Renungan Minggu Ini

THE HEART OF SUFFERING SERVANT

Senin 19 Maret 2018
Nats: Yesaya 42:1-9  – Hati Hamba dari Yesus Kristus
(1) Bacaan ini adalah nubuat kedatangan Mesias, dan di sini Ia disebut Hamba Allah. Ia adalah Raja dan Penguasa yang datang kepada umat-Nya untuk melayani.
(2) Karakter apa saja dari seorang hamba yang dinyatakan di sini?
(3) Bagaimana sikap hamba ini atas penderitaannya (ayat 2)? Dan bagaimana empatinya atas penderitaan orang yang dilayani (ayat 3)?
(4) Dari bacaan ini, bagaimana anda melihat Yesus hamba Allah telah melayanimu? Bagaimana responmu kepadaNya?

Selasa 20 Maret 2018
Nats: Yesaya 50:1-11 – Sikap Hidup Menjadi Murid Kristus
(1) Ayat 1-3 bicara soal fakta dosa yang menjadi penyebab kesengsaraan hidup umat Israel dan bukan karena Tuhan tidak mengasihi dan memelihara hidup mereka. Apa yang anda pelajari dari bagian ini tentang aspek “blaming, self-deception dan self-pity” dari dosa?
(2) Apa attitude rohani dan respon sebagai seorang murid Kristus kepada Allah dalam ayat 4-6?
(3) Bagaimana sikap kita menghadapi unfairness dan injustice dalam hidup, dari bacaan ayat 7-11? Apa yang anda pelajari dari fasal 50 ini about the cost of discipleship kita kepada Yesus?

Rabu 21 Maret 2018
Nats: Yohanes 11:45-57 – The Plot to Kill Jesus
(1) Kesepakatan untuk membunuh Yesus diambil terlebih dahulu melalui proses diskusi teologi dan rohani sidang agama. Sebuah ironi, berbuat dosa atas nama kesucian agama. Blaise Pascal pernah berkata, “Men never do evil so completely and cheerfully as when they do it from religious conviction.”
(2) Apa alasan bagi sidang agama memutuskan untuk membunuh Yesus?
(3) Menurutmu, faktorapa yang memungkinkan pemimpin agamawi bisa melakukan evil dan mengintimidasi dan membinasakan orang atas nama ‘kebenaran?’
(4) Bagaimana sikap Yesus menghadapi ancaman evil ini?

Kamis 22 Maret 2018
Nats: Matius 26:14-35 – Perjamuan Terakhir Yesus dengan Murid-Murid
(1) Tindakan Yudas mengkhianati Yesus harus menjadi sikap mawas diri atas sifat dosa yang walau telah dilayani dengan segala kebaikan, sanggup menjual Yesus yang begitu baik kepadanya. Sebutkanlah semua sifat dosa yang ada dalam hati Yudas sampai akhirnya menjual Yesus?
(2) Bagaimana sikap dan pernyataan Yesus atas seriusnya dosa itu (ayat 22-25)?
(3) Dari bacaan ini, janji-janji apakah yang diberi oleh Yesus melalui jalan penderitaan-Nya ini, yang sanggup memberi kekuatan dan penghiburan bagimu saat ini? Bersyukurlah atas janji-janjiNya ini.

Jumat 23 Maret 2018
Nats: Ibrani 10:1-25 – Salib Yesus adalah Persembahan yang Sempurna
(1) Korban-korban Paskah membawa binatang setiap tahun tidak perlu lagi, sebab Yesus telah menjadi Domba Paskah, yang darah-Nya tercurah menghapus dosa sekali dan selama-lamanya.
(2) Dari bacaan ini, apa alasan penulis Ibrani berkata bahwa korban-korban Perjanjian Lama tidak mungkin menghapus dosa?
(3) Bagian ayat 19-25, perhatikan repetisi “marilah” menjadi nasehat penting bagaimana kita berespon atas keselamatan yang Kristus telah sediakan?

Sabtu 24 Maret 2018
Nats: Matius 27:45-66 – Apa yang Terjadi Ketika Yesus Mati
(1) Catatlah peristiwa apa saja yang terjadi ketika Yesus mati di kayu salib. Apa makna yang anda bisa mengerti dari “kegelapan langit” (lihatlah Amos 8:9, Yesaya 50:3, Yoel 2:31).
(2) Kematian Yesus bukanlah akhir, melainkan awal bagi ibadah baru kepada Allah (tirai terbelah) dan pengharapan kebangkitan orang mati. Luarbiasa!
(3) Apa yang anda pelajari dari sikap kepala pasukan yang hadir di Golgota? Dan apa yang masih ditakutkan oleh pemimpin agama, walau Yesus sudah dibunuh mereka? Mengapa bisa demikian?