Renungan Minggu Ini

SIAPAKAH YESUS YANG AKU PERCAYA

Senin 28 October 2019
Nats: Markus 10:17-31 – Siapkah Anda Bertemu Yesus?
(1) Anak muda ini kaya dan nampaknya terpuji moral dan perbuatan baiknya. Tetapi masih ada saja hal yang tidak memuaskan hatinya dari semua, itu sebab dia datang kepada Yesus. Apa itu “unsatisfying needs-”nya?
(2) Yesus tidak menyebut 3 perintah tentang sikap kepada Allah dan hukum ke-10 tentang jangan mengingini. Harta telah menjadi berhala dan Tuhannya.
(3) Apakah artinya anda “committed your life” kepada Yesus? Apakah harga yang dibayar? Dan adakah keuntungan yang Yesus janjikan bagi mereka yang meninggalkan segala sesuatu untuk ikut Dia?

Selasa 29 October 2019
Nats: Yohanes 8:51-59 – The Claim of Christ
(1) Bagian ini adalah pernyatan Yesus di depan publik tentang atas hubunganNya yang unik dengan Allah. Apa saja klaim unik Yesus di sini?
(2) Jika anda mendengarkan ada orang yang mengklaim seperti ini, bagaimana pandangan anda tentang orang itu? Apakah Yesus pembual atau orang yang tidak waras? Jika tidak, berarti betul klaim Yesus setara dengan Allah Bapa
(3) Jika klaim Yesus ini benar, apa kaitannya bagi dirimu dan dunia ini?

Rabu 30 October 2019
Nats: Yohanes 13:1-17 – Karakter Yesus
(1) Yesus tahu bahwa semua kuasa telah diberikan kepada-Nya (ayat 3-4), namun kontras tindakan Yesus di sini justru tidak seperti seseorang yang punya kuasa. Mengapa?
(2) Yesus menyebut diriNya “Guru” dan “Tuhan” yang memberikan contoh. Karakter seperti apa yang ditunjukkan Yesus? Dan apa arti karakter Yesus ini bagimu?
(3) Menurutmu, mengapa Petrus protes kakinya dibasuh? Dan waktu Yesus membasuh kakimu, apa perasaanmu?

Kamis 31 October 2019
Nats: Lukas 24:36-48 – Kebangkitan Yesus
(1) Bagaimana sifat kebangkitan Yesus yang dibuktikan di sini? Mengapa Yesus harus buktikan kebangkitan fisik-Nya kepada murid-murid?
(2) Kita tidak dapat lagi melihat atau menyentuh tubuh fisik Yesus. Tetapi apa bukinya bagi kita bahwa Yesus telah bangkit dan tetap hidup sampai hari ini?
(3) Ayat 45-47, kita dipanggil untuk bersaksi. Tulislah kesaksianmu bagaimana anda bisa percaya Yesus agar anda siap untuk berani bersaksi.

Jumat 01 November 2019
Nats: 1 Petrus 2:21-25 – Makna Salib Yesus
(1) Apa yang dicapai dari kematian Yesus di kayu salib? Kematian Yesus di kayu salib bukan kegagalan, tetapi cara Allah menebus dosa umat manusia dan mengalahkan maut. Coba anda jelaskan mengapa kematian Yesus berarti demikian?
(2) Bagaimana salib Yesus menjadi contoh sikap moral dan pelayanan kita?
(3) Dalam deritaNya, apa saja keindahan Yesus di atas salib?

Sabtu 02 November 2019
Nats: Yohanes 16:5-16 – Roh Kristus
(1) Bagaimana Kristus memberi penghiburan kepada murid-murid yang gelisah?
(2) Siapakah “Penghibur” dan “Roh” ini, hanya satu kuasa ataukah satu pribadi? Bagaimana kita memberi penjelasan bahwa Roh Kudus itu satu Pribadi?
(3) Apakah peranan Roh Kudus ketika Yesus telah pergi? Mengapakah kita mutlak bersandar kepada pertolonganNya dalam hidup dan pelayanan?