Renungan Minggu Ini

2 TIMOTIUS DAN TITUS:
PEMBENTUKAN PELAYAN YANG SEJATI

Senin 9 Oktober 2017
Nats: 2 Timotius 1:1 – 18 – Jangan Malu jadi Hamba Tuhan yang Sejati
(1) Dari ayat 3-7, daftarkan dan renungkanlah berbagai ciri dan karateristik apa saja bahwa seseorang hamba Tuhan itu memiliki iman yang sejati dan benar jiwa pelayanannya?
(2) Apa sebab Timotius merasa takut (fear, ayat 7) dan malu (ashamed, ayat 8)? Dan bagaimana pengalaman pelayanan Paulus menjadi dorongan baginya? (ayat 8-14)
(3) Ayat 15-18, bicara mengenai fakta rekan kerja yang sejati dan yang bermotif palsu dan jahat. Apa yang anda pelajari dari fakta ini? Apa yang membuat anda bisa bertahan di jalan yang benar sampai akhir dalam pelayanan?

Selasa 10 Oktober 2017
Nats: 2 Timotius 2:1 – 15 – Hamba Tuhan itu Tentara, juga Atlet, sekaligus Petani
(1) Firman Allah memberikan gambaran seorang hamba Tuhan sebagai tentara, atlet, dan petani. Apa arti dan manfaat yang anda dapatkan dari gambaran ini?
(2) Sebutkanlah sifat emosional dan karakter negatif apa yang harus dibuang jauh dari hidup seorang pelayan Tuhan?
(3) Ada berapa kali Paulus menyebut bahwa panggilan menjadi hamba Tuhan adalah panggilan menderita? Mengapa kita perlu bersabar dalam penderitaan pelayanan?

Rabu 11 Oktober 2017
Nats: 2 Timotius 3:1 – 17 – Hamba Tuhan melawan Arus Dunia, Cinta Uang dan Cinta Diri
(1) Ayat 2 bicara soal cinta diri dan cinta uang, bagaimana nafsu pelayanan seperti ini mendatangkan kerusakan? Bagaimana ayat 1-9 memperlihatkan ciri yang harus diwaspadai ketika seseorang mulai jatuh kepada cinta diri dan cinta uang?
(2) Untuk menghadapi arus cinta diri dan cinta uang, apa yang Paulus contohkan kepada Timotius?
(3) Ayat 17 menyebut hamba Tuhan sebagai “man of God.” Apa arti dan bagaimana menjadi manusia Allah dari pasal 3 ini?

Kamis 12 Oktober 2017
Nats: 2 Timotius 4:1 – 22 – Hamba Tuhan Coram Deo “In the Presence of God”
(1) Ayat 1 menyatakan bahwa seorang hamba Tuhan itu adalah coram deo, in the presence of God. Apa prinsipnya berdiri di hadapan Allah? Mengapa prinsip ini penting sekali?
(2) Bagaimana bagian firman Tuhan ini mengajar anda untuk selalu “fight the good fight” dalam pelayanan?
(3) Ayat 9-18 bicara fakta tersendiri dari hidup pelayanan Paulus. Bagaimana bagian ini mengajar anda tentang oposisi, hinaan, dan ditinggal tersendiri dalam pelayanan anda?

Jumat 13 Oktober 2017
Nats: Titus 1:1 – 2:15 – Jadi Hamba Tuhan yang Berani
(1) Titus diperintah untuk berani menegur dan memperbaiki kerumitan gereja di Kreta. Persoalan apa saja yang ada di antara para pemimpin dan penatua gereja?
(2) Pasal 2:1-10 bicara soal mengatur order relasi rumah tangga gereja. Prinsip-prinsip apa yang firman berikan mengenai tanggung jawab orang yang tua kepada yang muda?
(3) Perhatikanlah bahwa firman Tuhan di sini bicara soal masalah “persoalan kata-kata dari mulut” yang jadi sumber masalah.
(4) Apa yang dapat anda simpulkan tentang kaitan “self-control” dan “sound speech” (ayat 8), “not argumentative” (ayat 9) agar hidup kristiani anda jadi berkat bagi orang luar?

Sabtu 14 Oktober 2017
Nats: Titus 3:1 – 15 – Menuntun Jemaat Hidup Taat dan Harmonis
(1) Bagaimana ayat 1-2 memberikan prinsip kesaksian hidup orang Kristen kepada dunia sekitarnya?
(2) Coba pelajari ayat 3-7 menjadi contoh kesaksian pribadi bagaimana Injil merubah anda yang dulu hidupnya seperti apa dan sekarang telah dirubahkan. Buatlah kesaksian pribadi anda berdasarkan pola ini!
(3) Ayat 10 memberi prinsip bagaimana bersikap kepada orang yang suka gossip memecah belah.