Renungan Minggu Ini

INJIL YOHANES

Senin 18 Desember 2017
Nats: Yohanes 1: 1 – 18 – Arti “Christmas” bagi Injil Yohanes
(1) Ada dua kitab dimulai dengan frase “Pada mulanya” yaitu Kejadian 1:1 dan Injil Yohanes 1:1. Menurutmu makna apa yang ingin disampaikan rasul Yohanes dengan mensejajarkan pembukaan Injilnya dengan kitab Kejadian?
(2) Jika pembukaan Injil ini menjadi tema restorasi dan “re-creation” dari kegagalan dosa manusia di awal kitab Kejadian, maka apa yang anda dapat lihat yang Yesus lakukan dalam memulihkan “re-creation” dan redemption of creation?
(3) Rasul Yohanes kagum dengan kemuliaan Kristus. Kemuliaan seperti apa saja yang diungkapkan Yohanes di sini?

Selasa 19 Desember 2017
Nats: Yohanes 1:19 – 34 – Powerful Testimony from John the Baptist
(1) Mengapa official pemimpin agama mengajukan pertanyaan akan keabsahan pelayanan Yohanes? Secara jabatan dan kedudukan official, Yesus dan Yohanes Pembaptis tidaklah masuk hitungan resmi official. Lantas apa yang anda pelajari di sini tentang fungsi pelayanan dan arti dipanggil melayani?
(2) Sebutan apa saja yang muncul di sini mengenai siapakah Yesus itu?
(3) Mengapakah kesaksian orang lain itu penting sekali bagi peneguhan pelayanan seseorang? Secara jabatan official dari bawah, Yesus tidak masuk hitungan, tetapi yang terpenting adalah kesaksian dari atas, dari Tuhan.

Rabu 20 Desember 2017
Nats: Yohanes 1: 35 – 51 – Kesaksian Murid-murid tentang Yesus
(1) Bagaimana anda melihat sikap Yohanes Pembaptis di sini ketika murid-muridnya mengikuti Yesus? Bagaimana anda mengerti apa artinya “Dia harus makin besar, dan aku makin kecil.”
(2) Coba simak bagaimana progresif pengenalan orang-orang yang akhirnya jadi murid-murid Yesus ini dari awal berjumpa sampai selanjutnya? Apa tujuan yang ingin dinyatakan rasul Yohanes melalui kisah pengenalan murid-murid ini?
(3) Apa yang Natanael akhirnya percaya bahwa Yesus benar dari Allah?

Kamis 21 Desember 2017
Nats: Yohanes 2: 1 – 12 – Mujizat Pertama menjadi Kesaksian Siapa Yesus
(1) Ayat 11 menyatakan apa tujuan dari Yesus melakukan tanda mujizat pertama ini?
(2) Apa makna rohani dari tanda mengubah air jadi anggur? Dalam konteks PL, kita tahu bahwa Israel sering disimbolkan sebagai Vine dan vineyard.
(3) Mengapa Yesus melakukan tanda mujizat pertama ini di dalam konteks sukacita perjamuan nikah?

Jumat 22 Desember 2017
Nats: Yohanes 2: 13 – 25 – Penghukuman Pertama menjadi Kesaksian Siapa Yesus
(1) Perbuatan kedua dari Yesus yang dicatat di awal oleh Yohanes, setelah perbuatan pertama yaitu mujizat air jadi anggur, adalah pembersihan Bait Allah. Apa yang anda bisa pelajari intention yang ingin disampaikan rasul Yohanes di sini?
(2) Kebobrokan rohani apa yang anda bisa rasakan dari semua aktifitas jual beli dengan kedok pelayanan dan persembahan secara rohani?
(3) Apa yang anda pelajari dari pembersihan Bait Allah ini mengenai perspektif Yesus tentang bentuk pelayanan dan aktiftas gereja anda? Adakah hal yang harus kita waspadai agar tidak mengulangi kebobrokan yang sama?

Sabtu 23 Desember 2017
Nats: Yohanes 3: 1 – 15 – Lahir Baru: Hanya Karya Roh bagi Pintu masuk ke Surga
(1) Nikodemus baru akan melihat kebenaran rohani, dari sekedar melihat kehebatan Yesus secara lahiriah melalui mujizat, melalui kuasa Roh Kudus.
(2) Yesus memberi alasan mengapa mutlak harus melalui kelahiran baru manusia dapat masuk kerajaan Allah?
(3) Apa buktinya bahwa seseorang telah dilahirbarukan oleh Roh Kudus?