Renungan Minggu Ini

ADVENT 4
NEW TESTAMENT PORTRAYS OF JESUS

Senin 23 December 2019
Nats: Lukas 2:1-20 – Child of Hope
(1) Lukas bicara dari aspek historis mengenai kelahiran Yesus (ayat 1-4). Apa implikasi dari aspek historis yang Lukas ingin perlihatkan mengenai dunia yang Yesus datangi ini?
(2) Lukas memberikan beberapa detail akan kelahiran Yesus (ayat 6-7). Renungkan dan bayangkan Allah yang mulia rela lahir dalam keadaan yang begitu sederhana. Apa arti kelahiran Yesus bagimu?
(3) Gembala di padang adalah orang-orang yang paling hina di masyarakat waktu itu. Apa berita malaikat yang membuat gembala-gembala ini sangat bersukacita menerimanya? (ayat 9-14)
(4) “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud,” (ayat 11), inilah inti dari berita yang Lukas ingin sampaikan, the Child of Hope has come to the world for you and me.

Selasa 24 December 2019
Nats: Matius 1 – 2 – The Promised King has Come!
(1) Kelahiran Mesias yang sangat dinanti-nantikan oleh bangsa Israel selama berabad-abad dicatat oleh Matius pasal 1-2 ini. Matius membuka Injilnya dengan menuliskan dengan sangat teliti silsilah Yesus, Anak Daud, Anak Abraham, sebagai Mesias yang dijanjikan itu.
(2) Baca dan renungkan peristiwa kelahiran Yesus di sini (Mat. 1:18-25). Malaikat berkata kepada Yusuf, “Namailah Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka” (ayat 21).
(3) Matius 2 mencatat raja Herodes merasa terganggu dengan kedatangan Mesias ini (ayat 3-4), dan itu dia nyatakan dengan teror dan kekejian kepada kota Betlehem (ayat 16-18). Betapa kontras dengan orang-orang majus yang justru mencari dan hendak menyembahNya. Sampai hari ini kita akan terus melihat dua respon seperti itu. Apa yang menyebabkan manusia berespon dengan berbeda kepada Yesus Kristus?
(4) Orang-orang majus ini bukan hanya berjumpa dengan Yesus, mereka menyembah Dia dan bersaksi kepada seluruh Yerusalem mengenai kelahiran Mesias Juruselamat yang sudah sekian lama dinantikan bangsa Israel. Apakah pencaharianmu akan Tuhan membawa hidupmu menyembah Dia dan bersaksi kepada orang-orang akan Dia?

Rabu 25 December 2019
Nats: Yohanes 1:19-37 – Bersaksi bagi Kedatangan Yesus
(1) Kelahiran Yohanes Pembaptis adalah mujizat. Latar belakang keluarganya sebagai imam adalah modal besar. Tidak heran Yohanes Pembaptis mudah untuk dipercaya sebagai Mesias yang dinantikan.
(2) Lihatlah dialog pemimpin agama kepada Yohanes! Betapa besar Yohanes Pembptis disejajarkan oleh mereka. Tetapi Yohanes Pembaptis membawa mereka bukan melihat dirinya tetapi melihat Yesus.
(3) Siapa Yesus? Mudah sekali bagi pemimpin agama dan masyarakat waktu itu tidak memandang dengan kagum dan hormat kepada Yesus. Mengapa?
(4) Kerendahan hati bukan soal tata karma dan kualitas karakter seseorang, tetapi kesadaran dan komitmen memuliakan dan membesarkan Tuhan senantiasa di dalam hidup seseorang.
(5) Bagaimana hidup Yohanes Pembaptis di sini memberikan pengaruh bagi sikap pelayananmu? Bagaimanakah Yohanes Pembpatis mengerti siapa Yesus dan bagaimana dia meresponi Yesus?

Kamis 26 December 2019
Nats: Kolose 1:15-23 – Jesus Is Supreme
(1) Jemaat Kolose hidup dalam masyarakat yang menyembah banyak dewa-dewa. Mungkin ada jemaat juga percaya dan menyembah Yesus, tetapi Yesus hanyalah salah satu dari ilah dan dewa yang lain yang disembah.
(2) Ayat 1, Yesus bukan image yang dibuat manusia, tetapi Yesus adalah visible image dari invisible God.
(3) Paulus menyebut Yesus Kristus sebagai Pencipta alam semesta dan Kepala gereja-Nya. Jelaskan
pengertian Paulus bahwa mengapa Yesus Kristus adalah Pencipta dan Kepala Gereja?
(4) Lalu apakah hasilnya dari karya Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja bagi keselamatan kita? (lihat ayat 22-23)
(5) Ayat 22-23, bahwa kita telah “diperdamaikan dengan Allah” dan “kudus” dibebaskan dari dosa, lalu “bebas dari tuduhan dosa” bagaimana arti keselamatan dari Yesus ini dapat anda pakai untuk
menjelaskan mengapa anda percaya dan hanya menyembah Yesus Kristus, satu-satunya Juru Selamat? Buatlah dan tuliskan kesaksian singkatmu ini! Hafal dan praktekkan dalam bersaksi jika ada kesempatan kepada teman-teman anda!

Jumat 27 December 2019
Nats: Ibrani 1:1-14 – Yesus lebih tinggi daripada Malaikat
(1) Allah menciptakan malaikat sebagai roh tanpa tubuh dengan kuasa dan kemuliaan. Bacaan pasal 1 ini bicara apa saja yang dapat anda ketahui tentang malaikat?
(2) Apa saja argumentasi yang penulis Ibrani paparkan bahwa Yesus lebih tinggi dari malaikat?
(3) Telitilah bacaan ini dan temukan: apa yang akan tetap tinggal permanen selama-lamanya dan apa yang akan binasa dan habis lenyap?

Sabtu 28 December 2019
Nats: Wahyu 5:1-14 – Worship the Omnipotent Lamb
(1) Orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan mencari kesenangan diri sendiri pasti menganggap ibadah penyembahan hanyalah buang-buang waktu.
(2) Namun lebih sedih lagi, jika ibadah penyembahan gereja juga berpusat pada diri manusia dan
kesenangan atau kehebatan seseorang. Konsep ibadah theosentris hanyalah di bibir saja, yang terjadi adalah humansentris dan egosentris.
(3) Ibadah kita di bumi harus merefleksikan ibadah surgawi yang telah dipaparkan kepada kita dalam Wahyu 4 dan 5 ini. Allah yang dimuliakan dan Kristus yang disembah.
(4) Mengapa Yesus Kristus berhak disembah dan dimuliakan? Apa arti dari perubahan lukisan dari Singa dan Domba di sini?
(5) JIka ibadah penyembahanmu di bumi harus mengikuti model yang dipaparkan di Wahyu 5 ini, apa yang kurang dari penyembahanmu sekarang? Bagaimana gambaran Wahyu 5 ini memperdalam penyembahanmu kepada Tuhan?