang ada pada kita.

Sabtu 11 January 2020
Nats: Lukas 15:1-32 – Lost Sheep, Lost Coin, Lost Son
(1) Apa yang anda dapatkan tentang bagaimana nilai manusia dihadapan Allah melalui sikap Yesus atas pemungut cukai?
(2) Apa yang sdr pelajari tentang sifat-sifat Allah melalui reaksi gembala, wanita, dan ayah di sini?
(3) Renungkan reaksi anak sulung. Hal-hal apa saja yang sebenarnya anak sulung ini juga terhilang di
rumahnya sendiri, namun tidak ia sadari?
(4) Sebagai gereja dan sebagai anak-anak Tuhan, bagaimana panggilan Tuhan untuk menyatakan the grace and mercy of God secara praktis kita lakukan di dalam hidup kita?