Renungan Minggu Ini

KISAH PARA RASUL: PENGANIAYAAN MENDORONG MISI GEREJA [1]

Senin 26 November 2018
Nats: Kisah Rasul 9: 1 – 31 – Saulus: Pertobatan Seorang Pembenci Yesus
(1) Pada waktu Chuck Colson, seorang politikus yang licin, dipenjara karena kasus Watergate kemudian bertobat, banyak yang skeptik terhadap pertobatannya. Betulkah ini tulus dan benar, atau hanya akal-akalan saja?
(2) Saulus seorang militan fanatik bertobat kepada Yesus yang dilawannya. Ini satu peristiwa besar. Apa yang menyebabkan Saulus bisa bertobat?
(3) Apa yang anda pelajari tentang relasi orang percaya dengan Yesus melalui ucapan Yesus kepada Saulus?
(4) Bagaimana respon orang-orang atas pertobatan ini? Bagaimana sikap Barnabas dan apa peranannya kepada Saulus?
(5) Berdoalah bagi mereka yang anda pikir mustahil untuk percaya Yesus. Berdoalah agar Tuhan menambahkan iman kita untuk menyaksikan mujizat Allah.

Selasa 27 November 2018
Nats: Kisah Rasul 9: 32 – 10: 48 – Keselamatan bagi Semua Bangsa
(1) Allah bisa memakai kesembuhan untuk menyelamatkan orang. Allah juga bisa memakai penderitaan untuk menyelamatkan orang tidak percaya.
(2) Mengapa Tuhan mengadakan mujizat ini melalui Petrus? Mengapa Tuhan tunjukkan kuasa-Nya di sini?
(3) Bagaimana Tuhan mempersiapkan Petrus agar mengerti visi pelayanan kepada Kornelius, orang non Yahudi, untuk terima Injil? Apa arti penglihatan Tuhan ini?
(4) Mengapa tidak mudah Petrus memakan makanan yang diharamkan Perjanjian Lama? Apa yang sering menjadi halangan bagi pelayanan untuk melihat visi baru agar terus relavan melayani kebutuhan dunia secara global dan bukan hanya lokal pada diri sendiri?
(5) Apa yang anda pelajari dari hidup Dorkas melayani Tuhan?

Rabu 28 November 2018
Nats: Kisah Rasul 11 – Menangkap Visi Baru dari Tuhan
(1) Tuhan terus membukakan visi agar anak-anak Tuhan dan gereja terus melihat pekerjaan Tuhan dilaksanakan kepada situasi, wilayah, atau orang-orang, yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Respon anak-anak Tuhan hanya peka dan taat melakukannya.
(2) Jika kita tidak rela dan tidak taat, Tuhan akan memakai sarana dan orang lain dalam menggenapkan apa yang Tuhan inginkan.
(3) Apa yang anda pelajari ketika Tuhan membuka visi baru kepada Petrus melayani bangsa non-Yahudi? Juga memberi visi kepada Ananias melayani Saulus, orang yang membenci Injil? Mengapa?
(4) Terbentuklah gereja pertama yang multi ras di Antiokhia.
(5) Berdoalah dan mengaku jika anda lebih sering menghalangi pekerjaan Tuhan karena takut dan kuatir. Minta Tuhan agar anda terus terbuka dan fleksibel melihat visi baru dari Tuhan.

Kamis 29 November 2018
Nats: Kisah Rasul 12 – Ketika Allah Mulai Bekerja
(1) Apa motivasi Herodes membunuh Yakobus dan bersiap membunuh Petrus juga? (ayat 1-5)
(2) Apa maksud Allah dalam mengijinkan Yakobus mati martyr tetapi melepaskan Petrus secara ajaib dari penjara?
(3) Dalam situasi aniaya dan situasi yang mustahil ini bagi gereja, apa yang bisa dilakukan oleh umat Tuhan? Pikirkanlah doa-doa yang mustahil pernah anda doakan, dan bagaimana Allah bekerja di dalamnya?
(4) Kematian Herodes adalah kematian hukuman Allah yang dialami secara tragis dan menderita. Setiap perlawanan kepada Tuhan, orang tersebut tidak mungkin menang.
(5) Mengapa Tuhan menghukum Herodes? Apa motivasi manusia melawan Tuhan?
(6) Bagaimana dengan doa anda? Tekunkah anda? Adakah anda tetap yakin dengan kuasa Allah bekerja melalui doa anda?

Jumat 30 November 2018
Nats: Kisah Rasul 13 – Hunger for God’s Will
(1) Di kota Antiokhia inilah, orang percaya disebut Kristen. Mengapa sampai bisa demikian? Apa ciri luar biasa dari jemaat ini?
(2) Mereka mengutus 2 hamba Tuhan yang senior dan berbakat, berani berkorban dan ini bukan sebuah kehilangan, tetapi menjadi kegerakan misi pertama dan terus berlanjut.
(3) Disiplin rohani: memuji, ibadah, doa dan puasa adalah sumber kekuatan. Adakah ini semua anda andalkan dalam pelayanan, atau hal yang lain?
(4) Bagaimana caranya Roh Kudus berbicara kepada anda sekarang? Pernahkah anda berpikir bahwa firman Tuhan yang anda sedang baca sekarang adalah suara Roh bagi hidup anda sekarang, dan bukan hanya membaca sebuah peristiwa masa lampau?
(5) Apa yang anda pelajari dari panggilan Roh yang jelas dan fakta di lapangan dari pelayanan mereka?
(6) Berpuasa bukan untuk menyiksa diri dengan menahan lapar keinginan diri, tetapi melaparkan diri menginginkan hati Tuhan, kehendak dan rencana-Nya. Jika hati anda seperti ini, Tuhan pasti akan bukakan.

Sabtu 1 Desember 2018
Nats: Kisah Rasul 14 – Pelayanan: Tersanjung Lalu Terhempas
(1) Pelajari inti-inti yang penting dari cara penyampaian Injil dari Paulus di sini, khususnya kepada mereka yang memiliki agama. Lalu cobalah membuat formulasi bagi diri anda sendiri ketika anda menjelaskan Injil Yesus kepada orang lain?
(2) Daftarkanlah respon orang-orang baik di pasal 13 dan 14 ketika mereka mendengar Injil.
(3) Sesaat saja Paulus dan Barnabas disanjung sebagai dewa, lalu mereka berbalik merajamnya dengan batu sampai dikira sudah mati. Apa yang anda pelajari dari sikap-sikap manusia seperti ini?
(4) Bagaimana anda bersikap dengan respon manusia yang mudah sekali lupa bersyukur dan balas jasa?
(5) Bagaimana sikap anda melihat semua batu kesulitan yang diterima oleh mereka yang sungguh-sungguh melayani-Nya?
(6) Ketika mereka melihat hasil ada orang-percaya, bagaimana mereka bersikap? Apa yang Paulus dan Barnabas lakukan agar iman yang baru ada ini terpelihara?
(7) Bagaimana respon anda dengan semua realita berat dari pelayanan ini? Kecewa atau makin dikuatkan?