Renungan Minggu Ini

RENUNGAN MINGGU INI
MERESPONI PANGGILAN TUHAN

Senin 7 Mei 2018
Nats: Nehemia 1: 1 – 2: 10
(1) Berita apa yang Nehemia dengar tentang keadaan bangsa Israel di Yerusalem? Bagaimana respon Nehemia?
(2) Apa kedudukan Nehemia? Mudahkah dia melibatkan diri untuk mengambil keputusan pergi ke Yerusalem?
(3) Apa yang anda pelajari dari respon Nehemia ini untuk anda mengerti prinsip-prinsip mengenai pimpinan Tuhan dalam mengambil keputusan dalam satu situasi hidupmu?

Selasa 8 Mei 2018
Nats: Yeremia 1: 1 – 19
(1) Lihatlah latar belakang sejarah di 2 Raja 23; 36 dan 2 Tawarikh 36 untuk mendapatkan gambaran situasi dimana Yeremia hidup.
(2) Bagaimana Yeremia meresponi panggilan Tuhan? Beratkah berita yang harus disampaikan Yeremia?
(3) Dalam situasi Yeremia yang berat ini, apa janji dan kekuatan yang Tuhan berikan? Lihat ayat 17,18, Tuhan janji menguatkan kita, tapi kita harus kuat juga. Apa yang anda pelajari dari prinsip ini?

Rabu 9 Mei 2018
Nats: Yehezkiel 2: 1 – 3: 21
(1) Tuhan memanggil Yehezkiel sebagai “watchman” yaitu sebagai orang yang berjaga di menara paling atas sebuah kota. Apa tuntutan tugas Yehezkiel sebagai pengawas rohani bangsa Israel?
(2) Menjalankan panggilan Tuhan ini, apa kualitas yang Tuhan tuntut dari Yehezkiel? Bagaimana sikapnya kepada firman Tuhan?
(3) Apa harga yang harus dibayar oleh Yehezkiel dalam menjalankan panggilan Tuhan ini?

Kamis 10 Mei 2018
Nats: 1 Samuel 16: 1 – 23
(1) Apa kriteria Tuhan dalam memilih dan memakai seseorang untuk satu tugas tertentu?
(2) Tuhan mengizinkan roh-roh jahat mempengaruhi hidup Saul. Apa yang anda pelajari dari satu hidup yang tidak dinaungi sejahtera Roh Kudus?
(3) Panggilan Tuhan atas Daud adalah hak kedaulatan-Nya. Sekaligus kita melihat persiapan yang Tuhan lakukan untuk membentuk Daud. Apa saja yang anda lihat dari kualitas Daud sebelum ia dipanggil dan persiapan Tuhan sesudah ia dipanggil?

Jumat 11 Mei 2018
Nats: Kisah Rasul 9: 1 – 31
(1) Mengapa Tuhan mau memanggil Saulus yang menganiaya?
(2) Apa yang menjadi tugas panggilan Saulus? Bagaimana ia meresponinya? (3) Dalam setiap kali menghadapi hambatan yang berat, apa penghiburan dan kekuatan yang senantiasa dipegang oleh Paulus?

Sabtu 12 Mei 2108
Nats: Lukas 10: 1 –24
(1) Mengapa Tuhan perlu memanggil dan mengutus hamba-hambaNya?
(2) Dari perikop ini apakah sdr bisa menemukan prinsip-prinsip penting yang harus kita pegang dalam menjalankan panggilan pelayanan-Nya?
(3) Apa-apa saja yang menjadi buah sukacita pelayanan? Apakah anda merasakan hal yang sama? Apa responmu atas panggilan-Nya dalam hidupmu?

 

“A Christian’s deepest satisfaction comes from serving the neighbour, and serving God by serving the neighbour. It is this reality that gives meaning to one’s life.”