Renungan Minggu Ini

PERUMPAMAAN YESUS TENTANG
KERAJAAN ALLAH [2]

Senin 07 October 2019
Nats: Matius 7:24-27 – Two Builders
(1) Rumah adalah kebutuhan manusia yang penting sebab dari lahir hingga kita meninggal, rumah adalah tempat naungan hidup. Maka membangun dan memiliki rumah adalah kebutuhan yang permanen dan bertahan lama.
(2) Dengan perumpamaan ini kita dapat memahami apa makna yang Yesus ingin sampaikan tentang membangun rumah iman spiritual seseorang.
(3) Yesus mengingatkan bagaimana hidup iman kita dibangun dengan ketaatan penuh kepada firmanNya dan menjalankannya.
(4) Baca Yehezkiel 13:10-16, Yesus menggunakan ilustrasi dari nabi Yehezkiel. Bagaimana sikap orang waktu itu dalam mendengar firman Allah?
(5) Baca Yehezkiel 33:30-33. Adakah anda melihat kehidupan ibadah seperti ini di sekitar anda saat ini? Adakah kita juga berprilaku seperti ini?
(6) Berdoalah agar anda meresponi firman Tuhan dengan sikap bertobat, rendah hati, penuh komitmen menaati dengan membayar harga.

Selasa 08 October 2019
Nats: Matius 11:16-19 – Children in the Marketplace
(1) Yesus memakai perumpamaan lucu mengenai permainan anak-anak kecil yang sering mereka lakukan di pasar. Dalam permainan kawin-kawinan, ada yang jadi pengantin, ada yang berperan sebagai pemain musik, lalu yang lain yang berjoget. Tetapi ketika permainan ini mulai dimainkan, ada anak-anak yang menolak untuk bermain. Lalu mereka ganti dengan permainan tentang orang-orang ke pekuburan. Tetapi anak-anak yang lain menolak bermain.
(2) Dengan perumpamaan ini Yesus ingin mengatakan bahwa orang-orang Yahudi terus mencari alasan untuk menolak berita firman dari Yohanes Pembaptis dan Yesus, karena tidak sesuai dengan keinginan mereka. Panggilan pertobatan Yohanes Pembaptis tidak disambut dengan air mata. Kabar sukacita pengampunan Yesus tidak diterima dengan tawa bahagia.
(3) Mencari pembenaran diri dan mencari kesalahan dari berita firman Allah adalah inti kerusakan rohani.
(4) Berdoalah agar hati kita senantiasa selaras dengan firman Allah yang kita dengar. Kita sungguh menangis atas teguran Tuhan, dan penuh sukacita menyambut firman kasih-Nya.

Rabu 09 October 2019
Nats: Matius 13:1-9 – Sower
(1) Perumpamaan ini dikhotbahkan Yesus di tengah banyak orang yang mengikuti-Nya. Jumlah yang banyak tidak berarti mereka mau menjadi pengikut Yesus. Mereka hanya jadi penggemar Yesus.
(2) Penggemar hanya suka berhura-hura dan sebentar bosan, malah bisa berbalik membenci orang yang pernah dipuja karena mereka memuja demi untuk kepentingan diri sendiri. Pengikut Yesus adalah yang terbuka hatinya mendengar dan menaklukkan diri sepenuhnya menaati firman-Nya.
(3) Di sini Yesus berbicara tentang 3 ciri hati manusia yang bagaimana yang merintangi mereka menaati firman-Nya?
(4) Menurut pendapatmu apa contoh dari sikap mendengar firman secara dangkal? Apakah itu terik panas sebagai “proses ujian waktu”?
(5) Penghalang onak duri yaitu kekuatiran hidup. Bagaimana ciri hidup orang yang mendua hati: mau percaya Yesus tetapi juga bersandar mammon dunia?
(6) Adakah tanah hati anda subur menerima firman-Nya? Bagaimana pikiran, hati dan kehendakmu bersikap setiap kali anda menerima firman Tuhan?

Kamis 10 October 2019
Nats: Markus 4:26-29 – Seed Growing Secretly
(1) Ketika tugas petani selesai menabur, maka pertumbuhan benih-benih yang ditabur ada di luar kontrolnya. Ada dalam kontrol alam dan Sang Penguasa yang menguasai alam ini.
(2) Demikianlah perumpamaan Yesus tetang pertumbuhan Kerajaan Allah. Pelayanan Injil seperti menabur benih. Hasilnya tidak segera terlihat, maka janganlah kecewa. Bagaimanakah perumpamaan ini dapat memberi penghiburan dan kekuatan dalam pelayanan anda?
(3) Bacalah Filipi 1:6 dan 1 Korintus 3:6-9. Perspektif yang benar seperti apakah yang harus anda pegang erat berkaitan dengan pelayanan Injil dan keberhasilannya?
(4) Adakah perspektif ini memelihara anda dari kesombongan dan juga dari keterpurukan dalam pelayanan?
(5) Doa: Tuhan, kami percaya akan waktu dan kontrol-Mu, biarlah Engkau yang meneguhkan semua pekerjaan kami. Kami hanya taat penuh menabur dengan setia. Amin.

Jumat 11 October 2019
Nats: Matius 13:24-30 – Wheat and Weeds
(1) Dari perumpamaan ini kita dapat katakan bahwa petani yang menabur benih baik adalah Yesus. Maka menurutmu, siapakah yang disebut sebagai musuh? Dan apakah artinya benih yang baik dan ilalang yang sangat merusak itu? Dan siapakah pekerja-pekerja itu?
(2) Adakah anda sering bereaksi sama seperti para pekerja ini ketika ada hal yang baik dan mulia yang telah dikerjakan tetapi kemudian dicemarkan bahkan difitnah oleh motif dan tindakan jahat yang merusak semua yang baik?
(3) Kapankah dan bagaimanakah gandum dipisahkan dari ilalang? Apakah artinya ini menurutmu?
(4) Bagaimanakah keyakinan akan hari penghakiman Allah yang adil menolong anda sekarang ini ketika anda mengalami fitnahan dan aniaya jahat?

Sabtu 12 October 2019
Nats: Matius 13:31-32 – Biji Sesawi
(1) Perumpamaan ini jelas berkata bahwa kerajaan Allah bertumbuh mulai dari satu biji sesawi yang kecil.
(2) Lihatlah contoh kesaksian dari Injil dan Kisah Para Rasul, dalam hal apa saja anda melihat dari insignifikansi Yesus dan para pengikut-Nya?
(3) Seminggu ini anda telah merenungkan perumpamaan mengenai sifat dari kerajaan Injil Yesus. Adakah anda dikuatkan terus setia ikut Tuhan dan giat selalu melayani Injil-Nya?
(4) Apakah buktinya bahwa anda adalah pengikut Yesus, dan bukan hanya penggemar Yesus?