Renungan Minggu Ini

PENGAJARAN YESUS TENTANG UANG

Senin 28 Agustus 2017
Nats: Lukas 12:13 – 34 – Di mana Hartamu, Di situ Hatimu
(1) Apa yang Yesus gambarkan tentang orang kaya ini? Ayat 16-19, seorang hebat, sukses, jago strategi bisnis dan perencana luar biasa. Tapi Yesus menyebutnya “orang bodoh,” kenapa? Ayat 21 jawabannya. Adakah anda kagum dengan sukses orang demikian?
(2) Ayat 22-31, apakah hati anda penuh dengan kuatir dengan uang dan kebutuhan hidup rasa masih kurang? Apa janji Tuhan di sini yang harus membuat anda tidak lagi diperbudak oleh uang?
(3) Ayat 34, jika hati kita bagi Tuhan dan pelayananNya, apakah harta kita juga di sana? Mengapa anda terlalu kuatir dan berhitungan dalam memberi hartamu bagi pelayanan? Adakah anda harus mendedikasikan kesetiaan anda lagi kepadaNya hari ini?

Selasa 29 Agustus 2017
Nats: Lukas 16:1 – 17 – You cannot Serve God and Money
(1) Manager ini jahat karena dia memperkaya diri dengan cara yang tidak benar tetapi dengan cara halus. Inilah korupsi. Pasti satu kali kelak akan terbongkar dan diadili. Tuhan tahu dan bertindak dengan adil.
(2) Kita hanyalah manager penata-layan harta milik Tuhan dalam hidup ini. Pengajaran penting apa yang Yesus ajarkan di sini tentang sikap kita kepada uang?
(3) Jelas prinsip Yesus: You cannot serve God and money. Mengapa demikian? Ada apa dalam diri uang sehingga diperbandingkan dengan Tuhan?

Rabu 30Agustus 2017
Nats: Lukas 16: 19 – 31 – Celaka Jika hanya Kaya di Dunia
(1) Ayat 14, orang Farisi dikatakan taat memberi perpuluhan dan persembahan, tetapi firman Allah menyebut mereka “lovers of money.” Renungkan, mengapa bisa demikian?
(2) Cinta uang bukan saja soal memberi persembahan, tetapi pemanjaan uang kepada diri sendiri. Inilah hidup orang kaya di sini.
(3) Manusia tamak uang karena hanya lihat hidup sekarang ini. Yesus membuka mata anda untuk melihat kehidupan waktu bertemu pengadilan Tuhan. Apa yang anda pelajari dari wahyu Yesus di sini membukakan tentang surga dan neraka?

Kamis 31 Agustus 2017
Nats: Lukas 18:18 – 30; 19: 1 – 10 – Keselamatan Lebih Berharga dari Uang
(1) Ini bukan perumpamaan, tetapi kisah sejati 2 orang kaya bertemu Yesus. Jelas, dua-dua ada problem dengan kekayaan: something missing in their lives that money cannot give satisfaction.
(2) Jangan lagi ulang kesalahan orang kaya ini dengan pikir kekayaan adalah segala-galanya. Mengapa hartanya menjadi penghalang untuk takluk dan percaya Yesus?
(3) Apa hasil nyata pertobatan sejati Zakheus terhadap hartanya? Berapa banyak yang diberi dan dikembalikan? Dan berapa yang tersisa baginya? Inilah indikasi sejati bahwa hidup seorang murid sejati tidak lagi diperbudak oleh uang.

Jumat 1 September 2017
Nats: Lukas 19:11 – 27 – Kelola Uang sebagai Manager Tuhan yang Setia
(1) Banyak orang Kristen lalai dengan kesetiaan akan harta, sebab berpikir akan tinggal lama dalam dunia ini dan merasa Yesus masih jauh datangnya. Kelalaian ini akan melahirkan sikap hidup yang selfish dan berfoya bagi diri sendiri.
(2) Apa yang perumpamaan Yesus ini ajarkan anda menjadi seorang manager Allah yang setia atas hartamu?
(3) Bagaimana anda sekarang praktiknya prinsip Yesus: setia pada perkara kecil, akan dipercayakan perkara besar?

Sabtu 2 September 2017
Nats: Lukas 20:45 – 21:4 – Belajar Memberi dengan Setia dan Berkorban
(1) Kemunafikan apa saja yang dilakukan orang Farisi dengan berlindung di balik jubah agama?
(2) Apa parallel yang anda bisa lihat dalam diri pemimpin agama dan gereja berprilaku seperti ini?
(3) Yesus memperlihatkan bahwa persembahan janda miskin ini mempermalukan banyak orang Kristen. Adakah peristiwa ini mendorong anda belajar memberi dengan setia dan bekorban?