Renungan Minggu Ini

KAPANKAH YESUS DATANG KEMBALI?

Senin 16 September 2019
Nats: 2 Tesalonika 1:1-12 – Ketika Segala Sesuatu sangat Tidak Adil
(1) Bagaimana saya memiliki kepastian bahwa nanti saya akan ke surga? Penderitaan yang sedang dialami jemaat Tesalonika setidaknya memberi keraguan apakah betul nantinya mereka akan mendapatkan sukacita kekal dalam surga?
(2) Kesaksian hidup seperti apakah yang ditunjukkan jemaat Tesalonika (ay. 3-4)?
(3) Coba renungkan, di waktu penderitaan, mengapa ada sebagian iman dan kasih orang malah menjadi kuat sedangkan sebagian ada yang gugur?
(4) Kepada orang percaya yang menderita karena perlakuan tidak adil, bagaimana prinsip keadilan Allah yang Paulus jelaskan di ayat 5-10 sangat penting?
(5) Apakah isi doa Paulus di ayat 11-12? Bagaimanakah doa ini menguatkan anda ketika anda sedang
mengalami segala sesuatu sangat tidak adil?

Selasa 17 September 2019
Nats: 2 Tesalonika 2:1-17 – Yang Terburuk masih Belum Datang
(1) Pasal ini berbicara mengenai tanda-tanda yang akan terjadi sebelum hari terakhir Yesus datang kembali.
(2) Paulus menyebut akan muncul “man of lawlessness” (si pendurhaka). Apa yang anda pelajari
mengenai ciri dan perbuatan dari si pendurhaka ini (ay. 3-4, 7-10)?
(3) Apa kontras yang anda lihat dari orang-orang yang akan dimurkai Tuhan (ay. 10-12) dengan orang-orang yang dipilihNya mendapat keselamatan (ay. 13-17)?
(4) Bagi orang percaya yang hidup dalam dunia ini, sifat kebencian dari prilaku si pendurhaka merupakan ujian besar dan mengerikan. Bagaimanakah anda mempersiapkan diri bisa teguh menghadapi serangan demi serangan ini?
(5) Berdoalah terus bagi anak-anak Tuhan yang sudah menghadapi aniaya besar atas iman mereka
kepada Yesus.

Rabu 18 September 2019
Nats: 2 Tesalonika 3:1-19 – Jangan Jadi Orang Kristen yang Malas
(1) Sebagian jemaat Tesalonika kena pengaruh ajaran bahwa kedatangan Yesus sudah sangat dekat, maka mereka jadi malas dan mengabaikan tanggung jawab untuk bekerja sehari-hari.
(2) Bagaimana Paulus menjadikan dirinya sebagai contoh untuk bersikap benar mengenai pekerjaan sehari-hari (ay. 7-9)?
(3) Banyak orang Kristen dewasa ini juga mudah dibingungkan dengan ajaran akhir zaman. Prinsip-prinsip apa yang diberikan melalui surat ini untuk bisa mengenali ajaran tentang akhir zaman yang menyimpang?
(4) Sebagian jemaat Tesalonika tidak bekerja, memakai bahasa rohani untuk jadi benalu dalam hidup orang lain. Apa tuntutan Paulus agar jemaat Tesalonika mengambil tindakan kepada kelompok orang ini (ay. 12-15)?
(5) Sebuah contoh baik apakah yang dapat anda tunjukkan kepada orang-orang lain tentang sikap anda mengenai pekerjaan? Berdoalah bagi pekerjaanmu sebagai instrument berkatmu.

Kamis 19 September 2019
Nats: 1 Tesalonika 4:13 – 5:11 – Hope of Christ’s Return
(1) Terjadi krisis dan kebingungan di tengah jemaat Tesalonika ketika seorang jemaat meninggal, karena mereka terima ajaran bahwa Yesus sebentar lagi segera datang, mereka kecewa karena berarti orang yang meninggal ini tidak bisa melihat kedatangan Yesus.
(2) Paulus menulis mengenai pengertian yang benar tentang pengharapan akan kedatangan Yesus agar menenangkan mereka bahwa kita semua pasti akan bertemu dengan Yesus, Juru Selamat kita.
(3) Orang percaya boleh berduka, tetapi dalam hal apa dukacita anak Tuhan berbeda dengan orang yang tidak percaya (ay. 13)?
(4) Apakah artinya bahwa hari kedatangan Tuhan “seperti seorang pencuri di tengah malam”? (5:1)
(5) Apakah bahaya dari hidup berdekatan dengan kegelapan (ay. 5-7)?
(6) Adakah anda siap bertemu Tuhan di setiap waktu? Mengapa anda masih takut mengenai kematian?

Jumat 20 September 2019
Nats: 1 Korintus 15:50-58 – Kemuliaan Tubuh Kebangkitan
(1) “Pada waktu kebangkitan, orang tidak kawin dan tidak dikawinkan, melainkan hidup seperti malaikat di surga” demikian jawaban Yesus mengenai hidup dalam tubuh kemuliaan nantinya (Mat. 22:30).
(2) Demikian juga ucapan Paulus di ayat 50 “darah dan daging tidak berbagian dalam kerajaan Allah.” Maksudnya adalah sifat kedagingan dan cara hidup sekarang ini tidak akan berlanjut dalam hidup kemuliaan di surga.
(3) Bagaimanakah bagian perikop ini Paulus membukakan rahasia mengenai sifat dari tubuh kemuliaan atau tubuh kebangkitan orang percaya nantinya?
(4) Satu-satunya jalan kemenangan atas sengat kematian dan kuasa dosa adalah Tuhan Yesus Kristus (ay. 57). Bagaimanakah responmu atas deklarasi ini?
(5) Apa spesifik menurutmu pengertian “work of the Lord” (ay. 58)? Dalam hal apakah, pekerjaan dan pelayananmu menjadi “pekerjaan bagi Tuhan yang pasti tidak akan sia-sia”?
(6) Adakah anda selalu berpikir bagaimana menabung harta kekekalan yang tidak akan binasa?

Sabtu 21 September 2019
Nats: Matius 6:19-24 – Lay Up Treasures in Heaven
(1) Yesus bukan berbicara mengenai orang-orang yang hanya peduli mengumpulkan harta duniawi. Tetapi Yesus menegur mereka yang melakukan kegiatan agamawi seperti berdoa, memberi sedekah, dan berpuasa tetapi untuk dipertontonkan dan mencari hormat untuk dihargai sekarang.
(2) Kita juga bisa terjatuh kepada keinginan mengumpulkan harta di bumi jika kita memakai pelayanan rohani seperti memberi sedekah hanya mengejar hormat dan kehebatan dipuji sekarang.
(3) Mengapa begitu sulit bagi banyak orang Kristen untuk sungguh melayani dengan tidak memikirkan untuk menerima balasan dan pujian dan hormat?
(4) Apa yang kita perlu adalah membersihkan mata rohani kita untuk kita bisa melihat bahwa Tuhan
tidak pernah melupakan semua yang dilupakan oleh manusia di dunia ini.
(5) Bagaimana firman Yesus ini mendorong anda untuk tidak menggenggam erat harta mammon? Bagaimanakah anda memiliki sikap hati yang rutin dan terbiasa menyimpan harta surgawi?