Renungan Minggu Ini

NEHEMIA: Bersandar kepada Tuhan, Bertekad Baja Melayani

Senin 28 January 2019
Nats: Nehemia 1 – 2 – Doa yang Diamini dan Dihidupi
(1) Apa yang anda pelajari tentang siapa Nehemia dan karakter serta hatinya di pasal 1 ini?
(2) Telitilah poin-poin apa saja dari isi doa Nehemia (1:5-11). Bagaimana isi doa Nehemia ini dapat memperkaya doa anda? Evaluasilah sikap dan isi doa kita, adakah kita kaya atau miskin di dalam berdoa?
(3) Tuhan tidak menjawab doa Nehemia dengan mimpi atau berbicara langsung. Bagaimana Tuhan menjawab doa Nehemia?
(4) Bacalah Nehemia 2:16-20. Prinsip-prinsip apa yang anda bisa dapatkan mengenai cara Tuhan menuntun doa anda dalam mengambil keputusan? Bagaimana sikap Nehemia ketika dia telah menyaksikan “tangan Tuhan yang murah hati” membuka kesempatan?

Selasa 29 January 2019
Nats: Nehemia 3 – 4 – Semua Maksud Mulia harus Berani Dilaksanakan
(1) Pasal 3 menyebutkan tim-tim kerja yang dedikasikan diri membangun tembok Yerusalem. Lihatlah beberapa detil yang dicatat di sini mengenai mereka yang berkorban dan mereka yang menolak terlibat (ay 5, 8, 12)
(2) Pembangunan ini tidaklah berjalan mudah. Mereka hadapi tantangan eksternal. Bagaimana cara kaum oposisi bekerja?
(3) Bagaimana Nehemia bersikap dan bertindak menghadapi oposisi ini?
(4) Jika anda melakukan sesuatu yang baik dan menghadapi kata yang sinis dan usaha oposisi untuk menggagalkannya, bagaimana bacaan Alkitab hari ini memberi anda kekuatan dan cara untuk
menghadapinya?
(5) Dari pasal 4: 15 – 23, hikmat apa yang anda pelajari dari cara Nehemia mengatur problem internal berupa limitasi-limitasi mereka?

Rabu 30 January 2019
Nats: Nehemia 5 – 7 – Oposisi Luar Mengancam, Masalah Internal Muncul
(1) Di tengah kesulitan, manusia berjiwa besar bersedia menderita bersama dan mendahulukan mereka yang lebih kecil dan lemah. Tetapi manusia berjiwa kerdil akan mencari kesempatan menginjak yang kecil dan lemah dan segera menyelamatkan kepentingan diri terlebih dahulu.
(2) Masalah internal apa yang muncul di pasal 5? Bagaimana Nehemia menyelesaikannya?
(3) Apa yang anda pelajari dari sikap Nehemia di 4:14-19?
(4) Musuh menyanjung agar menjebak anda jika anda suka sanjungan dan nama bagi diri sendiri. Lihatlah cara oposisi Sanbalat di pasal 6 ini, apa hikmat yang anda pelajari?
(5) Bagaimana anda bersikap jika anda melihat kejahatan dan orang jahat yang sukses merajalela? Adakah anda lelah berdoa dan tidak berjaga-jaga?

Kamis 31 January 2019
Nats: Nehemia 8 – 9 – Komitmen Menaati Firman Tuhan
(1) Membangun kembali kehidupan masyarakat yang telah hancur karena pembuangan adalah penting sekali dengan mengawali secara benar: menata dengan komitmen kepada firman Tuhan.
(2) Bagaimana sikap umat Tuhan ketika mereka mendengarkan firman Tuhan? Mengapa bisa demikian respon mereka?
(3) Pertobatan adalah refleksi ke belakang atas apa yang kita lakukan dan kita akui betapa yang terjadi sekarang adalah konsekuensi dari perbuatan itu, agar kita tidak melakukan kesalahan dosa itu di masa depan. Bagaimana sikap hati anda ketika menerima setiap peringatan dari firman Tuhan? Adakah kita memiliki hati pertobatan setiap hari dalam kepekaan hati untuk selalu bertanya adakah perkataan, pikiran, dan perbuatan tidak seturut dengan pikiran, perbuatan, dan perkataan Tuhan?

Jumat 01 February 2019
Nats: Nehemia 10 – Tekad Menghidupi Setiap Perintah Firman
(1) Umat Tuhan bertekad menaati firman di dalam setiap sendi kehidupan mereka. Bagaimana sikap
mereka mengenai pernikahan dan pentingnya iman percaya dalam pernikahan?
(2) Bagaimana sikap mereka mengenai hidup ibadah dan perhatian bagi pekerjaan rumah Tuhan? Apa hikmat yang anda peroleh bagi kehidupan anda sekarang?
(3) Mementingkan Rumah Tuhan waktu itu menyatakan satu sikap bahwa Tuhanlah yang menjadi sentralitas kehidupan mereka. Bagaimana anda mengaplikasikan prinsip senantiasa mengutamakan Tuhan dan kerajaan-Nya dalam hidup anda?

Sabtu 02 February 2019
Nats: Nehemia 13 – Reformasi Hidup Pelayanan yang Jujur dan Tulus
(1) Pelayanan rohani dan bagi Tuhan seringkali menjadi mantra untuk mengelabui orang, padahal
sebenarnya bagi keuntungan diri.
(2) Skandal apa yang ditemukan oleh Nehemia dalam rumah Tuhan?
(3) Bagaimana langkah-langkah Nehemia dalam memperbaiki perbuatan pelayanan yang sudah lama
terjadi tetapi salah dan telah menjadi kebiasaan dan struktur yang harus dirombak?
(4) Nehemia menghadapi orang-orang kaya dan berpengaruh yang justru seharusnya menjadi contoh tetapi merekalah yang memutar-balikkan firman dan tidak menaati firman. Diperlukan doa bersandar kepada Tuhan dan keberanian rohani yang kuat membereskannya. Hikmat apa yang anda pelajari dari kepemimpinan rohani Nehemia ini?
(5) Melakukan maksud dan tujuan yang mulia, tidaklah pernah datang dengan mudah, walau Tuhan pasti menyetujui dan melindungi, namun anda harus terus meneguhkan hati dan berjiwa satria.