Renungan Minggu Ini

RAJA DAUD: SEBUAH BIOGRAFI
1 SAMUEL 16-17

Senin 28 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 16: 1 – 13 – Melihat seperti Allah Melihat
(1) Kejatuhan Saul membuat nabi Samuel bersedih. Tuhan menegur Samuel untuk tidak lihat bencana dari kejatuhan Saul, tanpa melihat tangan Tuhan dan rencana masa depan-Nya.
(2) Terhadap tekanan kuasa politik, Samuel tertekan sendirian dan takut. Tuhan minta Samuel tidak takut. Jika anda juga menghadapi situasi seperti ini, kekuatan apa yang anda dapatkan dari firman ini?
(3) Bagaimana cara Tuhan melihat? Bagaimana anda belajar melihat dari cara pandang mata Tuhan atas setiap situasi hidup anda?

Selasa 29 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 16: 14 – 23 – Ada Dua Raja
(1) Di sini kita melihat dimensi pekerjaan Roh Kudus dalam Perjanjian Lama yang bersifat “empowering.” Roh yang memampukan. Ada bakat dan kemampuan alamiah seseorang. Tetapi kemampuan spiritual dari Roh adalah faktor terpenting bagi pelayanan rohani.
(2) Hidup Saul jadi paranoid dan mengalami gangguan kejiwaan. Mengapa orang yang berkuasa mengalami paranoid dalam hidupnya?
(3) Daud adalah raja di mata Tuhan, Saul hanyalah raja secara jabatan. Bagaimana anda melihat cara Tuhan menjadikan rencana-Nya yang tersembunyi tentang Daud menjadi realita?

Rabu 30 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 17: 1 – 11 – Musuh
(1) Ada ancaman bahaya yang anda akan hadapi dalam hidup ini. Bacaan kita ini mengajak untuk melihat ancaman itu dengan tepat.
(2) Orang optimis biasanya karena mengabaikan realita yang ada. Unik sekali Alkitab catat detil musuh yang namanya Goliat. Untuk apa?
(3) Ini adalah bencana besar. Dan tanpa pertolongan Tuhan, pasti tidak akan berhasil. Ancaman Goliat yang raksasa sangatlah ril, dan akibat yang dihasilkannya adalah rasa takut (ay 11).
(4) Lihat detil dari bahaya yang dialami, dan anda bisa temukan jalan keluar. Jangan rasa takut sudah merasuki anda. Goliat pakai budak yang tuntun perisainya. Ia raksasa, tetapi kelemahannya: matanya lamur.

Kamis 31 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 17: 12 – 30 – Allah Bekerja dengan Cara yang Tak Terduga
(1) Bagaimana nats ini memperkenalkan siapakah Daud itu dan bagaimana karakter dan hidupnya sehari-hari?
(2) Mungkinkah Tuhan memakai cara yang terduga, yaitu Daud, yang bukan termasuk tentara, untuk mengalahkan Goliat?
(3) Kita selalu harus belajar terbuka kepada sudut pandang baru dan cara yang baru dari Tuhan.
(4) Apa hambatan-hambatan yang dialami Daud? Bagaimana sikap kakak-kakaknya? Dan bagaimana Daud menghadapi keberatan-keberatan yang diberikan?

Jumat 1 Juni 2018
Nats: 1 Samuel 17: 31 – 40 – Kabar Baik dari Daud
(1) Di tengah keputus-asaan dan takut, selalu ada janji Injil Tuhan, “Jangan takut.” Berani karena kebenaran, Injil, dan bagi kemuliaan Tuhan. Pasti Allah menyertai.
(2) Mengapa Daud seorang diri bisa berani? Apa yang anda pelajari di sini, jika ada situasi yang menuntut anda berani sendiri berjuang bagi kesucian dan kebenaran?
(3) Bagaimana cara Saul untuk mengatasi ancaman ini, dan bagaimana cara Daud mengatasinya?

Sabtu 2 Juni 2018
Nats: 1 Samuel 17: 41 – 58 – Daud dan Goliat
(1) Di dalam kuasa dan kehebatan, mudah sekali seseorang menghina dan tidak menghargai manusia. Kesombongan selalu menjadi bom bunuh diri seseorang.
(2) “Dalam nama Tuhan,” kita selalu diingatkan akan kuasa Tuhan yang sanggup.
(3) Lihat juga 1 Korintus 15:57, puji Tuhan atas kemenangan dalam nama Tuhan Yesus. Matius 28:18-20. Inilah janji penyertaan Kristus yang membuat kita tidak perlu takut lagi.