Renungan Minggu Ini

SERI RENUNGAN KITAB ROMA [3]
PENGUDUSAN HIDUP OLEH ROH KUDUS

Senin 19 Juni 2017
Nats: Roma 7: 1 – 12 – Mati kepada Hukum Taurat

(1) Argumen Paulus demikian: jika kamu mau hidup dibawah hukum Taurat, maka taati sepenuhnya. Lantas mengapakah tidak mungkin bisa dibenarkan di bawah hukum Taurat?
(2) Hukum Taurat itu kudus, benar dan baik, tetapi tidak mempunyai kekuatan untuk membuat orang berdosa menjadi kudus, benar dan baik. Sebab sifat dosa dalam diri manusia senantiasa membuat manusia melanggarnya.
(3) Lihat ayat 4-6, jawablah: bagaimana kita bebas dari kutuk hukum Taurat? Bagaimana bisa mengalahkan kuasa hawa nafsu kedagingan?

Selasa 20 Juni 2017
Nats: Roma 7: 13 – 26 – Perjuangan Proses Pengudusan dalam Diri

(1) Siapakah yang Paulus gambarkan ‘aku’ orang yang bergumul ini? Orang tidak percaya ataukah orang yang sudah percaya Tuhan?
(2) Tidak ada orang yang diselamatkan karena melakukan hukum Taurat. Kalau demikian, bagaimana anda melihat “melakukan hukum Taurat” dalam hidup kristianimu?
(3) Sampai kapankah pergumulan melawan hukum dosa itu? Bagaimanakah anda merenungkan perikop ini dalam hidup kristiani anda?

Rabu 21 Juni 2017
Nats: Roma 8: 1 – 17 – Hidup oleh Roh Kudus

(1) Dari bacaan ini, temukanlah semua bukti yang membuktikan kita milik Kristus?
(2) Apa peranan Yesus bagi keselamatanmu? [lhat ayat 1] dan apa peranan Roh Kudus bagi keselamatanmu? [lihat ayat 16]
(3) Bagaimana anda memahami ayat 17? Adakah ini harus menjadi pola dari hidup Kristen? Bagian ini mulai banyak membukakan tentang pribadi Roh Kudus. Apa saja yang anda lihat dari pekerjaanNya bagi hidupmu?

Kamis 22 Juni 2017
Nats: Roma 8: 18 – 25 – Pengharapan bagi Restorasi Seluruh Ciptaan

(1) Ayat 26 siapakah “seluruh makhluk” di sini? Apakah ciptaan Allah akan dimusnahkan hilang ataukah direstorasi dari akibat dosa, menurut bagian ini?
(2) Jika ciptaan semua akan dipulihkan, dimanakah mereka berada?
(3) Ayat 22 mengatakan “semua mengeluh dan sama-sama sakit bersalin” inilah realita hidup dalam dunia yg telah jatuh dalam dosa. Lantas bandingkan dengan dunia baru nantinya, lihat ayat 18?
(4) Ayat 24-25, apakah prinsip hidup yang penting untuk tidak dikalahkan dalam dunia berdosa ini?

Jumat 23 Juni 2017
Nats: Roma 8: 26 – 30 – Allah Bekerja Mendatangkan Kebaikan

(1) Apa peranan aktif Roh Kudus atas hidup orang percaya? Dalam kondisi bagaimana anak-anak Tuhan di sini? Bagaimana ayat 26-27 memberi penghibuarn bagimu?
(2) Lihat kata kerja apa saja yang dipakai di sini dan renungkan arti dari rantaian karya Allah ini bagi keselamatanmu?
(3) Apa respon kita atas prinsip kebenaran ayat 28 yang terkenal ini?

Sabtu 24 Juni 2017
Nats: Roma 8: 31 – 39 – Aman dalam Genggaman Tuhan

(1) Apakah yang Allah lakukan bagi kepentingan kita? Mengapa kita tidak mungkin bisa dipisahkan dari keselamatan dalam Kristus?
(2) Siapakah yang bisa memisahkan kita dari kasih Kristus? Pelajarilah daftar yang firman Allah berikan, apa yang kamu pelajari?
(3) Ayat 32, dengan keyakinan keselamatan ini, bagaimana anda sekarang ini hidup dengan motto: more than a conqueror?