Renungan Minggu Ini

KITAB WAHYU: Surga dan Bumi yang Baru

Senin 18 Pebruari 2019
Nats: Wahyu 20:1-15 – Peperangan Terakhir Melawan Iblis
(1) Wahyu 20 ini bicara soal perlawanan terakhir si Setan. Pemberontakannya membuat dia dilemparkan ke bumi (lihat pasal 12:9). Ada masa si Setan diikat sesaat, itulah momen pelayanan Yesus dan Injil-Nya mengalahkan dan merebut manusia berdosa untuk diselamatkan (lihat juga 2 Tesalonika 2:7).
(2) Bagaimanakah ayat 4 melukiskan tentang mereka yang mati di dalam Tuhan?
(3) Ayat 5-6, puji Tuhan bagi mereka yang telah mengalami kebangkitan pertama tidak akan mengalami kematian kedua. Kita tafsirkan kebangkitan pertama adalah bangkit rohani dari kematian dosa waktu percaya Yesus, dan kebangkitan kedua adalah kebangkitan tubuh kemuliaan waktu Yesus datang kembali.
(4) Kematian pertama adalah kematian fisik. Dan kematian kedua adalah penghakiman dalam murka Tuhan selama-lamanya. Ayat 6 memberikan kunci bagaimana terluput dari kematian kedua ini?
(5) Iblis akan terus melawan Tuhan dan ayat 7-10 bicara soal peperangan habis-habisan si Setan kepada Tuhan dan orang-orang percaya. Apa konsekuensi memberontak kepada Tuhan?
(6) Bagaimanakah ayat 11-15 melukiskan pengadilan terakhir Allah?
(7) Bagaimanakah bacaan hari ini menolong anda memiliki perspektif yang benar tentang arti kematian?
(8) Bagaimanakah janji Tuhan membalas bagi semua mereka yang setia mempengaruhi cara hidup anda sekarang?

Selasa 19 Pebruari 2019
Nats: Wahyu 21:1-27 – Penglihatan tentang Surga dan Bumi yang Baru
(1) Surga dan bumi menjadi harmonis dan satu, tidak ada lagi keterpisahan antara Tuhan dengan umat manusia tebusan-Nya.
(2) Apa dan siapa yang tidak akan ada lagi dalam kehidupan Surga dan Bumi yang baru?
(3) Ayat 6-7, siapakah yang menggenapkannya? Dan siapakah yang tinggal di dalamnya?
(4) Siapakah 12 suku Israel yang diwakilkan di sini? Siapakah 12 rasul yang diwakilkan di sini?
(5) Apa yang anda pikirkan ketika membayangkan setiap detil lukisan rasul Yohanes tentang kemuliaan kota kudus ini?
(6) Ayat 22 “tidak ada lagi bait Allah”, seolah bertentangan dengan visi turunnya Yerusalam Baru dengan bait Allah di dalamnya. Yerusalem Baru dan Bait Allah Baru sebagai gambaran umat Tuhan yang ditebus. Sedangkan pengertian Bait Allah sebagai tempat ibadah untuk melakukan korban penebusan dosa, ini tidak ada lagi, sebab Kristus telah menjadi Imam dan Korban Penebusan sekaligus dan yang sempurna.
(7) Adakah anda sangat rindu akan kedatangan Yesus? Mengapa? Ambil waktu berdoa dan katakan, “Ya, datanglah Tuhan!”

Rabu 20 Pebruari 2019
Nats: Wahyu 22:1-21 – “Look, I am Coming Soon!”
(1) Dalam Surga dan Bumi Baru ada pohon kehidupan. Bandingkan dengan Kejadian 1-3, dalam taman Eden juga ada pohon kehidupan.
(2) Menurutmu, mengapa sesudah kejatuhan dalam dosa, Tuhan mencegah Adam dan Hawa untuk memakan buah dari pohon kehidupan?
(3) Dalam Surga dan Bumi Baru, manusia bebas makan buah pohon kehidupan. Apa arti dari gambaran ini?
(4) Ayat 9, malaikat dengan segala kemuliaan dan kekudusannya tetap bukanlah pribadi yang berhak disembah. Hanya Tuhan yang berhak disembah. Tidak ada penyembahan kepada malaikat atau orang kudus yang boleh dilakukan oleh orang Kristen.
(5) Setelah rasul Yohanes diperlihatkan akan Surga dan Bumi Baru ini, maka apa panggilan Tuhan kepada kita sekarang yang saat ini menanti Yesus?
(6) Lihatlah 21:6-7; 22:12-14, apakah satu-satunya syarat untuk masuk ke dalam Kota Allah ini?

Kamis 21 Pebruari 2019
Nats: 1 Korintus 15:1- 20 – Kebangkitan Yesus adalah Fakta Kekalahan Kematian
(1) Tidak ada orang yang sudah meninggal puluhan tahun lalu, bisa bangkit lagi. Wajar orang-orang meragukan fakta kebangkitan bisa terjadi. Akhirnya beberapa orang percaya di Korintus yang menerima pengajaran tentang kebangkitan Yesus, juga mulai ragu dan bimbang.
(2) Jatuh bangunnya berita Injil tentang Yesus adalah benar dan bukan dusta adalah fakta kebangkitan Yesus. Apa bukti yang Paulus katakan bahwa Yesus bangkit?
(3) Apa argumentasi Paulus seandainya Yesus Kristus tidak bangkit?
(4) Kematian Yesus adalah kematian untuk menebus dosa manusia dan akibat dosa adalah maut. Jika Yesus tidak bangkit berarti kematian Yesus tidak menebus dosa manusia dan tidak ada kemenangan, sebab Yesus juga dikalahkan oleh kematian.
(5) Pikirkanlah argumentasi yang simple jika orang bertanya kepada anda bahwa apa bukti Yesus sudah bangkit?

Jumat 22 Pebruari 2019
Nats: 1 Korintus 15:35-58 – Tubuh Kebangkitan yang Mulia
(1) Bagian perikop ini adalah jawaban Paulus kepada pertanyaan soal bagaimana caranya orang mati bangkit? Bagaimana hakikat dan bentuk tubuh kebangkitan itu? (ayat 35).
(2) Rasul memakai 2 ilustrasi untuk menjelaskan perbedaan hakikat tubuh sekarang dan tubuh kemuliaan nantinya. Bagaimana ilustrasi ini menolong anda mengerti hakikat tubuh kebangkitan itu nantinya?
(3) Apa kesamaan tubuh sekarang dengan tubuh kebangkitan? Apa perbedaan besar antara tubuh sekarang dengan tubuh kemuliaan nantinya?
(4) Pada waktu Yesus datang kembali, hal-hal apa saja yang akan terjadi?
(5) Bagaimanakah hari Tuhan ini sungguh menghibur anda saat ini?
(6) Bagaimana anda menerapkan panggilan ayat 58 untuk hidup anda yang sementara di dunia ini sampai kematian tiba?

Sabtu 23 Pebruari 2019
Nats: Mazmur 1 – Doa bagi Hidup Doa yang Asal-asalan
(1) Mazmur 1 adalah mazmur yang membimbing kita untuk memiliki sebuah hidup doa yang betul-betul dijalankan dengan indah. Suara hiruk-pikuk dunia sekitar yang grasak-grusuk sering membuat hati kita tidak tenang dan kita tidak mampu konsentrasi dengan teduh berdoa.
(2) Ayat 1, menyebut sikap berjalan, lalu berdiri, dan akhirnya duduk. Apa bahayanya jika anda mulai bergerak dari jalan, berdiri, lalu duduk mendengarkan ocehan jahat dan hoax?
(3) Namun sebaliknya pergerakan apa yang anda lihat bagi mereka yang bersentuhan dengan suara firman Tuhan? Apa hasilnya?
(4) Berdoalah agar anda memakai waktu dengan bijak dan tekun merenungkan dan mengunyah firman dalam saat teduh anda. Apakah anda tergopoh-gopoh dalam hidup sehingga akar firman tidak tertancap dalam ke hatimu?