Renungan Minggu Ini

ORANG-ORANG PADA AKHIR HIDUPNYA

Senin 11 Desember 2017
Nats: Hakim-hakim 16: 1 – 31 – Simson: Hidup Berakhir dengan Pemulihan Iman
(1) Kesempatan dan tantangan apa yang ada di dalam diri seseorang yang “hampir” memiiki semua kehebatan dan kemampuan, seperti layaknya Simson?
(2) Lihat ayat 20, kehebatan diri hancur karena kehancuran moral dan rohani. Bagaimana anda melihat doa Simson di ayat 28 akan pengakuan bahwa Allah sumber kekuatan hidupnya?
3) Bagaimana anda melihat kisah Simson ini, lahir sebagai anak dengan kehebatan khusus, dengan semua kemauan selalu dituruti orang tua, menjadi warning dalam hal pendidikan membesarkan anak anda?

Selasa 12 Desember 2017
Nats: 2 Raja-raja 2: 1 – 18 – Elia: Diangkat ke Surga agar Elisa Meneruskan
(1) Tuhan jelas menyatakan bahwa Elisa meneruskan pelayanan Elia. Ada 2 kali firman Tuhan menyatakan hal ini (lihat ayat 2 dan 6), tetapi kenapa Elia menyuruh Elisa pergi darinya? Apakah ini sebuah ujian ataukah sesungguhnya ketidak-relaan Elia mengakhiri dan memberi pelayanan kepada Elisa?
(2) Ayat 9 Elisa meminta “dua bagian” berarti Elisa mau menjadi anak sulung (lihat tradisi Ulangan 2:15-17) bagi pelayanan nabi Elia. Mengapa nabi Elia menjawab bahwa hal itu “sukar”? Adakah dia enggan? Dia merasa unreplaceable?
(3) Lihat bagaimana Tuhan menjawab permintaan cara kepergian Elia (lihat ay. 10) dan Roh Allah sendiri yang meneguhkan pelayanan Elisa. Ingat, kita hanyalah bejana tanah liat yang dipakai menaruh “emas” kemuliaan Kristus.

Rabu 13 Desember 2017
Nats: 2 Raja-raja 20: 1 – 21 – Hizkia: Kesempatan Tambah Umur, tapi Malah Lebih Buruk
(1) Di satu sisi, Hizkia tahu bahwa hanya Tuhan yang sanggup menyembuhkannya, tetapi pada sisi lain, dia merasa berhak disembuhkan sebab jasa-jasa kebaikannya. Walau Hizkia memiliki problem attitude self-righteous, namun Tuhan tetap memberikan kesembuhan.
(2) Mengapa Hizkia minta tanda bukti bagi janji kesembuhan Tuhan? Dan mengapa dia yang menentukan “term & conditionnya”?
(3) Apa yang anda pelajari dari sikap pongah Hizkia dari ayat 19? Apa yang terjadi jika seseorang tidak melihat kesempatan mendapatkan pengobatan yang baik dan diperpanjang umur sebagai anugerah yang patut disyukuri dan harus memuliakan Tuhan?

Kamis 14 Desember 2017
Nats: Yeremia 52: 1 – 30 – Zedekia: Melihat Keruntuhan pada Akhir Hidup
(1) Zedekia telah berulang kali diperingatkan oleh firman Allah melalui Yeremia, tetapi dia tidak mau taat dan merendahkan diri kepada Tuhan. Kesempatan Allah itu ada batasnya.
(2) Apa akibat kejahatan Zedekia dan kecongkakannya bagi kehancuran kota dan keluarganya?
(3) Apa yang adan pelajari dari akhir hidup Zedekia yang tragis ini? Dan bagaimana anda melihat kesetiaan Tuhan dan janji-Nya atas Israel tidak pernah gagal, walau banyak raja-raja Israel tidak taat kepada-Nya?

Jumat 15 Desember 2017
Nats:  Kisah Rasul 7: 1 – 8:1a – Stefanus:  Dibunuh karena Kesaksian Iman
(1) Apa inti dari analisa singkat perjalanan sejarah bangsa Israel yang dipaparkan Stefanus ini? Menurutmu bagian mana dari khotbahnya yang mendatangkan amarah Mahkamah Agama?
(2) Apa artinya “Anak Manusia berdiri”, dan bukannya duduk? Kematian Stefanus begitu menyiksa sekali, mengapa Tuhan tidak menyelamatkan?
(3) Kisah ini ditutup dengan nama Saulus muncul. Mengapa?

Sabtu 16 Desember 2017
Nats: 2 Timotius 4: 6 – 8 – Paulus: Akhirilah Pertandingan Hidup yang Baik
(1) Kita tidak berkuasa menentukan kapan dan dengan cara bagaimana kita akan meninggal. Tetapi bagaimana kita memiliki sikap meresponi kematian yang mendekat itu yang penting.
(2) Banyak orang takut dan menghindar membicarakan soal kematian. Bagaimana rasul Paulus memberikan prinsip bagi kita untuk bersiap menghadapi kematian?
(3) Jika kematian bukan akhir, maka bagaimana ayat 8 memberikan sukacita kepada kita tentang hidup sesudah kematian?