Renungan Minggu Ini

PASTOR: HIS RIGHTS AND RESPONSIBILITIES IN MINISTRY

Senin 8 Januari 2018
Nats: Efesus 4: 1 – 16 – The Gifts Christ gives to the Church
(1) Dari ayat 1-6, bagaimana anda menyimpulkan prinsip-prinsip penting apa artinya “gereja” itu?
(2) Dari ayat 7, Paulus berkata bahwa Kristus memberikan gerejaNya (ayat 11) “special gifts” yaitu karunia jabatan. Karunia khusus apa saja itu? Dan melalui Efesus 2:20, dikatakan bahwa jabatan rasul dan nabi bersifat fondasi bagi gereja, karena merekalah yang menerima wahyu Tuhan, dan ketika era fondasi selesai, maka jabatan ini tidak terus berlanjut dalam perjalanan gereja. Jabatan rasul dan nabi berhenti ketika wahyu Tuhan telah selesai difirmankan dan dituliskan.
(3) Karunia gembala dan pengajar adalah pemberian Kristus kepada gerejaNya, dan apa tugas dan tanggung jawab mereka? Bagaimana anda memahami arti “gembala” dan “hamba Tuhan” di gereja lokal anda?

Selasa 9 Januari 2018
Nats: 1 Korintus 9: 1 – 27 – Support Those who Preach Good News
(1) Adalah hak bagi setiap pelayan Injil untuk mendapatkan duungan finansial dan materi bagi kehidupannya. Atas dasar apa Paulus menjelaskan bahwa dukungan hidup secara materi ini adalah hak?
(2) Mengapa sampai Paulus harus menyebut ini adalah hak? Persepsi keliru apa yang terjadi di Korintus atasnya?
(3) Paulus berinisiatif melepaskan hak menerima bayaran di Korintus, apa sebabnya? Apa saja prinsip yang anda bisa dapatkan dari sikap Paulus yang selalu mau relevan kepada setiap orang dan budaya?

Rabu 10 Januari 2018
Nats: 1 Petrus 5: 1 – 13 – Care for the Flock that God has Entrusted
(1) Petrus menyebut diri juga sebagai penatua. Penatua adalah jabatan dalam gereja sebagai gembala dan pemimpin jemaat lokal. Tugas pertama para gembala adalah menggembalakan domba-domba Allah (ayat 2). Mengapa firman Allah menggunakan metaphor gembala dan domba?
(2) Tugas kedua, mengawasi dengan tekun dan rela. Dan tugas ketiga, memimpin dengan contoh nyata. Mengapa tugas ini penting sekali?
(3) Apa panggilan firman Allah kepada jemaat dalam tanggung jawab mereka kepada para pemimpin dan gembala mereka? Mengapa respek itu penting? Dan bagaimana kewajiban anda menghormati para gembala gerejamu?

Kamis 11 Januari 2018
Nats: 2 Korintus 4: 1 – 18 – Truth and Honesty: The Heart of Minister
(1) Ayat 1, Paulus bicara soal dia menerima panggilan pelayanan sebagai hamba Tuhan. Dan dua hal ini: truth dan honesty dia tekankan sebagai jantung pelayanannya. Mengapa ini penting sekali?
(2) Ayat 5 bicara soal berita dari pelayanan adalah Kristus, bukan diri sendiri. Mengapa godaan puji diri kuat sekali dalam diri para minister?
(3) Ayat 16, “we never give up” penting sekali memotivasi hamba Tuhan. Renungkan ayat 8-18, dan temukanlah prinsip-prinsip penting bagaimana di tengah tekanan pelayanan yang sangat berat, Paulus bisa berkata “never give up?”

Jumat 12 Januari 2018
Nats: 2 Korintus 5: 1 – 10 – Beri Pertangungan Jawab kepada Kristus
(1) Anda tidak akan selama-lamanya melayani dan hidup dalam dunia ini. Bagaimana prinsip firman Allah di sini mengajarkan kita untuk memasuki fase menjadi tua dan pensiun dari jabatan pelayanan?
(2) Apa sebab banyak orang mengalami “post power syndrome?”
(3) Bagaimana prinsip ayat 10 menuntun pelayanan anda sekarang dan membuat anda berpikir apakah yang akan tinggal tetap selama-lamanya? Apa itu keberhasilan pelayanan?

Sabtu 13 Januari 2018
Nats: 2 Korintus 5: 11 – 21 – Kemegahan Hamba Tuhan sebagai Duta Besar Kristus
(1) Selain menyebut mereka yang melayani sebagai budak dan hamba, firman Tuhan juga menyebut mereka sebagai duta besar. Kebanggaan apa yang dinyatakan dalam diri hamba Tuhan sebagai seorang duta besar?
(2) Ayat 11, Paulus bicara mengenai “responsibilities” sebagai seorang hamba Tuhan. Apa tugas utama mereka?
(3) Mengapa kita perlu begitu “terobsesi” sama Kristus? Adakah spirit pelayanan kita seperti ini?