Renungan Minggu Ini

YAKOBUS: IMAN YANG HIDUP

Senin 25 September 2017
Nats: Yakobus 1:1 – 18 – Iman yang Teruji
(1) Ujian datang dari Tuhan, pencobaan datang dari Setan. Tuhan menguji agar iman makin dikuatkan, Setan mencobai agar kita tergoda dan berdosa. Inilah perbedaan mendasar antara pengujian dan pencobaan.
(2) Apa yang menyebabkan setiap tantangan dan kesulitan menjadi pencobaan yang memberontak kepada Tuhan?
(3) Waktu anda dalam ujian hidup, firman Tuhan di sini meminta kita harus memiliki pespektif seperti apa mengenai siapa Tuhan kita?
(4) Bagaimana proses ujian membentuk anda dan menghasilkan apa saja dalam hidupmu menurut janji firman ini? Kaya atau miskin dapat menjadi pencobaan yang menjatuhkan. Apa yang anda pelajari dari firman ini?

Selasa 26 September 2017
Nats: Yakobus 1:19 – 2:13 – Menjadi Pelaku Firman
(1) Mengapa prinsip firman ini “be quick to hear, slow to speak” penting sekali bagi pertumbuhan hidup rohani kita?
(2) Bagian firman Tuhan ini memberikan peringatan akan kerusakan-kerusakan apa saja yang bisa terjadi dalam ibadah dan keagamaan eksternal seseorang?
(3) Kemunafikan beragama dan sikap judgmental ditegur dalam firman ini. Bagaimana peringatan firman Allah hari ini menjaga kaki anda tidak terjatuh ke dalam lubang bahaya ini? Apa yang anda harus lakukan sebagai bukti iman yang murni?

Rabu 27 September 2017
Nats: Yakobus 2:14 – 3:12 – Taming the Tongue
(1) Bagaimana firman Allah ini menyatakan bukti bahwa iman yang sejati harus dibuktikan dengan perbuatan? Apa yang anda pelajari dari perbuatan iman Abraham dan Rahab yang dijadikan bukti oleh firman Tuhan ini?
(2) Jika firman mengatakan bahwa “we all stumble in many ways” (3:2), maka bagaimana kita harus memiliki sebuah “healthy introspection” atas hidup kita?
(3) Lidah itu seperti api. Maka bagaimana firman Allah ini memberi perintah untuk kita bisa “taming the tongue” sebelum api itu menjalar dengan tidak terkontrol?

Kamis 28 September 2017
Nats: Yakobus 3:13 – 4:12 – Adakah Anda Seorang Bijak?
(1) Ayat 13 bicara soal arti jadi orang bijak. Firman ini menyebutkan bukti-bukti sifat yang membuktikan hidup seseorang bukanlah orang bijak, apa saja bukti-bukti itu?
(2) Iri hati yang mendatangkan pertengkaran. Apa akibat dari hidup yang selalu iri hati? Mengapa iri sangat merusak?
(3) Bagian firman ini memberikan anda obat penawar iri hati: bagaimana langkah-langkah firman Allah di sini memimpin kepada hidup “humble before the Lord?”

Jumat 29 September 2017
Nats: Yakobus 4:13 – 5:6 – Jangan Takabur jika Kaya dan Sukses
(1) Inti perikop firman Allah hari ini adalah ayat 16 “your boast in your arrogance” dan ini adalah jahat dan dosa.
(2) Apa sebab orang Kristen ini sombong dan arogan? Apa peringatan firman Tuhan ini yang patut membuat kita selalu mawas diri dan rendah hati?
(3) Peringatan apa yang firman ingatkan tentang kekayaan dan bagaimana kita bersikap atasnya?

Sabtu 30 September 2017
Nats: Yakobus 5:7 – 20 – Be Patient
(1) Ayat 7 “be patient” adalah panggilan firman Allah bagaimana kita menjalani hidup. Apa artinya bersabar itu menurut contoh-contoh yang diberi dalam bagian ini? Mengapa kita tidak suka dan tidak bisa belajar bersabar?
(2) Ayat 13-14 menyebut hidup kita tidak terhindar dari “suffering” dan “sick.” Pada saat anda menghadapinya, apa saja perintah dan janji firman Tuhan bagimu dari perikop ini?
(3) Ayat 12 jangan keluarkan sumpah dari mulut, tetapi ucapkan doa. Di situlah mulut kita akan selalu jadi berkat bagi kemuliaan Tuhan dan tidak menjadi batu sandungan bagi sesama orang percaya.