Renungan Minggu Ini

PANGGILAN MENJADI UMAT TUHAN (1)
[Keluaran 8 – 13]

Senin 3 September 2018
Nats: Keluaran 8: 1 – 20 – Jangan Lupakan Tuhan
(1) Ayat 1, 6, 11 ada kata ‘shamar’ yang mestinya diterjemahkan ‘pay careful attention to’. Apa yang harus kita lakukan setiap hari untuk hormat kepada Tuhan secara sadar dan tidak boleh ignorance?
(2) Mengapa Tuhan perlu mendisiplin kita? Apa hasil akhir dari setiap pembentukan Tuhan atas dirimu?
(3) Apa yang dapat anda secara spesifik bersyukur atas berkat-Nya? Bagaimana anda berjaga-jaga dari bahaya jerat kemakmuran?

Selasa 4 September 2018
Nats: Keluaran 9: 1 – 29 – Kesombongan adalah Akar Kehancuran Hidup
(1) Orang Israel akan hadapi rintangan yang jauh lebih besar dari kemampuan mereka. Maka bagaimana firman Tuhan memberi kekuatan bagi mereka untuk hadapi problem ini?
(2) Pelajaran apa yang harus dipelajari oleh bangsa Israel atas kegagalan karena tegar tengkuk mereka (ay 6)?
(3) Temukanlah sikap mulia apa saja dalam doa Musa atas dosa dan ketidak-taatan bangsa Israel. Lantas bagaimana semua sikap dan sifat doa Musa ini menantang, merubah dan memperkaya sikap dan sifat doa anda?

Rabu 5 September 2018
Nats: Keluaran 10: 1 – 22 – Loh Batu dan Sunat Hati
(1) Pertumbuhan rohani membutuhkan pertobatan sebagai dedikasi ulang dan komitmen ulang. Lihat ayat 1-11, apa-apa saja re-dedikasi yang dilakukan setelah bangsa ini mengaku dan bertobat dari pemberontakan mereka?
(2) Ayat 12-13, disebutkan apa-apa saja yang ‘dimintakan Tuhan’ dari hidup kita kepada-Nya?
(3) Otentik hidup beragama: ada hati yang disunatkan. Panggilan dan tuntutan firman apa yang anda dapatkan dari bagian fasal ini? Bagamana responmu?

Kamis 6 September 2018
Nats: Keluaran 11: 1 – 32 – Berapa Besarkah Tuhanmu?
(1) Dalam ketaatan total selalu ada janji-Nya menyertai. Fasal ini menyebutkan ciri-ciri penting dari ketaatan sejati. Dapatkah anda mendaftarkan semua ciri-ciri ketaatan itu?
(2) Lalu apa saja berkat dan janji Tuhan atas ketaatan, dedikasi kasih dan menjunjung tinggi Allah?
(3) Tetapi apa bahaya dari ibadah yg pura-pura dan menipu? Apakah peringatan Tuhan yang serius yang selalu harus kita ingat tiap-tiap hari dari bagian ini? Sebab Tuhan kita empunya langit dan bumi.

Jumat 7 September 2018
Nats: Keluaran 12: 1 – 28 – Ibadah dengan Cara yang Berkenan pada Tuhan
(1) Sinkretisme berarti mencampurkan konsep dan cara ibadah ilah-ilah kepada Tuhan yang sejati. Apa saja yang Tuhan larang dari bagian ini?
(2) Jikalau anda memikirkan dalam kehidupan rohani anda sekarang, dalam hal apa konsep dan cara-cara non-Alkitabiah yang dapat mencemarkan konsep kita dalam mengenal dan beribadah kepada Allah?
(3) Bacalah Yohanes 4:21-24; Ibrani 12:28,29; 1 Korintus 6:19,20, prinsip apa yang anda dapatkan untuk anda beribadah kepada-Nya dengan cara yang berkenan kepada dalam hidup rohani dan ibadah anda sekarang?

Sabtu 8 September 2018
Nats: Keluaran 12: 29 – 13: 18 – Jauhilah Ibadah Palsu dan Sesat
(1) Alkitab mengingatkan adanya kuasa dari si jahat dan nabi-nabi palsu yang bisa menipu dan memalsukan kuasa Tuhan. Mengapa orang suka tergoda pergi ke peramal dan dukun?
(2) Mengapa Alkitab sangat serius bicara soal hukuman berat bagi penyesat?
(3) Hidup bertoleransi dengan orang lain dan agama lain berarti: kita menghargai ada perbedaan ajaran dan tidak memaksakan ajaran, tetapi tidak berarti kita terima ajaran agama lain sebagai kebenaran. Itu sebab kita menginjili dengan cara yang sopan dan tidak pakai kekerasan.