Renungan Minggu Ini

KITAB – KITAB YANG SINGKAT DAN PENDEK DI ALKITAB

Senin 15 Oktober 2018
Nats: 3 Yohanes – Tiga Jenis Orang dalam Gereja
(1) Gereja bukanlah sebuah tempat untuk kita pergi, tetapi sebuah rumah untuk kita tinggali. Hidup di dalamnya berarti saling melayani, menghormati, merawat dan mempertumbuhan kehidupan yang sehat setiap anggota keluarganya. Showing hospitality and respect is a must.
(2) Bacalah ayat 1-8, mengapa Gayus menjadi satu teladan yang sangat baik bagi kita?
(3) Tipe orang seperti apakah Diotrefes (bacalah ay. 9-11)?
(4) Demetrius, tidak banyak berbicara, tetapi orang bersaksi banyak mengenai hidup dan pelayanannya. Kesaksian hidup yang baik seperti apa yang anda harus nyatakan? Tipe orang seperti apa anda dalam rumah Tuhan?

Selasa 16 Oktober 2018
Nats: 2 Yohanes – Kasih dan Kebenaran dalam Hidup Bergereja
(1) Ada 2 sikap salah dalam hidup bergereja: a) jangan persoalkan apa yang dia percaya, yang terpenting hidupnya penuh kasih. Atau sebaliknya, b) tidaklah penting bagaimana hidupnya, yang terutama adalah ajarannya benar. Rasul Yohanes mengatakan ada kasih dan kebenaran barulah hidup bergereja menjadi sehat.
(2) Bacalah ayat 1-13, dan temukan berapa kali kata “kasih” dan “benar” dipakai di sini?
(3) Apa yang terjadi jika gereja melayani tetapi mengabaikan kebenaran? Mengapa guru-guru palsu bisa muncul?
(4) Tantangan tidak hentinya datang dalam kehiupan bergereja. Bagaimana anda melihat ayat 8 sebagai sebuah motivasi kuat yang mendorong anda dalam pelayanan?
(5) Jangan mudah mundur ketika anda hanya melihat hasil yang kelihatan dan penghargaan yang kelihatan.

Rabu 17 Oktober 2018
Nats: Yudas – Waspada Kelakuan Buruk dan Kata Jahat yang Merusak Hidup Bergereja
(1) Yudas, bersama dengan Yakobus disebut sebagai saudara Tuhan Yesus, di Markus 6:3. Surat Yudas ini bertujuan menjaga gereja dari penyusupan sekelompok orang yang sesat.
(2) Pengajaran sesat apa yang dibawa oleh kelompok orang-orang ini yang anda temukan di sini?
(3) Kelakuan hidup dan prilaku seperti apa yang anda temukan di sini yang menyatakan beginilah hidup para penyusup palsu ini?
(4) Bagaimana anda dapat melihat gossip dan kata-kata jahat seperti apa yang dapat merusak hidup bergereja?
(5) Perjuangan pelayanan seperti apa yang Yudas panggil bagi setiap kita tetap setia sampai akhir?

Kamis 18 Oktober 2018
Nats: Filemon – Memperbaiki Hubungan yang Rusak
(1) Filemon jelas telah dirugikan oleh budaknya, Onesimus, yang mencuri dan melarikan diri ke Roma. Dan Onesimus karena pertemuan dengan Paulus mengalami pertobatan oleh Injil Kristus. Paulus menjadi pengantara bagaimana memperbaiki hubungan yang rusak Onesimus kepada Filemon.
(2) Secara hukum Filemon berhak menaruh cap permanen di dahi Onesimus sebagai Budak Pelarian atau meminta dia dibunuh. Maka Paulus meminta kemurahan hati Filemon untuk mengampuni Onesimus berdasarkan “prinsip kasih” (ay. 9). Bagaimana kasih itu penting dalam memperbaiki relasi yang rusak?
(3) Apa yang harus dilakukan Onesimus untuk kembali dan memperbaiki hubungan yang rusak?
(4) Apa yang diminta oleh Paulus kepada Filemon untuk menerima kembali Onesimus? Apa yang ada dalam diri seorang tua seperti Paulus yang menjadi pengantara relasi yang dipulihkan?

Jumat 19 Oktober 2018
Nats: 2 Petrus 1: 1 – 11 – Meresponi dengan Benar kepada Janji Allah
(1) Ayat 2, rasul Petrus berdoa agar setiap orang percaya “bertumbuh dalam pengetahuan akan Allah dan Tuhan Yesus.” Bagaimanakah hidup rohani setiap orang Kristen bisa bertumbuh? Berdasarkan apa? Usaha sendiri atau janji berdasarkan Kristus? Bacalah ayat 3-4, apakah janji Allah bagi sebuah “godly life” orang percaya?
(2) Ayat 5 – 7, menyebutkan akan usaha respon kita seperti apa terhadap janji ilahi keselamatan kita? Bagaimana langkah-langkah pertumbuhan iman ini terjadi dalam hidupmu? Renungkan apa arti dari: moral excellence, self-control, endurance, dan brotherly love di sini bagimu.
(3) Ayat 8 – 11, menyebutkan ciri dan keindahan dari hidup kristiani yang terus bertumbuh. Apa saja yang anda dapat lihat ciri dan keindahan pertumbuhan rohani itu?

Sabtu 20 Oktober 2018
Nats: 2 Petrus 1: 12 – 21 – Seandainya Aku Akhirnya Meninggal…
(1) Cobalah anda ingat dan renungkan kembali bagaimana dan mengapa anda percaya Yesus Kristus? Puji Tuhan atas hak istimewa bisa percaya Yesus.
(2) Ayat 13 – 15, bagaimanakah Petrus melukiskan tentang kematian dan sikapnya menghadapi kematian itu?
(3) Hal-hal apakah yang membuktikan bahwa janji Tuhan itu benar dan anda makin diteguhkan walau anda belum melihatnya? Bagaimana firman ini memberikan prinsip bagaimana anda bersikap dalam menghadapi kematian anda?