Renungan Minggu Ini

CHRISTIAN FAMILY
Shepherding a Child’s Heart

Senin 21 Mei 2018
Nats: Efesus 6: 1 – 9 – You’re in Charge
(1) Bacalah Kejadian 18:19; Ulangan 6:7, bagaimana ayat ini bicara soal parental responsibility? Apa saja yang menjadi tugas dari panggilan bagimu menjadi orang tua?
(2) Efesus 6:4 bicara soal balance antara disiplin tetapi tidak abusif emosional. Apa saja yang termasuk righteous anger dan mana yang abusive anger? Daftarkan!
(3) Buatlah disiplin yang jelas bagi anak-anakmu tetapi tidak menjadi penuntutan yang salah. Renungkan dan pikirkan bagaimana prinsip ini bisa terlaksana dalam parental responsibility anda?

Selasa 22 Mei 2018
Nats: Lukas 12: 13 – 21 – Examining Your Goals
(1) Apa tujuan anda mendidik anak? Jika kita hanya mengajar untuk kembangkan bakat, sopan, kaya, sukses dan pintar agar hidup mereka lebih baik, tanpa mengaitkannya dengan Tuhan, anda mendidik anak menjauh dari Tuhan.
(2) Bacaan ini bicara soal satu-satunya tujuan hidup orang ini: jadi kaya dan sukses. Seberapa besar keinginan kita memberi unbiblical goal ini dalam kita mendidik anak setiap hari?
(3) Bagaimana anda fokuskan dan praktikkan prinsip mencari kerajaan Allah dan kaya di hadapanNya dalam pendidikan keluargamu?

Rabu 23 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 8:1 – 9; 2 Timotius 1:5 – What does Your Family Worship?
(1) Kontras kehidupan iman dan moral keluarga Samuel dan Timotius membuat kita tidak take in for granted akan pendidikan iman keluarga kita.
(2) Ranjau apa saja yang bisa merusak para PK (pastor’s kids), seperti akhirnya anak-anak pastor Samuel ini?
(3) Bagaimana orang tua dan jemaat bisa memberikan perspektif dan environment yang sehat tentang apa artinya melayani kepada keluarga pendeta dan keluarga anda? Bawalah dalam doa keluarga pendetamu!

Kamis 24 Mei 2018
Nats: Amsal 23: 13 – 19 – Metode Komunikasi dan Rotan
(1) Baca dulu Ibrani 12:5-11 bahwa Tuhan memakai “ganjaran” untuk mendisiplin kita untuk memberikan perspektif yang tepat tentang penggunaan “ganjaran” bagi pendidikan.
(2) Mengapa harus memberikan ganjaran atau rotan dalam mendisiplin? Apakah ini abusif dan kekerasan?
(3) Alkitab menjelaskan (komunikasi) apa arti dan mengapa disiplin ganjaran diberi. Pikirkan bagaimana metode komunikasi anda tentang apa itu benar/salah dan kesalehan dan dosa?

Jumat 25 Mei 2018
Nats: Matius 15: 1 – 20 – Shepherding the Heart
(1) Pendidikan bukan soal cara dan metode yang penting, tetapi persoalan arah hati seseorang kepada obyek yang mulia.
(2) Apa yang anda amati dari setiap kata-kata yang keluar dari mulut pemimpin agama ini? Dimana letak “toxic words and thoughts” mereka? Itu yang di “pinpoint” Yesus di ayat 18.
(3) Darimana anak anda belajar “toxic, rude, negatif dan unholy words”? Bagaimana dengan perspektif hidupmu, attitude hidupmu yang anda transfer dalam percakapan sehari-hari yang langsung atau tidak langsung didengar anak-anak?

Sabtu 26 Mei 2018
Nats: Lukas 18: 9 – 17 – Beri Anugerah kepada Dirimu sebagai Orang Tua
(1) Seringkali sebagai orang tua, kita berpikir tidak berdaya dan merasa useless dalam mendidik anak, akhirnya guilty di hadapan Tuhan dan menyesal telah melakukan hal yang salah kepada anak.
(2) Jangan kuatir. Datanglah kepadaTuhan, tidak ada satu orang pun yang tidak butuh anugerah Allah. Berilah anugerah itu kepada hatimu.
(3) Bagaimana anak anda melihat cara anda deal dengan kesalahan dan dosa dan bersandar pada anugerah pengampunanNya? God bless you!