Renungan Minggu Ini

Immanuel: Yesus Lahir Di Tengah Kita

 

Senin 12 Desember 2016
Nats: Yohanes 1: 1 – 18: Firman itu Jadi Daging dan Immanuel
(1) Jelas di sini Firman adalah satu pribadi yang berbeda dengan Allah dan Ia setara dengan Allah. Coba catat dgn teliti apa saja yg Yohanes katakan tentang Firman di sini?
(2) Catatkan semua nama yang diberikan kepada Yesus dalam perikop ini! Apa yg anda pelajari?
(3) Perikop ini bukan saja bicara siapa Yesus tetapi juga apa yang Ia kerjakan bagi dunia dan anda. Coba catat dan renungkan apa saja yang Yesus lakukan bagi hidupmu kepada Allah Bapa?

 

Selasa 13 Desember 2016
Nats: Lukas 1: 26 – 38; Mat 1: 18 – 25: Pengorbanan Maria dan Yusuf
(1) Apa harga yg dibayar oleh Maria dan Yusuf? Dimanakah letak penghiburan bagi Maria, jika sampai akhir orang tetap tidak bisa memahami peristiwa kelahiran Yesus secara ajaib ini?
(2) Apa pentingnya secara teologis, catatan kelahiran Yesus ini diceritakan?
(3) Tuhan bekerja ajaib, Maria menanggung resiko dan deritanya. Bagaimana sikap kita memuliakan Tuhan di tengah hal yg tidak mengenakkan terjadi dalam hidupmu? Sikap apa saja yg ditunjukkan Maria di sini?

 

Rabu 14 Desember 2016
Nats: Ibrani 2: 5 – 18: Born to Die for Freedom
(1)  Alkitab berkata manusia belum lihat kemuliaan Yesus. Mengapa? Dan mengapa manusia masih menghina Yesus hingga sekarang?
(2) Perikop ini jelaskan mengapa Yesus lahir? Dan mengapa Ia lahir dalam kehinaan seperti ini?
(3) Ayat 15, “ketakutan akan kematian.” Alkitab realistis berkata manusia “takut” mati. Mengapa manusia takut mati? Apa hasil dari kematian-Nya?

 

Kamis 15 Desember 2016
Nats: Matius 2:1 – 23: Sebuah Pencaharian Nilai Tertinggi
(1) Coba renungkan lebih dalam, apa motivasi yg mendorong orang Majus ini datang mencari dan melakukan perjalanan jauh dan beresiko?
(2) Herodes menjadikan dirinya pusat, dimana kuasa dan kekayaan harus diakumulasi. Apa yg anda pelajari di sini ttg konsep “journey of life” yg dicari orang Majus?
(3) Hidup kita juga satu perjalanan. Yg terpenting kita tahu tujuan akhirnya dimana. Apa yg paling bernilai yg anda kejar dalam dunia ini? 

Jumat 16 Desember 2016
Nats: Lukas 2: 8 – 40: Disambut Gembala dan Nabi
(1) Malaikat mulia memberitakan kelahiran Yesus kepada gembala, masyarakat terhina. Yesus turun dari tahta ke palungan. Apa yg anda mengerti dari karya keselamatan Tuhan di dalam perikop ini?
(2) Apa yg anda pelajari dari pujian Simeon dan bagaimana respon Maria di sini?
(3) Bagaimana respon mereka yg melihat pekerjaan Allah? Bagiamana respon anda setiap kali melihat karya-Nya dalam hidupmu?

 

Sabtu 17 Desember 2016
Nats: Yohanes 1: 19 – 51: Bersaksi Bagi Yesus
(1) Mengapa ahli Taurat dan orang Yahudi antusias berpikir Yohanes adalah Mesias?
(2) Apa yg anda pelajari dari sikap pelayanan dan kesaksian Yohanes Pembaptis?
(3) Bagaimana sikap orang yg telah bertemu dgn Yesus? Apa yg anda pelajari di sini dari besarnya kuasa bersaksi pribadi ke pribadi? Bagaimana dgn kesaksian pribadi anda selama ini?