Renungan Minggu Ini

KEDEWASAAN: HIDUP YANG DIUBAHKAN

Senin 9 Januari 2017
Nats: 2 Petrus 1: 3 -9: Mengapa ada Gap Kerohanian?
(1) Rasul Petrus paparkan realita adanya hidup Kristen yang “tidak efektif dan tidak produktif.” Di ayat 9 disebutkan symptoms-nya, apa saja?
(2) Kekosongan rohani sering terjadi sebab orang Kristen mengisinya dgn aktivitas yg eksternal saja. Coba anda renungkan: apa saja yg orang Kristen isi ganti harta Injil dalam hidupnya?
(3) Bagaimana janji ayat-ayat ini bicara soal pemeliharaan Tuhan, apa saja yang telah Ia berikan penuh bagimu? Bagaimana responmu?

Selasa 10 Januari 2017
Nats: Kolose 2: 6 – 15: Jangan Sandar Pengharapan Imitasi
(1) Paulus kuatir jangan sampai jemaat Kolose “diculik” oleh apa? Mengapa ibadah: anugerah dalam Kristus plus kesalehan dan kegiatan aktivitas rohani ala Farisi lebih menggiurkan?
(2) Ayat 9-15, kepenuhan apa saja yang anda telah terima di dalam Kristus?
(3) Diagnosalah: mengapa kita merasa kurang penuh dan limpah dalam Kristus? Dimana salahnya? Bagaimana ayat 6-7 menolong anda di sini? Apa jawaban dan perjuangan pengharapan yg harus anda lakukan?

Rabu 11 Januari 2017
Nats: Yeremia 17: 5 – 10; 1 Kor 1: 3 – 11: Melihat Peta Rohani Yang Lengkap
(1) Yeremia bicara soal situasi dan proses bertumbuh: ada panas, duri, anugerah keselamatan, dan akhirnya buah.
(2) Pengalaman hidup Paulus tidak terlepas dari panas terik: apa saja situasi hidup yg dialaminya? Coba bandingkan dg pengalaman hidup anda?
(3) Dalam situasi hidup yang berat, anda harus tetap setia dan berharap dalam mengolah tanah itu. Pasti ada buah yang dihasilkan yaitu buah2: ayat 3, 6, 9 dan 12. Buah-buah apa saja yg dihasilkan?

Kamis 12 Januari 2017
Nats: Mazmur 88 dan Yakobus 1: 1 – 18: Teriknya Realita Kehidupan
(1) Renungkan Maz 88 sebagai cetusan iman yg jujur bergumul dalam kesendirian di tengah kegelapan. Kita tidak sepelekan keluhan hati akibat derita.
(2) Surat Yakobus ditujukan kepada jemaat yg terbentuk di berbagai tempat sbg akibat pelarian dari aniaya di Yerusalem. Dapatkah jemaat melihat berkat apa dibalik semuanya ini?
(3) Ayat 13-15, dalam hal apa pencobaan bisa berubah jadi godaan dosa? Asumsi-asumsi apa saja yg salah yang sering kita katakana ketika kita mengalami penderitaan? Bagaimana firman ini memberi evaluasi kepada anda?

Jumat 13 Januari 2017
Nats: Ibrani 4: 14 – 5: 10: Belukar Yang Mencekik Pertumbuhan Iman
(1) Dalam penderitaan, mengapa reaksi negatif ini salah: hipersensitif, membesar-besarkan masalah, iri dan jahat, dan membenarkan diri? Apa bahayanya bereaksi seperti ini?
(2) Di tengah pencobaan dan derita, dalam hal apa diri Tuhan Yesus menjadi sumber kekuatan dan jalan keluar bagi kita?
(3) Kita harus menjalani hidup bersyukur yang tidak puas. Artinya kita bersyukur atas yang ada dan dikerjakan tetapi jangan berhenti dan puas diri. Inilah doa kita

Sabtu 14 Januari 2017
Nats: Mazmur 3 dan 4 dan Kis 27: 14 – 44: Berbuah: Hidup Yang Diubahkan
(1) Pernahkah anda mengalami situasi “no hope: tidak ada lagi pertolongan” (Maz 3:3)? Ada 6 hal sikap Daud: Ia tidak lari dari Tuhan, identitasnya di hadapan Allah, mengoreksi hati, beribadah, melayani, dan tenang istirahat.
(2) Pengalaman semua harapan kandas, bagaimana pengalaman Paulus ini memberi anda prinsip2 dan kekuatan?
(3) Kuat dan berdoalah: tidak ada situasi yang kita bisa berkata, “No hope.”