Renungan Minggu Ini

KOLOSE: KEDEWASAAN BERAKAR DALAM KRISTUS

Senin 13 November 2017
Nats: Kolose 1: 1 – 14 – A Prayer for The Fullness of Christian Mind
(1) Ketika Paulus mengingat jemaat Kolose dalam doa, ia pertama-tama bersukacita mengutarakan semua keindahan iman dan pengharapa jemaat ini. Apa yang anda pelajari dari doa syukur Paulus di ayat 1-8?
(2) Ayat 9, doa memohon bagi “Christian mind”. Dimanakah dan bagaimanakah anda bisa mendapatkan segala kepenuhan hikmat rohani dan pengertian itu?
(3) Ayat 10, “spiritual understanding” harus ditransfer menjadi “walk.” Dalam hal apa dan bagaimana pengetahuan iman itu dipraktikkan sesuai dengan ayat 10-14?

Selasa 14 November 2017
Nats: Kolose 1: 15 – 2: 5 – Christ is the Lord of Universe and Redemption
(1) Di sini Paulus memberikan alasan mengapa Yesus diutamakan. Mengapa Dia diutamakan sebagai the Lord of Universe?
(2) Dan mengapa Yesus juga menjadi the Lord of His Church? Dan mengapa Yesus juga harus menjadi Tuhan atas jemaat Kolose dan juga kita?
(3) Maka Paulus bicara betapa priviledge dan sukacitanya melayani Yesus ini. Bagaimana fasal 1:24-2:5 memberikan anda prinsip-prinsip indah dalam menghadapi kesulitan pelayanan?

Rabu 15 November 2017
Nats: Kolose 2: 6 – 23 – Christ is Enough for Me, He is Your Fullness
(1) Bahaya penipuan rohani berkedok dengan sangat rohani penuh dengan disiplin rohani yang ajaib dan luar biasa. Dapatkah anda temukan melalui bacaan ini apa sebab kedok super spiritual ini berbahaya?
(2) Mengapa sumber satu-satunya keselamatan adalah Injil Kristus, lihat ayat 11-15? Mengapa Kristus saja itu cukup tidak perlu tambah apa-apa lagi?
(3) Ayat 17, Kristus adalah substansi semua isi firman Allah. Agar Injil Kristus tetap relevan bagi zaman ini, anda harus membedakan mana subtansi penting dan mana hanya alat atau kendaraan untuk membawa Injil agar menjawab tantangan zaman anda?

Kamis 16 November 2017
Nats: Kolose 3: 1 – 17 – Hidup dalam Dunia dengan Fokus Kekekalan
(1) Ayat 1-4 memberi alasan mengapa sekarang hidup dalam dunia, mata kita harus melihat yang di atas sana?
(2) Ayat 5-11 bicara soal disiplin rohani: mortification of sin. Mengapa disiplin ini mutlak penting? Bagaimana anda mendisiplin diri dalam hal ini?
(3) Ayat 12-17 bicara soal disiplin rohani mengenakan manusia baru. Bagaimana ayat firman ini memenuhi hidupmu sampai penuh melimpah? Bagaimana anda menerapkan ayat-ayat ini dalam hidupmu hari ini dan seterusnya?

Jumat 17 November 2017
Nats: Kolose 3: 18 – 4: 6 – Living in the Christian Household
(1) Bagaimana anda menerapkan kepenuhan Kristus dalam keluargamu? Apa prinsip praktis yang harus dilakukan di sini? Mengapa prinsip ini penting sekali dan saling terkait?
(2) Bagaimana prinsip relasi budak dan tuan dalam konteks waktu itu diterapkan dalam pekerjaan anda sekarang?
(3) Bagaimana bagian firman ini mengajarkan tentang spiritualitas kerja? (4) Bagaimana ayat 2-6 memberi prinsip-prinsip tentang kesempatan pelayanan di tempat kerja dimana anda berada?

Sabtu 18 November 2017
Nats: Kolose 4: 7 – 18 – Indahnya Persekutuan Sahabat Pelayanan
(1) Kenalilah 2 orang pertama yang disebut Paulus: Tikhikus dan Onesimus (lihat Kis 20:4; Ef 6:21, 2 Tim. 4:12, Tit 3:12, dan Filemon). Bagaimana Paulus menyebut mereka?
(2) Kenalilah orang-orang selanjutnya yang jadi rekan dan sahabat Paulus. Apa yang anda pelajari tentang persahabatan yang penuh itu?
(3) Walau dalam kesulitan di penjara, bagaimana anda melihat perhatian Paulus kepada jemaat-jemaat?