Renungan Minggu Ini

YESUS DAN MURID-MURID [5]
PERJALANAN MENUJU YERUSALEM
Lukas 18-20

Senin 09 September 2019
Nats: Lukas 18: 31 – 43 – Tangung Jawab dan Kewajiban menjadi Murid
(1) Bandingkan sebutan apa yang diberikan orang-orang kepada Yesus, lihat Lukas 17:13; 18:18, 37 dengan panggilan orang buta ini kepada Yesus [18: 38] dan sebutan Yesus atas diri-Nya, [18: 31]. Sebutan Anak Manusia diambil Yesus dari apa yang dikatakan Daniel 7:13,14.
(2) Ayat 34, mengapa murid-murid tidak memahami perkataan Yesus ini?
(3) Kebutaan rohani murid-murid ditegur oleh pengenalan orang buta jasmani akan siapakah Yesus. Apa yang anda pelajari dari iman orang buta ini? Apa ciri-ciri iman yang hidup itu?

Selasa 10 September 2019
Nats: Lukas 19: 1 – 10 – Zakheus: Orang Kecil yang Beriman Besar
(1) Zakheus adalah manusia yang terhilang dalam kekayaan dan korupsi. Menjadi kepala pemungut cukai bagi kota besar Yerikho berarti kekayaan Zakheus besar sekali.
(2) Ini momen keselamatan yang luar biasa, sebab Yesus hanya berjalan terus melewati kota Yerikho. Mengapa Zakheus sangat ingin melihat siapakah Yesus?
(3) Apa yang anda pelajari dari inisatif Zakheus memanjat pohon?
(4) Apa yang anda pelajari dari respon Zakheus, respon orang banyak, dan respon Tuhan Yesus?

Rabu 11 September 2019
Nats: Lukas 19: 11 – 27 – Perumpamaan tentang Investasi
(1) Kedatangan Yesus sebagai Raja melalui salib, kebangkitan, kenaikan, dan kedatangan kembali-Nya yang final. Perumpamaan ini mempersiapkan kita bagaimana hidup menanti kedatangan-Nya sebagai Raja.
(2) Setiap murid Yesus adalah penatalayan. Apa artinya? Dapatkan prinsip-prinsipnya dalam perumpamaan ini.
(3) Apa aplikasi konkrit dan komitmen anda menginvestasi semua yang anda miliki bagi Kerajaan-Nya? Sebab kita harus mempertanggung-jawabkannya kelak.

Kamis 12 September 2019
Nats: Lukas 19: 28 – 44 – Kedatangan Raja yang Berbeda dengan Yang Lain
(1) Yesus sendiri mempersiapkan dengan baik agar orang-orang mengerti Raja seperti apa yang
akan datang, lihatlah Zakharia 9:9. Dengan demikian Yesus mengaku siapa diri-Nya?
(2) Yesus sengaja menunggangi keledai. Ia ingin mengatakan apa karakter dan peran-Nya?
(3) Mengapa Yesus menangis? Yesus adalah Raja yang memerintah dengan air mata dan bukan tangan besi. Bagaimana anda mengenal Yesus lebih dekat dan menyerupai Dia melalui peristiwa ini?

Jumat 13 September 2019
Nats: Lukas 19: 45 – 20:19 – Yesus adalah Raja yang Berhak atas Milik Kepunyaan-Nya `
(1) Yesus membersihkan rumah-Nya dari “religious scam.” Kita harus selalu mawas diri dengan bahasa-bahasa dan praktik-praktik religious yang bertujuan memalsu, menipu, dan menyesatkan orang.
(2) Jelas ada konflik dari pemimpin agama atas tindakan Yesus ini. Yesus tidak duduk dari struktur, bukan anggota mahkamah agama dan imam. Yesus tidak punya otoritas. Itu sebab mereka tanya, “Atas otoritas apa.” Kenapa Yesus pakai Yohanes Pembaptis sebagai argumentasi?
(3) Yesus datang dengan kuasa rohani sebagai pemilik sejati, sekaligus menghukum pemimpin agama yang hanya karena jabatan merasa berhak sebagai pemilik.

Sabtu 14 September 2019
Nats: Lukas 20: 20 – 26 – Antara Tuhan dan Kaisar
(1) Orang Farisi benci dan anti Romawi sedangkan Herodian adalah penjilat Romawi. Mengapa bisa mereka bersatu?
(2) Bagaimana peristiwa ini memberikan bijaksana bagi anda untuk memahami apa itu gossip, dan bagaimana cara kerja usaha menjebak, dan bagaimana menghadapinya?
(3) Kita yang ditebus Kristus adalah gambar Allah, biarlah kita senantiasa menyerupai Kristus. Karena kita milik-Nya, dan hidup kita sepenuhnya bagi kemuliaan-Nya. Amin.