Renungan Minggu Ini

SERI KISAH PARA RASUL [2]
HIDUP YANG DIUBAH TUHAN AKAN MENGUBAH DUNIA
KISAH RASUL 3 – 6

Senin 20 May 2019
Nats: Kisah Rasul 3:11 – 26 Bersaksilah Ketika Ada Kesempatan
(1) Orang-orang kagum dan mengikuti Petrus karena melihat mujizat kesembuhan orang lumpuh yang dilakukannya. Tetapi bagaimana Petrus bersikap? (lihat ayat 12)
(2) Petrus memakai kesempatan peristiwa ini untuk memberitakan nama Yesus. Buatlah ringkasan bagaimana Petrus menginjili orang-orang Yahudi ini?
(3) Bagaimana Petrus menjelaskan bahwa semua yang terjadi atas diri Yesus adalah rencana Allah, tetapi manusia bertanggung jawab atas tindakan mereka juga?
(4) Bagaimana anda bersikap jika seseorang bangga dan merasa memiliki kuasa pada dirinya di dalam pelayanan kesembuhan?
(5) Berdoalah agar anda selalu peka akan kesempatan yang dibukakan untuk menyaksikan Injil Yesus kepada orang lain dan keberanian untuk bersaksi.

Selasa 21 May 2019
Nats: Kisah Rasul 4:1 – 22 Ketika Kebaikan Dipenjarakan
(1) Ketika penderitaan diangkat dan kesulitan hidup ditolong, hidup seseorang disembuhkan dan beban masyarakat diringankan, dengan adanya orang lumpuh disembuhkan, maka seharusnya kita semua mengucap syukur. Tetapi apa tindakan yang dilakukan oleh pemimpin agama kepada Petrus dan Yohanes?
(2) Bagaimana peristiwa ini mengajarkan anda bahwa bisa saja setiap tindakan mulia dan baik yang anda lakukan justru respon jahat dan negatif yang anda terima?
(3) Bagaimana 2 kebenaran iman Kristen ini yaitu ayat 12 dan ayat 19 dapat anda renungkan dan resapi?
(4) Jika satu hari kelak kita harus berdiri di hadapan Allah, maka siapa yang harus kita takut? Dan mengapakah kita perlu takut lagi kepada segala ancaman dan penderitaan yang akan diberikan oleh dunia ini?

Rabu 22 May 2019
Nats: Kisah Rasul 4:23 – 37 Berdoa Agar Berani Menghadapi Kesulitan
(1) Bagaimana orang-orang percaya meresponi peristiwa yang dialami oleh Petrus dan Yohanes?
(2) Bagaimana isi doa mereka? Apa yang anda pelajari dari isi doa di ayat 29 ini?
(3) Mengapa ada orang Kristen yang justru tidak melihat doa sebagai sumber kekuatan yang besar ketika mereka mengalami tekanan berat dan keputus-asaan?
(4) Dalam situasi ancaman dan aniaya ini, apa yang dilakukan murid-murid Tuhan? Dimanakah letak kekuatan rohani yang menopang mereka?

Kamis 23 May 2019
Nats: Kisah Rasul 5:1 – 16 Tuhan Harus Dimuliakan, Bukan Manusia
(1) Pertobatan terjadi dan mujizat terjadi di tengah gereja Tuhan maka hanya Allah yang patut menerima segala hormat dan kemuliaan. Kita hanya meresponi setiap kuasa dan anugerah Tuhan ini
dengan pujian, ibadah, persembahan, dan pengorbanan kepada-Nya. Kita tidak boleh merebut
kemuliaan Kristus.
(2) Dosa apakah yang dilakukan oleh Ananias dan Safira? Mengapa penghukuman Tuhan yang besar ini terjadi?
(3) Apa yang kemudian terjadi ketika komunitas gereja dipenuhi dengan sikap “penuh ketakutan” kepada Tuhan (ayat 11-16)?
(4) Gereja adalah komunitas yang memang perlu diatur sehingga ada organisasi, tetapi gereja bukan organisasi sosial, melainkan komunitas orang yang ditebus oleh Kristus. Bagaimana kisah ini dapat memberikan pengertian yang benar tentang komunitas orang percaya?

Jumat 24 May 2019
Nats: Kisah Rasul 5:17 – 42 Injil Tersebar Karena Penganiayaan
(1) Kita tahu bahwa Tuhan itu mengontrol segala peristiwa yang terjadi, walau banyak hal yang terjadi dalam hidup kita mungkin masih rahasia dan kita tidak mengerti, kita perlu taat dan percaya akan kebaikan Tuhan berkarya di dalamnya.
(2) Keindahan komunitas orang percaya dan pekerjaan kuasa Tuhan yang bekerja di dalamnya sekarang menghadapi pengerusakan dari luar.
(3) Apa sebab pemimpin agama Yahudi mendatangkan kesulitan dan aniaya kepada orang-orang percaya?
(4) Apa respon para rasul, dari mana sumber kekuatan dan motivasi mereka?
(5) Adakah anda juga mengalami tantangan sebagai orang percaya? Bagaimana sikap gereja mula-mula ini memberikan penghiburan dan kekuatan ketika anda juga karena Injil dan berbuat baik, justru oposisi datang kepadamu?

Sabtu 25 May 2019
Nats: Kisah Rasul 6:1 – 15 Hadapi Persoalan dengan Kedewasaan Iman
(1) Apa persoalan internal yang dihadapi oleh komunitas orang percaya di sini? Mengapa banyak orang Kristen sering tidak puas dan merasakan diabaikan dalam gereja dan komunitas Kristen?
(2) Perhatikanlah kualitas dan karakter yang harus dimiliki bagi setiap mereka yang terpanggil untuk
melayani orang-orang.
(3) Manakah yang lebih berat dihadapi: persoalan internal dalam pelayanan yang tidak pernah habis dan ketidak-puasan ataukah oposisi dan kesulitan yang ditimbulkan dari orang luar? Mengapa?
(4) Stefanus bukanlah dari 12 murid Yesus, tetapi dari generasi selanjutnya. Apa yang dapat kita pelajari dari pelayanan anak muda ini?