Renungan Minggu Ini

INJIL YOHANES:
YESUS BICARA TENTANG ROH KUDUS

Senin 25 Desember 2017
Nats: Yohanes 14: 1 – 14 – Akulah Jalan, Kebenaran, dan Hidup
(1) Apakah yang menyusahkan hati murid-murid di sini? Kematian, perceraian, dan kehilangan sesuatu yang berharga adalah kondisi perubahan yang paling mendatangkan stress dalam hidup. Mengapa?
(2) Bagaimana Yesus menghibur hati murid-murid? Bagaimana firman Allah di sini juga memberi penghiburan bagimu?
(3) Bagaimanakah Yesus makin membukakan siapakah diriNya di hadapan murid-murid? Siapakah Yesus yang anda kenal dalam hidupmu?

Selasa 26 Desember 2017
Nats: Yohanes 14:15 – 31 – Yesus akan Mengutus Roh Kudus
(1) Ayat 15, Yesus menggemakan inti dari semua perintah Perjanjian Lama (lihat Ulangan 5:10; 6:5-6; 10:12-13; 11:13, 22) dan otoritas firman Yesus sama dengan Perjanjian Lama. Kasih yang sejati menyatakan diri dalam ketaatan yang penuh sukacita.
(2) Bagaimanakah relasi Roh Kudus dengan orang-orang percaya yang dinyatakan Yesus di sini?
(3) Siapakah Roh Kudus dan apa pekerjaan yang dilakukanNya? Adakah anda memiliki kesadaran akan relasi yang intim dengan Roh Kudus dalam hidupmu sekarang?

Rabu 27 Desember 2017
Nats: Yohanes 15: 1 – 17 – Yesus Pokok Anggur Sejati
(1) “Vine” dan “Vineyard” adalah lukisan Perjanjian Lama akan umat Allah Israel (lihat Yesaya 5:1-7). Lihatlah kontras antara umat Allah Israel dengan Yesus, dimanakah letak perbedaannya?
(2) Apakah yang Allah Sang Pemilik Kebun Anggur lakukan untuk memaksimalkan buah-buah pokok anggur?
(3) “Tinggal dalam Yesus” adalah satu-satunya syarat untuk hidup dan berbuah. Dan apakah bukti buah dari hidup seorang murid yang sejati dari Yesus? Dapatkah seseorang memalsukan diri sebagai murid padahal bukan sungguh percaya?

Kamis 28 Desember 2017
Nats: Yohanes 15: 18 – 16: 4 – Dunia Membenci Pengikut Yesus
(1) Orang Kristen dewasa ini tidak perlu kaget jika kebencian dan aniaya dari orang-orang tidak percaya selalu ada dan mereka alami.
(2) Mengapa dunia membenci Yesus dan murid-muridNYa? Dan bagaimana Yesus memberi penghiburan jika aniaya karena iman tiba kepadamu?
(3) Bagaimana kebencian bisa berubah menjadi iman kepada Yesus? Apa artinya bersandar penuh pada kuasa Roh Kudus dalam setiap pelayananmu?

Jumat 29 Desember 2017
Nats: Yohanes 16: 5 – 24 – Your Sorrow will turn into Joy
(1) Ketika Yesus ada dalam dunia sebagai manusia, Dia hanya bisa ada di satu lokasi, tetapi Roh Kudus akan membawa karya pelayanan Yesus ke seluruh bumi dalam sepanjang waktu. Itu sebab Yesus harus pergi.
(2) Bagaimanakah Yesus makin menyatakan identitas dan pekerjaan Roh Kudus itu?
(3) Apa yang membuat murid-murid bersedih? Tetapi bagaimana kesedihan itu berubah jadi sukacita? Dimanakah letak sukacita anda sekarang? Bagaimana firman ini membukakan mata anda mengenai relasi dengan Roh Kudus?

Sabtu 30 Desember 2017
Nats: Yohanes 16: 25 – 33 – Yesus telah mengalahkan Dunia
(1) Apakah artinya “waktuKu telah tiba”?
(2) Bagaimana anda bisa mengajarkan bahwa kematian bagi orang percaya adalah “meninggalkan dunia dan pergi ke Bapa?”
(3) Ayat 33, Tuhan tidak menjanjikan tidak ada aniaya, tetapi di tengah aniaya dan penderitaan, Ia memberikan damai sejahtera. Bagaimana firman Allah ini menguatkan anda dalam realita hidupmu sekarang? Adakah anda kuatir dan kehilangan damai sejahtera? Apa sebabnya?