Renungan Minggu Ini

KITAB – KITAB YANG SINGKAT DAN PENDEK DI ALKITAB

Senin 29 Oktober 2018
Nats: Filipi 1: 12 – 30 – Bagaimana Bersikap dalam Situasi Pelayanan yang Sukar
(1) Surat ini ditulis di dalam penjara namun hati Paulus penuh sukacita. Surat ini dapat mengajarkan kita untuk memuliakan Kristus walau dalam kondisi yang sukar.
(2) Paulus menyebut ada dua hasil positif dari akibat penjaranya. Apa hasil itu? (ayat 12-14)
(3) Keberadaan Paulus dipenjara justru dipakai sebagai kesempatan oleh kelompok orang Kristen tertentu untuk menebar tuduhan negatif. Apa motivasi mereka? Bacalah ayat 15-18.
(4) Bagaimana Paulus bersikap menghadapi kondisi pelayanan yang sukar dan sikap negatif kepadanya?
(5) Situasi paling berat seperti apa yang anda hadapi sekarang? Bagaimana Kristus bisa ditinggikan dan dimuliakan dalam situasi sukar yang anda alami?

Selasa 30 Oktober 2018
Nats: Filipi 2: 1 – 18 – Perjalanan Kerendahan Hati
(1) Dengan standar apa anda menilai sebuah kesuksesan dan kehebatan hidup dan pelayanan? Kepada tokoh manusia yang mana, anda jadikan tolok ukur sebagai idola dan anda ingin seperti dia dalam hidup dan pelayanan anda?
(2) Ketika hidup kita lancar dan sukses, problem bukan dari dari luar diri tetapi dari dalam diri. Mengapa kerendahan hati perlu dan sifat-sifat apa saja yang dilawan oleh kerendahan hati?
(3) Apa saja sifat kerendahan hati yang dinyatakan oleh hidup Yesus?
(4) Apa balasan yang anda terima sekarang dari bersikap hidup dalam kerendahan hati?
(5) Apa balasan yang Bapa berikan kepada Yesus setelahnya?
(6) Ayat 16 bicara soal kita beres dengan Tuhan terlebih dahulu. Kontraskan sikap hidup orang yang berpusat diri dan orang yang berpusat pada kemuliaan Injil?

Rabu 31 Oktober 2018
Nats: Filipi 2: 19 – 30 – Rupa Kristus dalam Paulus, Timotius, dan Epafroditus
(1) Pelayanan bagi Tuhan, kita lakukan dengan melayani orang. Dalam pelayanan kepada orang, coba anda pikirkan hal-hal apa yang paling menyenangkan bagimu? Lalu hal-hal apa yang jadi tantangan atau yang kurang menyenangkan dan memberi sukacita bagimu dalam melayani orang-orang?
(2) Ada 2 orang yang Paulus sebut di sini: Timotius dan Epafroditus, yang dapat menjadi contoh yang konkrit dan terlihat bagi jemaat Filipi apa artinya memiliki rupa Kristus dalam hidup mereka.
(3) Tidak semua orang yang mengaku melayani berarti murni melayani. Apa sifat pelayanan yang murni yang ditunjukkan dan dibuktikan oleh Timotius?
(4) Apa sifat pelayanan yang murni yang dibuktikan oleh Epafroditus?
(5) Bagaimana sikap Paulus kepada orang-orang seperti ini? Mengapa penting bagi kita untuk menghargai dan respek orang-orang seperti Timotius dan Epafroditus, dalam pelayanan anda?
(6) Bagaimana anda juga membuktikan rupa Kristus juga hadir dalam diri anda? Apa yang secara praktis anda dapat layani di gereja dan sekitar anda dalam minggu-minggu ini?

Kamis 1 November 2018
Nats: Filipi 3: 1 – 21 – Apa Saja yang Terjadi, Bersukacitalah
(1) Ayat 1 bisa diterjemahkan “Apapun yang terjadi, saudara-saudara, bersukacitalah selalu.” Sebuah panggilan rohani yang sangat berkuasa. Artinya: menapaki perjalanan salib adalah jalan yang benar, karena kehidupan yang ada di ujung jalan itu.
(2) Ada 2 kelompok yang mengaku Kristen tetapi berbahaya bagi iman Kristen yang sejati. Kelompok pertama, Kristen Yudaisme. Ajarannya: lakukan sunat dan taat semua hukum Taurat bagi syarat tambahan agar selamat dalam Yesus. Apa perbedaan mereka dengan ajaran Injil Yesus?
(3) Di ayat 17-21, Paulus menyebut kelompok kedua sebagai “musuh salib Yesus.” Apa ciri dari kelompok ini?
(4) Mengapa kita mudah tergoda untuk segera dapat berkat selama hidup di dunia ini?
(5) Bagaimana panggilan Paulus di sini agar kita selalu ingat sebagai warganegara surgawi menuntun kita terus memiliki hidup yang bersukacita selama kita hidup dalam dunia ini?

Jumat 2 November 2018
Nats: Filipi 4: 1 – 9 – Apa Saja yang Terjadi, Berdiri Teguh
(1) Selain kita berespon dengan “damai dan sukacita” terhadap apa saja yang terjadi dan datang silih berganti, kita juga berespon dengan “tetap berdiri teguh” (ayat 1).
(2) Coba renungkan perjalanan iman anda, apa-apa saja dalam perjalanan itu yang menyebabkan: iman anda dilemahkan, semangat pelayanan anda mundur, anda kecewa dan malas berdoa?
(3) Secara khusus, Paulus bicara soal percekcokan antara 2 orang pelayan dalam gereja Filipi. Sekarang Paulus meminta bagaimana prinsip: kerendahan hati, sukacita pelayanan, kasih melayani dan berpegang teguh akan yang benar diaplikasikan dalam perbedaan mereka?
(4) Pikiran-pikiran yang tidak benar apa saja yang akhirnya merampok sukacita dan damai sejahtera diri kita sendiri dan damai sejahtera dengan orang lain?
(5) Ayat 8, pikiran-pikiran seperti apa yang harus kita taruh di hati kita? Apa arti kata-kata yang dipakai Paulus di sini bagi hidup anda secara praktis?

Sabtu 3 November 2018
Nats: Filipi 4: 10 – 23 – Paul’s Thank-You Note
(1) Bagian ini adalah ucapan terima kasih Paulus atas persembahan uang yang diberika jemaat Filipi baginya, yang mungkn dibawa oleh Epafroditus sewaktu mengetahui Paulus dalam penjara.
(2) Refleksi: adakah anda berterima kasih kepada Tuhan atas pemberianNya dalam minggu ini? Ambil waktu untuk bersyukur. Adakah orang lain telah berbuat kasih dan memberi kepada anda? Ambil waktu untuk mengucapkan terima kasih.
(3) Bukan uang yang terpenting, tetapi ada hal yang jauh lebih penting, yang perlu ada dalam hidup seseorang sehingga dia bisa memberi. Apa saja hal-hal tersebut yang dikatakan Paulus di sini?
(4) Bukan berapa banyak berkat dan pemberian yang anda terima, tetapi sikap hidup yang “contentment” (cukup dan puas) itu yang terpenting. Mengapa rasa cukup itu penting sekali?
(5) Uang itu terbatas nilainya dan sebentar habis, tetapi bagaimana persembahan yang terbatas ini menghasilkan nilai yang tak terbatas. Bagaimana bagian firman hari ini mengoreksi hidup persembahan anda dan juga kepekaan anda berterima kasih kepada pelayanan orang di sekitar anda?