Renungan Minggu Ini

NYANYIAN ORANG-ORANG PERCAYA DALAM ALKITAB

Senin 4 Desember 2017
Nats: Ulangan 32:1-43 – Nyanyian Musa
(1) Musa menanggil surga dan bumi menjadi saksi atas fakta bagaimana respons jahat manusia, khususnya umat Israel, terhadap segala kemurahan Allah atas mereka.
(2) Ayat 10-14, apa yang anda pelajari dari pemilihan dan pemeliharaan Allah atas umat Israel dengan lukisan induk rajawali membesarkan anak-anaknya?
(3) Mengapa umat Israel membalas dengan menendang Allah yang telah mengasuh mereka? Apa yang anda pelajari tentang sifat-sifat menusia di sini?
(4) Apa yang anda pelajari dan pahami akan keadilan Allah di sini?

Selasa 5 Desember 2017
Nats: 1 Samuel 2:1-26 – Nyanyian Hana
(1) Nyanyian syukur Hana memuliakan Allah sang Pemberi. Bagaimana nyanyian Hana ini meminta kita bersikap di dalam berbagai “up and down” hidup dengan perspektif yang benar akan karakter Allah?
(2) Bagaimana anda melihat kontras nyanyian Hana ini dengan perilaku pelayan Allah yang katanya melayani Allah?
(3) Apakah dalam aktifitas sehari-hari anda mengaitkan semua itu sebagai ibadah yang penuh syukur dan sukacita, serta memiliki “sense of awesomeness” akan Tuhan?

Rabu 6 Desember 2017
Nats: Habakuk 3:1-19 – Nyanyian Ratap Habakuk
(1) Ketika di dalam penindasan dan kesakitan yang tak kunjung berakhir, doa Habakuk agar Tuhan mengingat kasih sayangNya, dan bukan mengingat-ingatkan kebaikan dan jasa kita.
(2) Ayat 3-15, ketika hampir putus asa karena tekanan berat, bagaimana memori akan pemeliharaan Allah di masa lalu menjadi kekuatan bagi anda?
(3) Ayat 16-19, ketika anda menghadapi persoalan berat di dalam hidup sekarang, janji dan prinsip apa yang firman ini berikan kepadamu?

Kamis 7 Desember 2017
Nats: Kejadian 4:17-26 – Nyanyian Benci Lamekh
(1) Inilah catatan syair lagu dan nyanyian yang dipakai sebagai kendaraan untuk mengekspresikan benci dan amarah.
(2) Perhatikan bagian ini, bagaimana keturunan Kain yang menjadi sumber kejahatan tetapi mereka menjadi pelopor budaya dan teknologi.
(3) Melalui bacaan firman hari ini, renungkan bagaimana sikap kita menebus budaya yang telah berdosa dan memakainya bagi kemuliaan Allah.

Jumat 8 Desember 2017
Nats: Lukas 1:46-56, 67-80 – Nyanyian Maria dan Nyanyian Zakharia
(1) Nyanyian ini adalah kontras usia: Maria yang gadis remaja dan Zakharia yang tua uzur.
(2) Apa yang anda pelajari dari nyanyian Maria menolong ibadah pribadimu? Sifat-sifat Allah seperti apa yang dipuji oleh Maria?
(3) Apa yang anda pelajari dari nyanyian Zakharia menolong ibadah pribadimu? Sifat-sifat Allah seperti apa yang dipuji oleh Zakharia?

Sabtu 9 Desember 2017
Nats: Filipi 2:1-11 – Nyanyian Gereja Mula-mula
(1) Mengapa Paulus mengutip syair nyanyian awal Gereja Mula-mula ini bagi jemaat Filipi?
(2) Apa isi dari nyanyian ini yang memuji kerendahan dan keagungan Yesus Kristus?
(3) Theology of suffering and theology of glory adalah dua sisi satu koin. Mengapa ketaatan dan kerendahan hati harus menjadi the attitude of life?