Renungan Minggu Ini

PANGGILAN MENJADI UMAT TUHAN (3)
(Ulangan 20 -25)

Senin 17 September 2018
Nats: Ulangan 20: 1 – 20 – Hukum Perang yang Adil
(1) Perang untuk mencegah kejahatan datang menyerang. Demikian juga hidup Kristen adalah suatu peperangan rohani, secara aktif melawan serangan dosa dan si jahat merusak sendi kehidupan rohani anda.
(2) Apa janji Alkitab di sini ketika umat Tuhan menghadapi serangan dan harus berperang?
(3) Ada situasi tertentu dimana, Allah mengizinkan umat-Nya tidak ikut perang, situasi apa saja? Mengapa ada pengecualian begini? Apa yang Tuhan pentingkan di sini?

Selasa 18 September 2018
Nats: Ulangan 21: 1 – 23 – Menghargai Hak Hidup dan Milik Orang Lain
(1) Walau bukan umat Tuhan yang melakukan sebuah kejahatan, dan ada kejahatan yang tidak bisa diungkap, tetap mereka harus serius menangani. Sebab adanya pembunuhan telah mempermalukan mereka sebagai umat Tuhan.
(2) Dewasa ini, dalam peperangan biasanya wanita diperkosa dan dibunuh. Justru firman ini melindungi wanita yang lemah akibat kalah perang.
(3) Walau situasi berbeda sekarang, namun firman Tuhan ini memberi prinsip-prinsip apa saja bagi anda dalam hal menghargai hak hidup dan milik orang lain?

Rabu 19 September 2018
Nats: Ulangan 22: 1 – 12 – Masyarakat yang Sehat dan Waras
(1) Inilah hidup rohani yang benar: harus peduli dengan kesehatan masyarakat dan tidak boleh jadi umat Tuhan yang sempit hatinya. Apa yang anda pelajari di sini soal tindakan kita dalam hal orang ditimpa kemalangan?
(2) Mengapa banyak orang Kristen pasif dan mengabaikan kebutuhan orang lain? Apa yang salah dari hidup mereka?
(3) Bagian ini selanjutnya bicara soal pentingnya menghargai perbedaan gender dengan jelas, jangan membunuh sumber kehidupan, pembangunan yang tidak membunuh orang lain, dengan hidup taat dan tidak mendua hati.

Kamis 20 September 2018
Nats: Ulangan 22: 13 – 30 – Menghargai Penikahan dan Seks
(1) Wanita sebagai pihak yang lemah dalam pernikahan, dengan adil dilindungi oleh Tuhan. Walau ada ketidak-cocokan, tidak boleh jadi dasar bagi perceraian.
(2) Ada situasi yang berbeda dalam hal menjaga nilai pernikahan dan melindungi wanita dari kekerasan seksual. Prinsip-prinsip apa yang anda dapatkan di sini?
(3) Apa yang Alkitab ajarkan di sini tentang menghargai seks? Bagaimana sikap-sikap yang kita pelajari tentang menghargai wanita dan pernikahan di sini?

Jumat 21 September 2018
Nats: Ulangan 23: 1 – 14 – Menjauh dari Pencemaran Dosa
(1) Kita harus pahami fasal ini sebagai model kesucian yang melindungi dari pencemaran dengan cara membuang semua tumor dosa yang bisa merusak kita. Sida-sida dilarang masuk dalam Jemaah Tuhan, tetapi dalam Kisah Rasul, ada kisah sida-sida Ethopia yang diselamatkan. Jadi prinsip yang ingin ditekankan di sini adalah soal tindakan dosa yang sangat ekstrim dan tidak ada rasa takut lagi sama Tuhan, kita harus menjauh darinya.
(2) Dalam Titus 3:10-11, walau kita sudah berusaha membawa orang ke jalan benar, tetapi jika bahaya kerusakan yang dahsyat bisa ditimbulkan dari bergaul dengan ajaran sesat dan situasi keberdosaan, langkah terbaik adalah menjauhkan diri.

Sabtu 22 September 2018
Nats: Ulangan 23: 15 – 25; 24: 19-22 – Bermurah Hati dalam Masyarakat
(1) Prinsip-prinsip apa yang anda dapatkan di sini untuk tidak pasif, melainkan aktif melindungi kelompok masyarakat yang tersingkir?
(2) Bagaimanakah anda dapat menerapkan kemurahan hidup dewasa ini? Evaluasi diri: Sudah bermurah hatikah hidup anda?