Renungan Minggu Ini

SERI RENUNGAN KITAB ROMA [1]
THE GREATEST GIFT FROM GOD

 

Senin 5 Juni 2017
Nats: Roma 1: 1 – 15 Gospel is the Core of Your Life
(1) Paulus sebut panggilan hidupnya adalah memberitakan Injil. Injil itu bukan saja di awal hidup Kristen, tetapi merasuk hidup sampai akhir: karena Kristus dan anugerah pengampunanNya, kita bisa punya identitas diri yg benar dan jalani hidup dalam dunia ini.
(2) Mengapa Injil itu yang terpenting? Lihatlah ayat 2-7, bagaimana Paulus definisikan apa itu Injil?
(3) Simak dan renungkan dari ayat 8-15, bagaimana Injil sebagai inti hidup Paulus men-drive hidupnya? Apa yang selama ini men-drive hidupmu? What is the goal and purpose of your life?

Selasa 6 Juni 2017
Nats: Roma 1: 16 – 32 Pola Pikir Manusia Berdosa
(1) Bagian ini bicara beginilah fakta pola pikir dan prilaku moral manusia berdosa. Hal pertama, manusia berdosa yang berbuat tetapi menyalahkan Tuhan dan orang-orang lain. Pahamilah sifat dosa ini: suka berdalih.
(2) Hal kedua adalah idolatry (ayat 24), dan yg ketiga adalah atheism (ayat 28). Renungkan bagaimana bacaan ini mengupas 2 pola pikir manusia berdosa ini?
(3) Catat dan renungkan, apa respon dan tindakan Allah kepada sikap manusia berdosa di sini?

Rabu 7 Juni 2017
Nats: Roma 2: 1 – 16 Final Judgment: Eternal Life vs Eternal Wrath
(1) Apa respon kemurahan dan kebaikan Allah menghadapi kemunafikan dosa manusia? Dan apa respon penghukuman Allah atas kekerasan hati manusia berdosa? (2) Bagaimana bagian ini menjelaskan soal keadilan penghakiman Allah? (3) Apa itu hati nurani? Apa fungsinya? Dapatkah manusia berdosa menyembunyikan dosa dari Tuhan? Adilkah Tuhan yang pemurah menghukum keberdosaan selama-lamanya?

Kamis 8 Juni 2017
Nats: Roma 2: 17 – 29 Kemunafikan “Beragama”
(1) Bangsa Israel dipanggil keluar dari perbudakan dan dijadikan umat Allah: ini adalah anugerah. Tuhan beri hukum Taurat agar bagaimana hidup kudus sebagai umat.
(2) Tetapi bangsa Israel “bring dishonour” kepada hukum Musa ini. Mengapa?
(3) Lihat ayat 25, jelas beragama bukan soal simbol-simbol agama, tetapi melakukan esensi beribadah, lihat Mat 23:23. Bagaimana bacaan ini membuka mata hati anda tentang hidup keagamaan Kristenmu?

Jumat 9 Juni 2017
Nats: Roma 3: 1 – 20 Let God be True though Every Man a Liar
(1) “Allah tidak adil menghukum karena kami tidak tahu bahwa tindakan itu tidak diperbolehkan,” demikian manusia berdosa berdalih. Lihat ayat 4, itulah kebohongan manusia.
(2) Apa sebab manusia tidak dapat mempersalahkan Allah?
(3) Ayat 10-18, apa arti dan akibat manusia hidup “under the sin?” Mengapa dengan mencoba “berbuat baik” tidak mungkin dibenarkan? (ayat 20)

Sabtu 10 Juni 2017
Nats: Roma 3: 21 – 31 Bagaimana Allah Membenarkan Manusia Berdosa?
(1) Jika kita turunkan standar moral kita, maka rasa bersalah lebih sedikit. Tetapi jika standar moral kita adalah kekudusan Allah, maka rasa bersalah kita terlalu besar. Dan hanya Tuhan saja yang sanggup membereskannya. Itulah penebusan Kristus.
(2) Bagaimana pembenaran Allah terjadi melalui pengorbanan Yesus?
(3) Jika Allah telah lakukan semuanya, lantas apa sikap kita dan apa yang harus kita lakukan?

“For I am not ashamed of this Good News about Christ. It is the power of God at work, saving everyone who believes” (Rom. 1:16, NLT)