Renungan Minggu Ini

FRIEND AND LOVER:
Cultivating Companionship and Intimacy in Marriage

Senin 29 Mei 2017
Nats: Kejadian 2: 18 – 25 Companiosnhip in Marriage
(1) Bacalah Amsal 18:24 dan Kidung Agung 5:16, persahabatan yang sangat dekat dalam pernikahan adalah karunia Allah yang luar biasa. Tidak ada ikatan darah, melainkan 2 orang asing bertemu dan menikah.
(2) Tuliskanlah semua apa makna dari “true friendship” itu?
(3) Fondasi dari companionship in marriage tercatat dalam Kejadian 2:18-25, apa saja yang Allah mau? Bagaimana anda terapkan dalam pernikahanmu? Sudahkah anda jadi teman sejati pasanganmu?

Selasa 30 Mei 2017
Nats: Kejadian 3: 1 – 19 Melawan Godaan bagi Harmonis Pernikahan
(1) Pernikahan kita sekarang berada dalam dunia berdosa. Kita tidak sempurna, pasangan kita juga. Maka kita realistis dalam pernikahan. Pernikahan kita bukanlah “trouble free”. Kita sungguh butuh Tuhan dan firman-Nya.
(2) Apa fakta dan kutuk dosa bagi relasi suami-istri dari bacaan ini?
(3) Daftar dan renungkan dalam-dalam: sifat dan masalahapa yang paling dasar yg hambat selalu intimacy dan companionship pernikahanmu? Sudahkah anda bawa dalam doa masalah ini? Separuh dari masalah pernikahan kita selesai ketika kita bawa dalam doa, sebab kita juga melihat permasalahan itu terjadi karena kita berbagian menyebabkannya.

Rabu 31 Mei 2017
Nats: 1 Petrus 3: 1 – 12 Berkata-kata Kasih dalam Pernikahan
(1) Perhatikan ayat 1 “tanpa perkataan”, berarti jelas sekali bacaan ini bicara soal pentingnya perkataan tepat pada waktu tepat. Mengapa bertindak tanpa perlu berkata-kata itu penting sekali?
(2) Daftarkanlah semua hal-hal yang negatif dan positif yang disebutkan di sini mengenai “berkata-kata” dalam relationship kita?
(3) Bagaimana hubungan suami-istri berdampak bagi hubungan dengan Tuhan? Doa yang baik tidak mungkin keluar dari mulut yang kasar dan jahat.

Kamis 1 Juni 2017
Nats: 1 Korintus 7: 1 – 9 Sexual Intimacy in Marriage
(1) Bacaan ini menyebutkan sexual intimacy sebagai kewajiban (ayat 3), apa alasannya dan bagaimana anda melihatnya secara praktis?
(2) Mengapa Paulus tidak encourage suami istri untuk tidak abaikan sexual intimacy? How to rekindle the fire of your sexual intimacy?
(3) Bacalah Amsal 5:15-19, apa yang anda dapatkan dari keterbukaan firman Tuhan ini mengenai sexual intimacy?

Jumat 2 Juni 2017
Nats: Amsal 6: 20 – 7: 27 Zinah Merusak Pernikahan
(1) Remaja naif dan kurang mengenai pengetahuan seks, bagaimana Amsal bijak ini membantu anda bicara soal seks dengan mereka?
(2) Apa sebab orang bisa tergoda dan jatuh dalam perzinahan?
(3) Catatlah semua akibat yg disebut di sini dari jatuh ke dalam perzinahan atas pernikahan? Bagaimana kalian membentengi pernikahanmu dan bagaimana dengan kebahagiaan seksual pernikahan anda?

Sabtu 3 Juni 2017
Nats: Titus 2: 1 – 15 The Beauty of Orderly Household
(1) Catatlah kewajiban dan sikap yang dituntut oleh firman bagi sebuah keluarga yang indah? Relasi antar generasi: kakek nenek, papa mama, dan cucu?
(2) Tugas wanita yg lebih tua kepada yang muda? Bagaimana langkah praktisnya bagi pendidikan seks yg dapat anda lihat dari bacaan ini kepada anak-anak perempuan muda? Demikian juga sebaliknya.
(3) Apa yang anda harus lakukan agar jadikan keluargamu sebagai kesaksian kemuliaan Tuhan dari bacaan ini?