Renungan Minggu Ini

LATIHAN PELAYANAN PERTAMA MURID-MURID YESUS
[Lukas 9]

Senin 9 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 1 – 9 – Pengutusan Pertama
(1) Ayat 1, Yesus memberi kuasa. Pelayan Tuhan melakukan pelayanan sebab kuasa dari Tuhan, dan bukan dari diri sendiri. Berita pelayanan: Kerajaan Allah telah datang. Lukas 17: 20-21, Kerajaan Allah di dalam-mu. Tuhan yang berdaulat yang harus memerintah atas seluruh hidup anda.
(2) Berita Kerajaan Allah harus sepadan dengan sikap pelayanan. Apa tujuan Yesus memberikan cara pelayanan seperti ini, lihat ayat 3-6? Apa artinya belajar bersandar pada-Nya?
(3) Apa yang Yesus lakukan akan bermuara pada pertanyaan penting: Lalu Siapakah Dia? Nabi? Atau lebih dari nabi? Dari bagian ini, bagaimana pengenalanmu mengenai siapa Yesus?

Selasa 10 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 10 – 17 – Kristus Mencukupkan Kebutuhanmu
(1) Mengapa Yesus membawa murid-murid pergi terpisah dari orang banyak? Apa artiya retreat bagi hidupmu?
(2) Apa yang anda pelajari dari respon Yesus dalam memenuhi kebutuhan rohani orang-orang banyak?
(3) Pelayanan firman disertai dengan pelayanan mujizat memberi makan jasmani. Hanya Kristus yang memuaskan kebutuhan rohani dan jasmani kita. Yesus menyelesaikan pelayanan di Galilea dengan menyatakan siapakah Dia: Tuhan yang mencukupkan. Puji Tuhan!

Rabu 11 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 18 – 27 – Menurutmu Siapa Yesus itu?
(1) Mengenal Yesus menuntut mengenal Dia secara pribadi dan mengaku percaya. Melalui mujizat dan kuasa yang dinyatakan-Nya, murid-murid mengenal Yesus sebagai Tuhan alam semesta.
(2) Tetapi setelah pengakuan Yesus adalah Tuhan dan Mesias, di luar dugaan, Yesus menyatakan wahyu yang di luar ekspektasi mereka: Mesias yg menderita.
(3) Bagaimana sikap dan komitmen anda dalam mengikuti Mesias yang menderita?
(4) Namun apa janji bagi murid-murid-Nya?

Kamis 12 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 28 – 36 – Melihat Kemuliaan Mesias yang Menderita
(1) Coba daftarkanlah Shekinah: kehadiran kemuliaan Allah yang kelihatan di dalam Perjanjian Lama. Respon apa yang sepatutnya muncul ketika kita melihat kemuliaan Allah dalam hidup kita?
(2) Mengapa Kristus memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada murid-murid?
(3) Bagaimana prinsip hidup beriman ini menjadi kekuatan bagi anda: kita hidup bukan dengan melihat, tetapi percaya? Kita belum lihat kemuliaan-Nya nanti, tetapi kita hidup dalam kemuliaan-Nya sekarang.

Jumat 13 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 37 – 45 – Tetap Menghadapi Problem Hidup Sehari-hari
(1) Kemuliaan Allah bukan saja dilihat di atas gunung, tetapi nyata juga di bawah, dalam kehidupan dan problem yang dihadapi manusia (lihat ayat 43 pengakuan orang-orang).
(2) Incompetent dari indahnya perdebatan ajaran akan nyata jika tidak disertai dengan kuasa pelayanan yang konkrit menjawab problem-problem nyata dari orang-orang di sekitar anda.
(3) Shekinah yang sangat paradox adalah kemuliaan dari kehinaan salib. Bagaimana shekinah kehinaan salib mempengaruhi hidupmu?

Sabtu 14 Juli 2018
Nats: Lukas 9: 46 – 62 – Apa Itu Kemuliaan yang Sejati
(1) Dalam hal apa murid-murid mencari kemuliaan mereka? Mengapa kita boleh katakan itu adalah kemuliaan palsu?
(2) Bagaimana anda belajar dari jawaban Yesus di sini untuk memiliki hati yang universal dari tidak sempit di dalam pelayanan?
(3) Ini adalah perjalanan menuju Yerusalem, ikut Yesus bukan soal ikut-ikutan, tetapi komitmen total. Daftarkanlah semua tuntutan komitmen yang dituntut Kristus bagi seorang murid sejati-Nya? Bagaimanakah komitmenmu kepada-Nya? Amin!