Renungan Minggu Ini

Yesus vs Farisi: Melawan Kemunafikan Ibadah

Senin 7 Agustus 2017
Nats: Matius 12: 1 – 14 – Beribadah untuk Cari Kesalahan
(1) Dalam PL, Tuhan perintahkan agar ladang tidak dipanen habis, agar orang miskin bisa ambil sisanya (lihat Imamat 19:9; 23:22). Inilah hukum Tuhan yang menyatakan belas kasihNya kepada yang miskin.
(2) Tapi orang Farisi bertanya, “Is it lawful?” Menurutmu, hukum seperti apa yang dibuat mereka? Prinsip kebenaran apa yang anda dapatkan dari jawaban Yesus kepada orang Farisi?
(3) Ayat 14, apakah jawaban Yesus berhasil merubah perspektif orang Farisi? Mengapa justru reaksi orang Farisi menjadi lebih keras dan “gila”, padahal mereka orang “rohani?”

Selasa 8 Agustus 2017
Nats: Matius 12: 22 – 42 – Mulai Menebar Tuduhan Jahat di Depan Publik
(1) Apa reaksi orang banyak atas peristiwa ini? Bagaimana reaksimu jika seseorang dibebaskan dari belenggu kuasa Setan? Tetapi orang Farisi bukan saja menyangkal tetapi menuduh jahat. Mengapa?
(2) Bagaimana reaksi keras Yesus atas tuduhan ini? Kondisi rohani berbahaya apa yang anda lihat dari kerohanian orang Farisi di sini?
(3) Renungkan dalam ayat 33-37, selidiki kata-kata yang keluar dari mulutmu, maka bagaimana anda mengenal hatimu, perspektifmu, dan spirit judgmentalmu? Apakah itu madu yang menyembuhkan atau racun yang membunuh?

Rabu 9 Agustus 2017
Nats: Matius 15: 1 – 20 – Yesus Bongkar Kemunafikan Orang Farisi
(1) Yesus tidak lagi menjawab pertanyaan orang Farisi, sebaliknya mempertanyakan dan membongkar perbuatan “rohani” mereka yang justru melanggar perintah Tuhan.
(2) Kita harus berdiri sebagai orang dikuduskan di hadapan Allah, tetapi orang Farisi hanya ngotot soal ceremonial “suci” saja. Apa kemunafikan rohani mereka yang dibongkar Yesus?
(3) Ayat 14, bagaimana sikap Yesus menghadapi orang-orang yang gagal paham seperti orang Farisi?
(4) Sekali lagi Yesus bicara soal spirituality of heart. Renungkanlah jawaban Yesus ini!

Kamis 10 Agustus 2017
Nats: Matius 16: 1 – 12 – Farisi Mulai Mencari Kesalahan Yesus
(1) Tidak semua pertanyaan harus dijawab. Kepada pertanyaan orang Farisi yang hanya menguji dan mencari kesalahan, bagaimana cara Yesus menjawabnya dan sikapnya selanjutnya? Apa yang anda pelajari di sini?
(2) Ayat 6, mengapa orang-orang seperti ini, kita patut waspadai?
(3) Mereka menguji dengan minta “tanda ajaib.” Berhati-hatilah dengan pujian dan tindakan manis yang membesar-besarkan anda, karena bisa menjadi jebakan menjatuhkan. Mengapa bisa demikian? Apa motivasi orang-orang seperti ini?

Jumat 11 Agustus 2017
Nats: Matius 23: 1 – 36 – Serangan Langsung Yesus atas Kemunafikan Farisi
(1) Yesus bukan lagi hanya pasif menjawab orang-orang Farisi dan pemimpin agama. Sekarang Ia aktif menyerang kebusukan rohani Farisi yang biasa disembunyikan dari mata publik.
(2) Catatlah apa inti dari satu persatu kemunafikan Farisi dan Yesus katakan itu adalah Celaka?
(3) Bagaimana menditeksi dosa kemunafikan seperti ini dan sikap yang menjual agama dengan niat jahat?

Sabtu 12 Agustus 2017
Nats: Matius 22: 23 – 46 – Yesus Mengoreksi Kesalahan Orang Saduki dan Farisi
(1) Apa saja kesalahan doktrin dari orang Saduki? Apa jadinya jika gereja dipimpin oleh orang yang tidak menerima doktrin yang utama dari Alkitab?
(2) Apa yang Yesus ajarkan tentang hidup sesudah kebangkitan tubuh nantinya?
(3) Yesus memakai Alkitab untuk menjelaskan Alkitab. Ini prinsip penting. Dan bagaimana Yesus jelaskan siapakah Mesias itu: anak Daud atau lebih besar dari Daud kuasaNya?