Renungan Minggu Ini

KITAB WAHYU: Sabar Menanti Allah dengan Saleh dan Suci

Senin 04 February 2019
Nats: Wahyu 1 – Dikejutkan oleh Kedahsyatan Yesus
(1) “Kasih karunia dan damai sejahtera” adalah salam orang percaya di dalam Perjanjian Baru. Mengerti dan menerima kasih karunia Yesus mendatangkan hidup kedamaian dan perdamaian yang sejati.
(2) Ayat 5-6 adalah alasan mengapa Yesus patut dipuji dan dimuliakan? Apa alasan anda bersyukur dan memuji Tuhan hari ini?
(3) Membaca kitab Wahyu maka kita diingatkan dan dihibur bahwa hari Tuhan Yesus datang semakin dekat. Bagaimana rasul Yohanes melukiskan pengalaman bertemu muka dengan muka dengan Yesus?
(4) Bagaimana visi Yohanes melihat Yesus memperkaya penglihatan anda akan siapakah Yesus bagimu?
(5) Ambil waktu untuk memuji Yesus karena siapa Dia dan apa yang anda pelajari tentang Yesus di pasal ini!

Selasa 05 February 2019
Nats: Wahyu 2: 1-7 – Gereja Efesus: Umat yang Setia tetapi Kaku dan Dingin
(1) Gambaran apa saja yang dilukiskan Yohanes di pasal 1dan 2 ini tentang gereja? Dengan gambaran ini apa yang ingin firman Tuhan katakan tentang sifat dan fungsi gereja?
(2) Ada 2 ciri positif dari gereja Efesus, apa saja ciri positif ini?
(3) Bersikap pasif: mengenali ajaran salah sehingga mencegah orang jahat masuk ke dalam gereja, membuat gereja Efesus tidak menarik orang kepada Yesus.
(4) Bersikap tabah: sabar menanggung penderitaan karena iman kepada Yesus tetapi kesabaran ini tidak mendatangkan sukacita yang dinamis membuat orang tertarik kepada iman kepada Yesus.
(5) Apa dan mengapa “kamu meninggalkan kasih yang pertama” begitu tragis bagi gereja Efesus? Mengapa mereka harus bertobat?
(6) Apa bahaya dari kebanggaan super rohani dan teologia benar dalam relasi kita dengan Tuhan dan
kepada orang-orang yang belum kenal Yesus?
(7) Adakah anda kehilangan kasih mula-mula, kasih sebagai orang berdosa yang diterima Tuhan Yesus?

Rabu 06 February 2019
Nats: Wahyu 2: 8 -11 – Gereja Smirna: Umat yang Dimiskinkan Dunia, tapi Diperkaya Tuhan
(1) Orang-orang Yahudi di Smirna menolak menerima Yesus sebagai Mesias dan menyebutNya sebagai Tuhan. Mereka menghujat gereja Smirna telah menghina Tuhan sehingga gereja patut dihancurkan.
(2) Umat Smirna menghadapi tekanan karena iman kepada Yesus. Saat ini, iman Kristen menghadapi
penganiayaan dimana-mana. Bagaimana firman ini memberi kekuatan kepada anak-anak Tuhan yang
dianiaya?
(3) Mereka sangat miskin seperti pengemis dan gelandangan. Tetapi Tuhan menyebut mereka kaya. Kekayaan apakah yang Tuhan maksudkan di sini?
(4) Apa penghiburan dan panggilan Tuhan bagi umat-Nya yang terus-menerus mengalami tekanan dan aniaya ini?
(5) Apa artinya “kematian kedua”? Apa itu kematian pertama dan kedua? Bagaimana ayat ini sungguh menghibur anda (ayat 11)?

Kamis 07 February 2019
Nats: Wahyu 2: 12-17 – Gereja Pergamus: Tantangan Hidup di Tengah Dunia Berdosa
(1) Resiko apa saja yang dialami sebagian umat Pergamus ketika mereka menolak ambil bagian dalam ibadah di kuil-kuil? Ketika bisnis dan pekerjaan berkaitan erat dengan mistis, tahyul, dan penyembahan dewa tertentu, dan ketika orang percaya menolak berpartisipasi berarti mereka kehilangan pekerjaan dan kerugian finansial.
(2) Umat Pergamus menerima teguran Yesus. Ini adalah teguran hidup yang sinkritis dan kompromis, seperti Bileam. Apa yang dilakukan Bileam?
(3) Bagaimana bentuk modern dari hidup kompromi dan sinkritis yang dapat anda sejajarkan sekarang?
(4) Mengapa Tuhan Yesus janjikan “manna” kepada mereka yang setia? Mengapa faktor finansial dan makanan menjadi godaan terbesar bagi orang percaya untuk hidup kompromi?
(5) Bagaimana firman Tuhan hari ini mengajar anda untuk hidup setia dan percaya Tuhan cukupkan kebutuhan makan minum anda?

Jumat 08 February 2019
Nats: Wahyu 2:18-29 – Gereja Tiatira: Umat yang Terlalu Takut Menegur Kesalahan
(1) Ratu Izebel adalah karakter Perjanjian Lama yang melambangkan perzinahan rohani (1 Raja 16:31). Apa dosa Izebel yang ditoleransi oleh gereja Tiatira dan apa akibatnya bagi hidup gereja?
(2) Lihatlah keunggulan gereja Tiatira di ayat 19, apa yang anda dapatkan dari rahasia pelayanan gereja Tiatira yang makin lebih dan lebih lagi?
(3) Apa artinya “patient endurance” menurutmu? Apa saja ciri-ciri dari karakter ini?
(4) Ketika anda mengalami tekanan untuk kompromi demi kebaikan dan keuntungan bagi anda, tetapi melawan prinsip kasih dan kebenaran, bagaimana anda bersikap? Berdoalah agar anda memiliki spirit patient endurance ketika berada di bawah tekanan yang besar.

Sabtu 09 February 2019
Nats: Wahyu 3:1-6 – Gereja Sardis: Umat yang Hebat Tetapi Sekarat Rohani
(1) Kehidupan gereja Sardis aman secara materi dan bebas dari persekusi sebagai umat Tuhan. Sehingga reputasi gereja ini besar dan namanya hidup, tetapi kenyataannya mati.
(2) Reputasi saja hidup, tetapi kenyataannya mati rohani. Apa penyebab dari problem serius ini yang membuat gereja ini sekarat?
(3) Manusia hanya bisa lihat reputasi, kulit luarnya. Hanya Tuhan yang melihat sampai ke dalam. Teguran Tuhan di sini menolong anda melihat apa yang terpenting bagi kehidupan sebuah gereja? (4) Anda mungkin sedih dan kecewa dengan gereja anda yang kecil dan insignifikan. Atau anda mungkin kagum dengan reputasi gereja yang besar.
(5) “Hanya sedikit saja” umat Sardis yang menyatakan identitas sebagai umat yang suci dan setia. Bukan kuantitas tetapi kualitas hidup yang menjadi sebuah kekuatan yang kuat bersaksi kepada dunia. Berdoalah agar gereja menjadi satu kuasa rohani bagi dunia ini.