Renungan Minggu Ini

1 TIMOTIUS: FONDASI PELAYANAN YANG SEJATI

Senin 2 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 1:1 – 20 – Hadapi Pelayan yang Palsu
(1) Ayat 5 adalah fondasi teguh karateristik seorang pelayan Tuhan yang sejati yang selalu terbuka dengan teguran dan arahan firman Tuhan.
(2) Ayat 6-11 bagaimana firman ini mengkategorikan bahwa seseorang itu pelayan yang palsu? Amatilah langkah demi langkah yang disebut dalam firman ini akhirnya seseorang menjadi “false teachers?”
(3) Ayat 12-17 adalah kesaksian Paulus akan kuasa Injil yang merubahnya. Apa yang anda pelajari dari cara da nisi kesaksian Paulus ini?
(4) Adakah ayat 17 juga menjadi tujuan hidupmu saat ini?

Selasa 3 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 2:1 – 15 – Bentuklah Jemaat yang Berpusat pada Kristus
(1) Pasal 2 adalah panggilan Paulus agar Timotius membangun sebuah jemaat yang bepusat pada Kristus. Pertama-tama, bicara soal doa dan ibadah publik jemaat mereka.
(2) Bagaimana bagian firman ini membukakan pikiran anda tentang apa itu doa dan mengapa harus berdoa?
(3) Kejatuhan Adam dan Hawa dalam dosa karena mengikuti pendapat sendiri dan “mess up” dengan otoritas Tuhan. Paulus memberi prinsip keteraturan dalam otoritas dalam bagian ini menjadi prinsip penting bagaimana sebuah jemaat harus takluk kepada orotitas Kristus sebagai Kepalanya.

Rabu 4 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 3:1 – 16 – Bentuklah Pimpinan Jemaat yang Takut akan Tuhan
(1) Jemaat sebagai komunitas orang percaya memerlukan pelayanan: ruling and teaching God’s Word dan pelayanan household jemaat sehingga rapi dan bertumbuh.
(2) Jabatan pertama adalah hamba Tuhan atau penatua. Pimpinan yang dipilih ini harus menyatakan kualitas seperti apa saja yang dituntut firman Allah?
(3) Bagaimana dengan kualitas seorang diaken menurut firman Allah?
(4) Ayat 14-16, bagaimana firman Allah menyebut apa sifat gereja itu? Itu sebab mengapa para pemimpin jemaat harus berkarakter mulia sepadan dengan kemuliaan arti sebuah jemaat Allah.

Kamis 5 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 4:1 – 16 – Bentuklah Dirimu menjadi Pelayan yang Setia
(1) Ayat 1-5, menyebut ciri dan sikap otoriter yang memaksa seperti apa yang ada dalam diri pengajar sesat? Bagaimana bagian firman ini menolong anda memahami apa arti halal dan menafsirkan larangan halal dan haram dalam Perjanjian Lama?
(2) Ayat 6-10, bagaimana membentuk diri menjadi seorang pelayan Kristus yang baik dan benar?
(3) Ayat 11-16, bagaimana perkataan dan pengajaran seorang pelayan Kristus menjadi berkuasa dan didengarkan jemaat?

Jumat 6 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 5:1 – 6:2 – Bentuklah Relasi antar Jemaat yang Sehat
(1) Bagaimana firman ini memberi prinsip untuk bersikap dalam relasi kepada yang tua dan melayani para janda yang miskin?
(2) Prinsip-prinsip apa yang dapat anda terapkan secara nyata bagi pelayanan diakonia gereja dewasa ini?
(3) Ayat 14 bicara soal janda muda yang diminta untuk menikah lagi. Coba anda memikirkan prinsip Alkitab ini karena dewasa ini kita hadapi banyak kasus-kasus seperti ini?
(4) Ayat 17-6:2 memberi prinsip bagaimana dengan benar menyelesaikan konflik dan persoalan relasi yang suka gossip dan menuduh tanpa dasar?

Sabtu 7 Oktober 2017
Nats: 1 Timotius 6:3 – 21 – Hadapilah Pengajar Sesat dan Orang Kaya
(1) Apa bahaya yang ditimbulkan jika ada pengajar sesat muncul di tengah-tengah jemaat? Disiplin rohani apa yang harus dilakukan?
(2) Bagaimana persoalan finansial kerap jadi pencobaan yang menjatuhkan bagi hamba Tuhan? Bagaimana firman ini memberi wejangan kepada anda dalam bersikap dengan materi dan uang? (3) Ayat 11 adalah panggilan firman yang begitu tegas untuk menjadi hamba Tuhan yang terus lakukan “good fight.” Apa saja yang harus diperangi dan diwaspadai dalam pelayanan dari bagian firman Allah ini?