Renungan Minggu Ini

PANGGILAN MENJADI UMAT TUHAN (2)
[Keluaran 14 – 19]

Senin 10 September 2018
Nats: Keluaran 14: 1 – 21 – Hidup Kesucian yang Berbeda dengan Sekitar
(1) Pengalaman dan kondisi hidup dalam dunia, kita alami juga tidak berbeda dengan orang-orang yang tidak percaya Tuhan Yesus: ada kematian, sakit, kesulitan ekonomi, dan bencana.
(2) Tetapi apa bedanya, jika kita punya Tuhan Yesus. Dalam soal kematian dan berduka, bagaimana sikap kita, lihat Keluaran 14:1,2 dan 1 Tesalonika 4:13.
(3) Alasan bagi hidup sehari-hari yang berbeda adalah kamu adalah umat kudus Tuhan, ay 1,2, 21. Walau kita tidak ikuti diet peraturan makan binatang Perjanjian Lama ini, tetapi prinsip 1 Korintus 10:31 harus berlaku. Hidup kita bukan lagi milik kita, tetapi kemuliaan Tuhan.

Selasa 11 September 2018
Nats: Keluaran 14: 22 – 15:23 – Persembahan Hidup yang Benar
(1) Kita harus pahami perpuluhan dalam Perjanjian Lama berkaitan dengan rumah ibadah dan kehidupan suku Lewi yang tidak punya harta warisan. Yang penting pelajarilah prinsip penting dari arti memberi persembahan, lihat 14:23b dan 26.
(2) Keluaran 15 bicara soal kaitan persembahan yang murah hati dengan hidup orang yang miskin.
(3) Renungkanlah prinsip-prinsip yang diberikan bagimu dalam hal memberi persembahan dengan murah hati bagi hidup orang miskin. Mengapa kita harus berusaha menghapus kemiskinan?

Rabu 12 September 2018
Nats: Keluaran 16: 1 – 17 – Tiga Hari Raya Umat Israel
(1) Festival hari raya agamawi penting sekali bagi bangsa Israel bagi mereka untuk mengerti identitas mereka sebagai umat Allah dan bagi keakraban komunitas.
(2) Dalam setiap festival perayaan ini, bangsa Israel dipanggil untuk mengingat kembali apa yang telah terjadi. Apa-apa saja yang tidak boleh mereka lupakan sebagai umat Israel?
(3) Apa yang anda pelajari juga setiap kali merayakan Natal, Paskah, Jumat Agung? Mari kita bersyukur kepada-Nya.

Kamis 13 September 2018
Nats: Keluaran 16: 18 – 17: 20 – Prinsip Keadilan dalam Hidup Umat Tuhan
(1) Keluaran 16:18-20 memberikan prinsip-prinsip dasar apa artinya adil dan bagaimana berlaku adil?
(2) Kita tidak boleh cepat-cepat menuduh dan menghakimi seseorang. Keluaran 17:4 meminta kita memeriksa dengan teliti dan adil. Bagaimana ayat-ayat ini membimbing kita untuk menilai dengan adil dan berhati-hati?
(3) Mengapa memilih pemimpin yang adil dan bersih penting sekali? Dan bagaimana kita juga serius dengan soal kepemimpinan rohani yang adil, bersih, dan suci. Apa yang anda pelajari di sini?

Jumat 14 September 2018
Nats: Keluaran 18: 1 – 22 – Kesucian Pemimpin Rohani
(1) Beberapa kesalahan yang banyak umat Tuhan lakukan dalam relasnya dengan pemimpin rohani:- kurang memperhatikan penghidupan mereka; – terlalu menyanjung sehingga gampang diarahkan secara tidak benar tanpa sadar; – tidak mengenali mana pelayan Tuhan yang sejati.
(2) Bagian ini mengajarkan tanggung jawab umat kepada pemimpin rohani, dalam hal bagaimana?
(3) Apa prinsip hidup seorang pemimpin rohani yang benar? Apa yang diajarkan di sini?

Sabtu 15 September 2018
Nats: Keluaran 19: 1 – 21 – Lindungi Manusia yang Tak Berdaya
(1) Adil berarti hukum yang bersalah dan lindungi yang tidak bersalah dan lemah. Alkitab ingatkan agar dengan kuasa yang ada, seseorang jangan bertindak semena-mena kepada orang yang lemah.
(2) Apa peringatan Alkitab tentang hidup yang jahat dan unfair?
(3) Bagaimana Alkitab mencegah seseorang menjadi korban karena saksi palsu dan gosip? Evaluasi diri: Sudah berlaku adilkah anda dalam hidup ini kepada siapa saja?