Renungan Minggu Ini

SERI RENUNGAN KITAB ROMA [4]
FIRMAN ALLAH TIDAK MUNGKIN GAGAL

Senin 26 Juni 2017
Nats: Roma 9: 1 – 13 – Apa arti Anak-anak Abraham

(1) Apa privilege bangsa Israel sebagai umat Tuhan? Berdasarkan Perjanjian Lama, apa dasar bangsa Israel dipilih Tuhan untuk menerima privilege ini?
(2) Apa prinsip yang diberikan bagian ini tentang arti menjadi anak-anak Abraham? Berdasarkan janji (mujizat karena lahir dari ketidak-mungkinan) dan pemilihan Allah.
(3) Apa yang anda pelajari dari reaksi emosi Paulus dalam bacaan ini? Apa yang anda pelajari tentang arti anugerah dan pilihan Allah di sini?

Selasa 27 Juni 2017
Nats: Roma 9: 14 – 29 – Apa arti Doktrin Pilihan bagi Keselamatan

(1) Lihatlah ayat 14-18, bagaimana rasul Paulus menjelaskan apa itu artinya doktrin pilihan (Election of God)?
(2) Apakah berarti Allah seperti diktator yang berbuat sekehendak hati? Perhatikan bahwa tujuan pemilihan akan keselamatan bukan merusakkan ‘bejana’ itu. Simak lagi ayat 19-29.
(3) Perhatikan ayat 29, apa tujuan Allah memilih walau hanya 1 keluarga di tengah kota yang berdosa? Bukan untuk privilege dan sombong tetapi untuk jadi berkat keselamatan bagi dunia.

Rabu 28 Juni 2017
Nats: Roma 9: 30 – 10:3 – Semangat Agama tanpa Pemahaman Benar

(1) Bangsa-bangsa lain yang tidak menerima hukum-hukum Allah tetapi akhirnya bisa mengenal dan percaya kepada Tuhan sedangkan bangsa Israel justru tersandung.
(2) Paulus di sini menjawab mengapa bisa demikian?
(3) Bagaimana anda memahami Roma 10:2 tentang semangat menjalankan peraturan agama tapi jauh dari kebenaran yang sejati dan keselamatan? Dimana salah mereka?

Kamis 29 Juni 2017
Nats: Roma 10: 4 – 15 – Kristus Kegenapan Hukum Taurat

(1) Ayat 4 adalah proklamasi hanya Yesus satu-satunya kegenapan hukum Taurat. Apa prinsip diselamatkan menurut hukum Taurat? Mengapa Paulus proklamasi Yesus kegenapannya?
(2) Yesus telah menjadi Sumber dan Obyek keselamatan, maka prinsip bagi kita sekarang untuk diselamatkan adalah apa? (lihat ayat 9-11)
(3) Ayat 14-15 bicara mengenai bagaimana bisa berita keselamatan ini bisa sampai ke mulut seseorang? Bagaimana responmu atas bagian firman ini?

Jumat 30 Juni 2017
Nats: Roma 10: 16 – 11: 10 – Mengapa Bangsa Israel Keras Kepala?

(1) Baik Musa maupun Yesaya menyatakan keluhan apa sebab bangsa Israel tegar tengkuknya? Mengapa mereka sudah melihat dengan jelas karya Allah tetapi tetap keras hati?
(2) Israel sejati bukan karena garis darahnya Israel, tetapi kelompok remnant (sisa Israel) berdasarkan beriman kepada Allah.
(3) Bagaimanakah kesaksian kelompok yang sisa ini, ketika banyak orang keras hati dan tidak mau percaya, memberi penghiburan dan kekuatan bagi pelayananmu?

Sabtu 1 Juli 2017
Nats: Roma 11: 11 – 24 – Israel Tersandung, tetapi Bangsa Lain Selamat

(1) Israel menolak jalan keselamatan Tuhan, apakah berarti rencana Tuhan gagal? Mengapa firman Alah tidak akan pernah gagal?
(2) Menurutmu apa artinya bangsa lain diselamatkan agar bangsa Israel menjadi cemburu?
(3) JIka keselamatan karena anugerah, maka kita tidak boleh bermegah merasa spesial. Bagaimana kita senantiasa menghargai dan memandang dahsyat makna anugerah itu dalam hidup anda? Bagaimana anda menghidupi hidup kristiani adalah dengan slogan only by grace?