Renungan Minggu Ini

BAGAIMANA AKHIR HIDUP MEREKA? (2)

Senin 6 Maret 2017
Nats: 2 Tawarikh 26: 1 – 23 Uzia: Kehancuran Akibat Lupa Diri di Akhir Hidupnya
(1) Raja Uzia juga disebut Azarya di 2 Raja 15:1ff. Jadi raja pada usia 16 tahun dan masa pemerintahan yang panjang 52 tahun. Catatlah beberapa hal yg penting atas hidupnya di awal pemerintahan?
(2) Banyak pencapaian dan kesuksesan yang dia dapatkan. Faktor-faktor penting apa saja yg menyebabkan Uzia berhasil dari muda sampai mendekati akhir hidup?
(3)Tetapi hidupnya berakhir tragis. Faktor-faktor apa penyebab kehancuran akhir hidupnya? Kuasa yang terlalu besar cenderung korup. Apa yg anda pelajari di sini?

Selasa 7 Maret 2017
Nats: 2 Tawarikh 34 dan 35 Yosia: Tidak Menyimpang Ke Kanan atau Ke Kiri
(1) 34: 3-7 berbicara soal penetapan perjalanan hidup ke depan telah diputuskan sejak usia 16-20 tahun. Apa yg mengagumkan kita dari karakter Yosia?
(2) 35: 18 memuji perayaan Paskah raja Yosia sebagai yang terbaik sepanjang masa. Mengapa dan apa esensi penting yang ada dalam ibadah Paskah yg dicatat di fs 35?
(3) Yosia sedikit ceroboh untuk tidak taat mendengar bagaimana Tuhan berfirman melalui situasi hidup dan nasehat nabi. Bagaimana kita selalu bisa setia dan konsiten sampai akhir hidup?

Rabu 8 Maret 2017
Nats: Ayub 31 dan 42 Ayub: Integritas Hidup Yang Dipulihkan Pada Akhir Hidupnya
(1) Apa yang anda pelajari mengenai pengenalan Ayub akan Tuhan yang disebutnya “Maha Kuasa?”
(2) Dalam hal-hal apa saja Ayub bicara soal integritas hidupnya? Bagaimana integritas Ayub ini memberi pencerahan kepada hidupmu?
(3)   Penderitaan Ayub bukan karena dosa, demikianlah Allah menegur tuduhan-tuduhan sahabat-sahabat Ayub. (4) Dapatkah orang yg jujur dan integritas untuk bisa kaya dan berhasil? Apa yang anda pelajari dari kisah hidup Ayub ini?

Kamis 9 Maret 2017
Nats: Luk 7:18 – 35; Mat 14:1 – 12 Yohanes Pembaptis: Jangan Kecil Hati
(1) Yohanes memberikan gambaran seperti apa pelayanan Mesias itu, lihat Luk 3:16-17. Apakah dia tidak melihat gambaran ini dlm pelayanan Yesus, sehingga ia jadi kecewa?
(2) Tersendiri dalam penjara, pelayanan yg hanya berumur pendek; bagaimana anda menyelamai hati Yohanes di sini? Dan sampai akhir hidupnya, Tuhan Yesus tidak melepaskan dia dari penjara.
(3) Apa yang Yesus katakan tentang prinsip hidup Yohanes? Bagaimana anda bersikap jika perjalanan hidupmu seperti Yohanes, tersendiri dan singkat hidupnya?

Jumat 10 Maret 2017
Nats: Kisah Rasul 9: 31 – 43 Dorkas: Semua Orang Merasa Kehilangan
(1) Tuhan memanggil kita untuk melakukan pelayanan belas kasih kepada orang-orang yang dalam kebutuhan: papa miskin, homeless, janda, yatim dan sakit. Pelayanan harus dilihat sbg pelayanan yg holistic menyentuh kebutuhan jasmani, sosial, psikologi, dan spiritual.
(2) Bagaimana kondisi hidup Dorkas? Terlepas dari keperluannya sendiri, bagaimana ia melakukan pelayanan belas kasih?
(3) Apa bukti nyata dari kasih Kristiani? Apa yg dapat anda lakukan sekarang bagi-Nya?

Sabtu 11 Maret 2017
Nats: 2 Timotius 4: 1 – 18 Paulus: Selesai Setia Sampai Garis Akhir
(1) Mendekati akhir hidupnya, harta warisan apa yang paling berharga yg Paulus tinggalkan bagi generasi selanjutnya? Apa yg akan kita wariskan juga dari hidup ini?
(2) Ayat 7, Paulus bicara soal berjuang sampai garis finis. Apakah perjalanan hidupnya mudah? Mengapa Paulus memiliki sikap hidup seperti ini? Lihat ayat 8 sebagai target dari hidupnya.
(3) Ayat 17-18, Paulus bicara soal kesetiaannya karena Tuhan yang setia memeliharanya. Keberhasilan sampai akhir harus mendatangkan pujian bagi kemuliaan Tuhan.