Renungan Minggu Ini

PROSES AKU MENJADI PERCAYA

Senin 04 November 2019
Nats: Yehezkiel 18:19-32 – Pertobatan Sejati [True Repentance]
(1) Pertobatan lebih dari sekedar menyesali dosa, tetapi berbalik arah dari dosa kepada Tuhan dan hidup kudus dengan membenci dan mematikan dosa melalui pertolongan Roh Kudus.
(2) Apa saja bukti pertobatan sejati yang dikatakan dalam Yehezkiel 18 ini? (lihat juga Roma 6:21). Apa akibatnya jika manusia tidak bertobat dari dosanya?
(3) Apa janji Tuhan bagi manusia yang bertobat dari dosa, bahkan dari dosa yang dianggap paling berat sekalipun? Renungkan Yehezkiel 18:23 dalam-dalam, apa yang kamu mengerti tentang pribadi Allah di sini?

Selasa 05 November 2019
Nats: Roma 3:21-31 – Pembenaran [Justification]
(1) Pembenaran berarti Allah menyatakan kita adalah benar, bukan orang berdosa lagi dan bebas dari hukuman. Pertanyaannya: Bagaimana Allah (atau atas dasar apa) membenarkan kita?
(2) Apa yang Yesus lakukan sehingga kita bisa dibenarkan Allah?
(3) Dengan cara apa kita terima pembenaran ini? Bagaimana sikap hati kita dalam memahami anugerah Allah ini?

Rabu 06 November 2019
Nats: Roma 8:9-17 – Menjadi Anak-anak Allah [Sons of God]
(1) Tuhan bukan saja membenarkan kita dari dosa tetapi sekaligus mengadopsi kita jadi anak-anakNya.
(2) Roma 8 ini bicara soal apa buktinya kita adalah anak-anak Allah?
(3) Apa privileges dan tanggung jawab sebagai anak-anak Allah? Bagaimana anda memandang intimasi relasi ini bagi pertumbuhan rohanimu? Baca juga Ibrani 12: 7-11.

Kamis 07 November 2019
Nats: Efesus 1:3-14 – Di dalam Kristus [Union with Christ]
(1) Catat dan jumlahkanlah ada berapa kali Paulus menyebut istilah “di dalam Kristus/dalam-Nya” dalam bagian ini?
(2) “Di dalam Kristus” (union with Christ) adalah dasar utama dari semua pengalaman rohani dan berkat-berkat rohani bagi kita.
(3) Bacalah Kisah Rasul 9:5, Filipi 3:10 dan 1 Korintus 6:15-20, bagaimana sekarang anda melihat hidupmu sebagai sebuah union with Christ?

Jumat 08 November 2019
Nats: Roma 8:28-39 – Pilihan [Election]
(1) Allahlah yang memilih kita dan bukan kita yang memilih Allah. Allah telah memilih kita untuk ditetapkan menerima keselamatan kekal.
(2) [Logika Doktrin Pilihan] mari kita mulai dengan bertanya: Mengapa kita tidak sanggup untuk percaya Tuhan? Lihat Roma 3:10, 11.
(3) Yesus katakan bahwa orang bisa datang dan percaya karena Tuhan yang tarik dan buka hatinya, bacalah Matius 11:25-28.
(4) Lihat Roma 8:30, catat bagaimana urutan Allah bekerja bagi keselamatan kita?

Sabtu 09 November 2019
Nats: Roma 6:1-14 – Kuasa Dosa Berakhir [Sin’s Dominion Ended]
(1) Dalam diri orang percaya ada Roh Kudus dan dia adalah ciptaan baru artinya: walaupun sifat dosa tetap ada dalam diri orang itu, tetapi dosa itu tidak lagi berkuasa sebagai “tuan” yang mengontrol hidup orang percaya. Itu artinya sin’s dominion ended.
(2) Apa sebab dosa tidak lagi berkuasa atas diri orang percaya menurut Roma 6 ini?
(3) Lantas bagaimana kita hidup tidak lagi di bawah kuasa dosa? Apa artinya hidup yang baru itu?


How marvellous, how wise, how great, how infinite to contemplate: Jehovah’s saving plan. He saw me in my lost estate, yet purposed to regenerate this faithless, fallen man! [B.B. Warfield]