Renungan Minggu Ini

SURAT 1 KORINTUS
PERSOALAN HIDUP DAN JAWABAN FIRMAN TUHAN

Senin 04 Maret 2019
Nats: 1 Korintus 3:1-23 – Persoalan Ketidak-dewasaan Rohani
(1) Ayat 1-4 adalah teguran Paulus kepada orang Kristen di Korintus karena ketidak-dewasaan rohani
mereka. Rasul Paulus membuka kondisi ketidak-dewasaan rohani mereka. Apa saja ciri dan kondisi
ketidak-dewasaan ini?
(2) Debat perpecahan terjadi karena orang Kristen mengidolakan siapa pengkhotbahnya, lihat ayat 4-9.
(3) Bagaimana anda melihat hidup rohanimu: adakah saya seorang bayi rohani? Bagaimana sikap anda setiap kali menerima teguran firman Tuhan?
(4) Ayat 5-9, Paulus memberikan prinsip-prinsip mengerti pelayan dan pelayanan dengan benar. Catatlah prinsip-prinsip ini.
(5) Ayat 10-11, Paulus sebutkan prinsip pelayanan adalah menaruh fondasi keselamatan yakni nama
Yesus Kristus yang ditinggikan. Sebab Dialah yang menyelamatkan.
(6) Ayat 12-23, Paulus mengingatkan agar orang Kristen bertumbuh dewasa dengan berhati-hati tentang pengajaran dan kelakuan hidup.
(7) Bagaimana teguran dan nasehat bagian firman ini menolong anda menjadi orang Kristen yang dewasa iman dan penuh bijaksana rohani?
(8) Bagaimana prinsip: kita adalah bait Tuhan dan kita adalah milik Kristus, menolong anda untuk memahami siapa anda di mata Tuhan?

Selasa 05 Maret 2019
Nats: 1 Korintus 4:1-21 – Persoalan Rumor Negatif tentang Paulus
(1) Ayat 1-7, Paulus sedang bicara tentang penghakiman dengan spirit of judgmental yang diterimanya, dan juga kepada Apolos.
(2) Apa motivasi dari seseorang sampai mengeluarkan penghakiman yang kasar? (lihat ayat 6-21).
(3) Dari pasal ini, temukanlah prinsip-prinsip yang Paulus perlihatkan sebagai ciri yang terlihat dari seorang pelayan yang sejati.
(4) Ayat 7, jika segala sesuatu adalah sebuah kasih karunia Allah, itu berarti tidak ada ruang bagi sifat congkak. Yang ada adalah rasa syukur merasa tidak layak.
(5) Kepada jemaat Korintus yang telah mengeluarkan kata-kata kasar dan menyerang pelayanan
Paulus, bagaimanakah Paulus menggambarkan hubungan dirinya dengan jemaat Korintus?
(6) Ayat 11-13, bagaimana perlakuan yang diterima Paulus dalam pelayanan?
(7) Ketika anda diperlakukan seperti sebuah tong sampah (ayat 13) yang menerima semua yang busuk dan jelek dituangkan ke hidupmu, bagaimana bacaan hari ini menguatkan dan menghibur anda?

Rabu 06 Maret 2019
Nats: 1 Korintus 5:1-13 – Persoalan Dosa Seksual yang Memalukan
(1) Rasul Paulus sungguh tidak bisa percaya bagaimana jemaat Korintus membiarkan dosa seksual yang dipertontonkan dengan terang-terangan.
(2) Dosa seksual apakah yang dilakukan? Dan bagaimana tindakan yang Paulus minta jemaat lakukan terhadap dosa seperti ini?
(3) LAyat 6-8, bagaimanakah anda melihat peringatan Paulus bahwa dosa itu seperti ragi? Bagaimanakah anda berjaga-jaga menghadapi setiap godaan dosa bahkan yang terlihat kecil sekalipun?
(4) Sebagai orang Kristen kita hidup di tengah komunitas orang tidak percaya yang berdosa dan kita bergaul agar dapat memenangkan mereka dari hidup keberdosaan.
(5) Mengapa Paulus meminta jemaat untuk tidak bersekutu dengan mereka yang mengaku Kristen tetapi hidup dalam dosa seksual?
(6) Mengapa tidak mudah menegur dosa jemaat yang kelihatan sangat jelas? Mengapa disiplin gereja menjadi kurang dilakukan?

Kamis 07 Maret 2019
Nats: 1 Korintus 7:1-40 – Persoalan Pernikahan dan Perceraian
(1) Ayat 1 bicara soal pernyataan sebagian orang dalam jemaat bahwa tidak boleh berhubungan seks
karena seks itu tidak suci. Paulus menjelaskan bahwa seks itu suci di dalam relasi sah suami-istri.
(2) Bacalah seluruh ayat, temukanlah prinsip firman Tuhan mengenai apa arti dan tanggung jawab dari hidup menikah. Bagaimana hidup hubungan seks di dalam pernikahan?
(3) Firman Tuhan memandang bahwa membujang adalah hal yang baik dan diperkenan Tuhan.
(4) Mengapa membujang itu baik? Bagaimana seseorang mempertimbangkan keputusan untuk membujang dari pasal ini?
(5) Ayat 15, Paulus bicara soal perceraian disetujui karena satu pihak merusak perjanjian nikah dengan “pergi” (melarikan diri dari tanggung jawab). Seperti apa saja yang bisa kita sebut sebagai sikap disersi (leaving) itu? Disersi fisik? Tindakan disersi yang merusak secara spiritual dan jiwa? Membahayakan secara fisik dan spiritual kah?

Jumat 08 Maret 2019
Nats: 1 Korintus 8:1-13 – Persoalan Makanan yang telah Dipersembahkan ke Berhala
(1) Orang Kristen di Korintus hidup dengan budaya Romawi-Yunani waktu itu dengan segala kebiasaan pergi ke kuil dan banyak dewa yang disembah. Dewa yang disembah diberi persembahan daging binatang, dan sisa daging dari penyembelihan binatang ini dijual di pasar. Tidak ada daging yang dijual tanpa melewati proses normal budaya seperti ini.
(2) Persoalan jemaat Korintus adalah sebagian berpikir bahwa mereka tahu Tuhan lebih besar dan berkuasa dari berhala. Dan sebagian jemaat merasa takut bahwa kalau mereka makan berarti mereka menyembah berhala.
(3) Bagaimana Paulus memberikan nasehat kepada kedua kelompok dalam jemaat Korintus?
(4) Bagaimana nasehat Paulus ini juga menolong anda dalam mengambil pertimbangan bijaksana dalam hidup sehari-hari anda?
(5) Urutlah dengan baik tentang prinsip-prinsip apa yang anda harus pegang sebelum anda mengambil sebuah keputusan atau memilih sesuatu?

Sabtu 09 Maret 2019
Nats: Mazmur 3 – Doa bagi Persoalan Hidup yang Sedang Dihadapi Sekarang
(1) Dalam pelarian dari kejaran Absalom, anaknya, tidak ada lagi yang bisa dilakukan oleh Daud, kecuali berdoa. Doa adalah sebuah sikap persandaran yang sadar penuh bahwa kita tidak berdaya menolong diri sendiri dan kita harus mencari wajah Tuhan.
(2) Kata kunci dari Mazmur 3 ini adalah kelepasan (deliverance). Bagaimana Daud berbicara cara Tuhan memberi kelepasan itu?
(3) Kesulitan terbesar yang saat ini anda sedang hadapi? Adakah anda pernah alami serangan bertubi-tubi dari musuh seperti yang Daud lukiskan di ayat 1-3 ini?
(4) Ketika dalam kesulitan besar dan anda tidak punya jalan keluar,
apakah anda mencari pertolongan di dalam doa? Adakah berdoa akan menolong anda?
(5) Bagaimanakah doa Mazmur 3 ini sungguh menolong dan menguatkan hatimu?