Renungan Minggu Ini

YESUS DAN MURID-MURIDNYA (2)

Senin 19 August 2019
Nats: Matius 17:1 – 23 – Lebih Dalam Mengenal Yesus
(1) Mengapa Yesus melakukan transfigurasi ini dan siapakah Dia yang anda kenal melalui peristiwa ini?
(2) Bagaimana anda melihat maksud dari transfigurasi ini dengan kegagalan pelayanan dan kecilnya iman murid-murid?
(3) Dan apa jadinya kepada iman murid-murid, jika nantinya bukan kemuliaan transfigurasi Yesus melainkan kehinaan salib? Bagaimana anda melihat cara Yesus mempersiapkan murid-murid menuju kepada salib-Nya?

Selasa 20 August 2019
Nats: Matius 18:1 – 5; Lukas 9: 46 – 62 – Who is the Greatest?
(1) Lukas mencatat motif hati murid-murid berdebat soal “who is the greatest.” Refleksi kepada diri anda sendiri, apakah anda menilai diri demikian? Bagaimana anda menilai “besar” dan “sukses” dalam hidup dan pelayanan seseorang?
(2) Bagaimana perikop bacaan hari ini memberi pengertian kepada anda tentang siapa pengikut Yesus, walau dia bukan dalam “grup” mu?
(3) Jika anda adalah pengikut Yesus, apa sih arti sesungguhnya mengikuti Yesus? Adakah kesetiaanmu 100 persen? Apa buktinya?

Rabu 21 August 2019
Nats: Yohanes 12:1 – 26 – Hai Murid Yesus, Apa Betul Engkau Mengasihi-Nya?
(1) Ada orang suka mengatur persembahan orang seolah-olah terihat sungguh melayani, padahal diri sendiri tidak memberi persembahan.
(2) Apa yang Maria miliki? Apa yang anda punya? Dan bagaimana anda pakai dan persembahkan itu sebagai bukti kasihmu yang sejati kepada Yesus?
(3) Bagaimana reaksi insider “orang suci” seperti imam dan Farisi kepada Yesus, dan bagaimana sikap outsider “kafir” mencari Yesus? Bagaimana ayat 25 dan 26 mempertajam apa artinya anda mengaku sebagai murid Yesus?

Kamis 22 August 2019
Nats: Yohanes 13:1 – 30 – Kesombongan Murid-Murid
(1) Budaya waktu itu, mencuci kaki adalah pekerjaan budak. Bayangkan hari ini, pekerjaan atau hal apa yang tidak akan anda lakukan, dan melakukan itu akan menurunkan harga diri anda? Itulah yang dilakukan Yesus!
(2) Mengapa murid-murid tidak mau lakukan? Pelayanan apakah yang selama ini anda tidak pernah lihat dan anda pandang sebelah mata? (3) Yesus ajarkan prinsip pelayanan dengan cara melakukan dan memberi contoh. Maukah anda memiliki prinsip ini?

Jumat 23 August 2019
Nats: Yohanes 18:1 – 32 – Murid-murid Kocar-Kacir
(1) Mudah sekali berbicara dan berjanji, tetapi ketika menghadapi realita tekanan kuasa, senjata, dan ancaman nyawa, semua murid Yesus melarikan diri.
(2) Murid-murid hanya lihat dari jarak yang aman. We love play safe in our comfort zone.
(3) Jesus alone; Peter alone also. Tetapi apa bedanya? Kadang kita hanya menghadapi persoalan hidup sendirian. Kekuatan rohani apa yang anda dapatkan di sini?

Sabtu 24 August 2019
Nats: Yohanes 19:38 – 42 – Munculnya Murid-murid yang Tak Terduga
(1) Ada 2 murid, seorang kaya dan seorang pemimpin agama dikenal luas, menjadi murid tersembunyi. Mengapa? Dan saat ini, tidak bisa lagi “rahasia” dan memutuskan membuka diri.
(2) Apa yang mereka pertaruhkan dan akan korbankan karena sekarang terbuka mengaku Yesus? Luar biasa, sebab Yesus sudah meninggal, untuk apa berani terbuka?
(3) Apa yang anda pelajari dari satu proses transformasi beriman dari Nikodemus, bacalah dari Yohanes 3, 7: 45-52, dan Yohanes 19:39 ini?